Apakah penderita skoliosis berapapun umurnya masih bisa sembuh? Jawabnya adalah masih bisa, asal dengan penanganan skoliosis yang tepat. Penanganan ini meliputi penggunaan brace skoliosis yang berkualitas, terapi skoliosis yang tepat, pola makan dan pola hidup keseluruhan penderita.

Sejak didirikannya pelayanan Brace GBW di Spine Cinic Family Holistic selama kurun waktu kurang lebih 5 tahun lamanya. Spine Clinic Family Holistic telah melayani ratusan pasien scoliosis dengan jumlah yang terus bertambah setiap tahunnya. Efektifitas pemakaian brace GBW sudah terbukti secara klinis melalui serangkaian penelitian diantaranya sebuah penelitian dengan judul “ Single Lumbar Curvature Are Treated Effectively with Gensingen Brace (GBW) in Late Adolescent and Adult Scoliosis Patients” .

Penanganan Skoliosis Untuk Gangguan Tulang Pada Berbagai Rentang Usia

Penderita skoliosis terdiri atas berbagai rentang usia sesuai tipe penyebab dan masa perkembangannya. Skoliosis yang muncul sejak masa kehamilan dan pertumbuhan awal bayi dapat digolongkan sebagai skoliosis kongenital dan biasanya disertai gangguan maupun gejala lain misalnya gejala gangguan saraf pada penderita Bell’s Palsy, sindrom Marfan, Down Syndrome dan lainnya.

Skoliosis yang terjadi saat usia anak-anak dan tidak disertai gejala lainnya dapat digolongkan sebagai skoliosis idiopatik atau skoliosis yang tidak diketahui penyebab pastinya. Gangguan tulang ini juga dapat diakibatkan oleh proses penuaan karena faktor usia yang menyebabkan degenerasi sel tulang hingga menyebabkan permukaan tulang yang tidak rata misalnya akibat fraktur hingga membuat tulang menjadi tidak lurus atau skoliosis. Oleh karena itulah penanganan skoliosis seharusnya tidak sama satu dengan yang lainnya.

Selalu Ada Harapan Sembuh Asal Penanganan Skoliosis Tepat

Cara Penanganan Skoliosis yang Tepat Berdasarkan Beberapa Faktor

Cara mengatasi skoliosis yang tepat adalah dengan mengetahui penyebab, rentang usia, tingkat keparahan skoliosis dan data lainnya. Sehingga, dibutuhkan tenaga profesional yang sudah berpengalaman seperti Spine Cinic Family Holistic. Maka, sebaiknya jangan sembarangan dalam memilih dokter, klinik atau tenaga medis lainnya dalam penanganan skoliosis. Anda perlu riset dulu bagaimana kualitas tenaga medis tersebut dalam membantu penderita skoliosis untuk sembuh.

Penanganan skoliosis berbeda-beda karena adanya perbedaan bentuk, ukuran, dan kepadatan tulang pada tiap tahapan usia penderita skoliosis. Pada awal perkembangan janin manusia, kerangka seluruhnya terbuat dari tulang rawan yang secara bertahap menjadi tulang keras melalui proses osifikasi. Walaupun tampak keras seperti batu, tulang merupakan jaringan hidup yang terdiri dari susunan komponen protein, kalsium dan fosfor.

Tulang selalu mengalami proses remodelling dimana proses ini membuat tulang dapat bersifat membangun stukturnya atau sebaliknya melakukan proses penguraian. Sekitar periode pubertas kira-kira selama 2 tahun, 95 persen kepadatan tulang diusia dewasa dapat dibentuk pada masa ini. Pada masa ini kondisi tulang juga lentur sehingga mudah untuk dibentuk selama proses koreksi skoliosis. Puncak masa kepadatan tulang terjadi pada dekade ketiga dan mulai melakukan penguraian sejak usia 40 tahun dan akan lebih cepat mengurai sejak usia 50 tahun.

Koreksi Skoliosis Ditempuh dengan Beberapa Cara

Koreksi skoliosis dapat ditempuh melalui beberapa cara diantaranya melalui latihan senam misalnya latihan Schroth, tindakan operasi maupun dengan menggunakan brace GBW. Penggunaaan brace GBW telah dikenal secara luas dan memiliki beberapa petunjuk bukti klinis akan manfaat dan efektifitasnya mengkoreksi kurva skoliosis diberbagai usia.

Selalu Ada Harapan Sembuh Asal Penanganan Skoliosis Tepat
Latihan Schroth
Selalu Ada Harapan Sembuh Asal Penanganan Skoliosis Tepat
Brace Skoliosis GBW dari usia 2 tahun sampai 60 tahun

Penelitian uji kohort yang melibatkan 55 orang berusia 12-14 tahun yang memiliki kurva skoliosis lebih dari 40 derajat dan diterapi menggunakan GBW selama kurang lebih 2 hingga 3 tahun, menunjukkan hasil bahwa secara signifikan brace GBW mampu mengkoreksi kurva tersebut.

Brace GBW sangat Membantu dalam Koreksi Skoliosis

Selain diimbangi dengan latihan skoliosis dan pola hidup pasien yang benar, penggunaan Brace GBW sangat membantu dan terbukti nyata memberikan perubahan signifikan bagi pasien. Setelah penggunaan rutin, otot dapat bertumbuh kembali setelah pemakaian Brace GBW. Banyak orang beranggapan, bahkan di kalangan dokter, bila pasien scoliosis memakai brace, maka otot akan malas dan tidak bertumbuh. Tetapi pertanyaannya adalah, Brace yang mana dulu? Tidak semua Brace demikian.

Pada pasien yang rutin memakai Brace GBW, saya bisa bilang anggapan itu salah. Saya jelaskan, mengapa otot dapat bertumbuh kembali setelah pemakaian Brace GBW. Pasien scoliosis, tulang belakangnya bukan hanya bengkok ke samping, tapi juga berputar ke arah sebaliknya. Jadi bila Anda melihat pasien scoliosis badannya bengkok ke arah kanan, maka tulangnya pun akan berputar ke arah kiri. Sehingga akan terlihat jelas, punuk atau tonjolan di punggung akibat tulang rusuk yang tertarik dan tertekan.

Bagian tulang rusuk yang menonjol, menunjukkan aktifitas otot yang sangat tinggi, sehingga terlihat otot menebal dan kencang. Sedangkan sisi yang lemah, terlihat otot yang ciut dan tidak berkembang. Dan ini semakin parah ketika lengkungan scoliosis semakin bertambah. Tetapi ketika Pasien memakai Brace GBW, yang terjadi adalah, rotasi tulang rusuk diperbaiki dan Otot yang menciut mendapatkan kesempatan untuk bertumbuh kembali.

Kenapa demikian? Otot yang menciut diakibatkan otot tersebut menempel pada ruas-ruas tulang belakang, dan ketika ruas tulang belakang ini berputar, maka akan menarik otot tersebut ke dalam sehingga terlihat menciut. Sedangkan jika rotasi tulang belakang dikembalikan pada tempatnya, maka otot yang menciut itu berfungsi seperti sebagaimana mestinya dan bertumbuh keluar.

Jadi tidak benar anggapan otot akan menjadi malas bila memakai Brace GBW. Bila Brace Scoliosis tersebut tidak memperbaiki rotasi dan kelengkungan maka BETUL jika otot yang menciut tidak bisa bertumbuh. Bagaimana suatu brace bisa memperbaiki kelengkungan dan rotasi tulang belakang? Dapat terlihat dengan melakukan Foto Rontgen ketika memakai Brace!

Setelah pasien mendapatkan penanganan skoliosis yang tepat dan dijalani dengan disiplin, maka pasien akan mendapatkan perbaikan penampilan. Itu akan membuat lebih percaya diri dalam bersosialisasi dan melakukan aktivitas lainnya dalam kehidupan sehari-hari. Nah, berikut ini beberapa pasien yang sudah kami bantu perawatan skoliosis.

1. Overkoreksi Brace GBW pada Pasien Skoliosis yang Bersaudara

Selalu Ada Harapan Sembuh Asal Penanganan Skoliosis Tepat

Pasien Kedua, kakaknya, Polli berusia 14 tahun, perempuan, punya kelengkungan Skoliosis hingga 23°. Tapi dengan pola kurva yang berbeda dengan adiknya, sehingga brace yang dipakai juga berbeda.

Selalu Ada Harapan Sembuh Asal Penanganan Skoliosis Tepat

2. Perempuan, 12 tahun (Jakarta), dengan derajat 38º, memakai brace hingga mencapai 1º.

Selalu Ada Harapan Sembuh Asal Penanganan Skoliosis Tepat

Contoh di atas merupakan pasien dengan usia di bawah 17 tahun. Apakah yang di atas 17 tahun masih bisa sembuh? Masih bisa kok, di bawah ini foto pasien kami dengan usia di atas 17 tahun:

3. Perempuan usia 19 tahun

Selalu Ada Harapan Sembuh Asal Penanganan Skoliosis Tepat
Selalu Ada Harapan Sembuh Asal Penanganan Skoliosis Tepat

4 Perempuan, usia 23 tahun

Selalu Ada Harapan Sembuh Asal Penanganan Skoliosis Tepat

Kisah-kisah Sukses Pasien dengan Penanganan Skoliosis Brace GBW dan Terapi lainnya

Di bawah ini testimoni penderita skoliosis yang sudah mendapatkan penangana skoliosis terbaik dari pelayanan Brace GBW di Spine Cinic Family Holistic.

Karena brace CAD/CAM ini mengkoreksi secara spesifik 7 pola kurva yang berbeda, sehingga memiliki bentuk yang berbeda pula. Semua pasien kami sebelum menjalani perawatan skoliosis selalu diidentifikasi dulu bagaimana kondisi kelainan tulang yang dialami. Setelah itu, barulah mendapatkan perawatan sesuai dengan kondisinya tersebut.

Demikianlah ulasan tentang selalu ada kesembuhan bagi penderita skoliosis. Kuncinya adalah penanganan skoliosis yang tepat, berusaha dan berdoa kepada Tuhan.

Semua contoh, gambar dan kisah pasien di atas berdasarkan kondisi sebenarnya dan tidak ada rekayasa sedikit pun.

WhatsApp us
Selalu Ada Harapan Sembuh Asal Penanganan Skoliosis Tepat