Frequently Asked Questions

Penanganan skoliosis di Klinik seperti apa?

Schroth Therapy

Adalah terapi rehabilitasi khusus pasien Skoliosis. Terapi ini pertama kali diciptakan oleh Katharina Schroth (1894-1985) di Meissen, Jerman.

Katharina Schroth(1894-1985), merupakan orang Jerman yang sangat terkenal dalam rehabilitasi dan pengobatan konservatif scoliosis. Selama hidupnya dia mengembangkan pengobatan konservatif bagi pasien pasien scoliosis dengan derajat Cobb yang sangat besar (lebih besar dari 70 derajat – program 3 curve), agar mereka dapat terhindar dari operasi. Di Eropa, pengobatan teknik Schroth Therapysangat terkenal serta mempunyai nama dan posisi yang terpandang.

Baca: Apa itu Schroth Terapi?

Pemakaian Brace GBW

Brace Scoliosis GBW 3D CAD/CAM

Pada usia Puber 10-14thn:
Brace GBW msh dpt mengkoreksi 50-90% derajat kelengkungan.

Pada usia dewasa atau melewati puber:
Penanganan dengan Brace GBW dan Schroth exercise msh dpt mengkoreksi derajat kelengkungan, mengkoreksi postur tubuh dan kosmetik penampilan. Serta gejala gejala yg dialami spt nyeri, pegal, sesak, dll.

Baca: 7 Alasan kenapa Pasien Scoliosis memilih Brace GBW

Apakah badan saya bisa kembali lurus?

Setiap orang berbeda dan dipengaruhi pada:

• Terapi apa yang dipakai? Schroth atau Brace GBW? Atau keduanya?
  • Seberapa patuh pasien mengikutinya (COMPLIANCE) secara benar? Waktu Pemakaian dan Pemakaian yang benar sangat penting.
  • Pada Tahap manakah Pasien tersebut memulai pengobatan? Karena hasil pengobatan akan berbeda berdasarkan fase pertumbuhan atau umur, kondisi fisik serta tingkat keparahan dari derajat kelengkungan Pasien Scoliosis tersebut memulai Terapi.

Perlu berapa kali melakukan terapi Schroth?

Perlu dilakukan setiap hari setelah anda mempelajari latihan schroth dan didiagnosa oleh dokter apa pola kurva scoliosis anda.

Bila Anda memiliki tingkat derajat yang lebih berat, kemungkinan Anda memerlukan latihan dengan Instrukstur dan alat-alat yang diperlukan.

Bila Anda ingin mendapatkan pengawasan dan latihan yang terus dipantau maka Anda bisa mengikuti penambahan Program Rehabilitasi Scoliosis kami seminggu 1-2x.

Untuk pasien Luar kota, cukup mendapatkan 6x sesi (1 sesi @1jam) Latihan Schroth sehingga bisa melakukannya sendiri di rumah setiap hari.

Berapa lama durasi Latihan Schroth Rehab Scoliosis?

Durasi latihan +/- 40min per kunjungan, atau saran kami adalah konsultasikan terlebih dahulu disini.

Apa penyebab skoliosis?

Untuk Pasien Scoliosis, 90% disebut Idiophatic: tidak diketahui penyebab yang pasti. 10% lainnya adalah congenital (kelainan sejak lahir), tumor dan lainnya.

Apa itu Aktivitas Kehidupan sehari-hari?

ADL atau Activity Daily Living, adalah sikap kebiasaan sehari-hari yang telah disesuaikan dengan Pola Kurva Anda, sehingga Anda mengerti bagaimana memposisikan badan kamu menjadi lurus atau melawan kurva kamu dalam kondisi duduk, berdiri, berjalan, baik posisi santai ataupun belajar atau bekerja.

Bagaimana saya bisa merasa percaya diri ketika memakai brace?

Scoliosis bukanlah penyakit menular, bukanlah penyakit karena kesalahan kamu atau orang tua. Mungkin bisa jadi ada faktor keturunan tapi belum tentu ada, oleh karena itu disebut Idiophatic Scoliosis, atau Scoliosis yang tidak diketahui penyebabnya.

Jadi bila orang lain tau Anda memiliki Scoliosis. Maka respon kamu seharusnya, Jangan malu!. Banyak orang yang mengalami hal ini. Justru carilah teman atau orang yang bisa menerima kamu apa adanya dan  mendukung kamu melewati masa rehabilitasi dengan brace dan latihan Schroth secara disiplin. Karena teman yang baik adalah teman yang bisa mendukung kamu!

Pada dasarnya Brace GBW merupakan brace modern yang cutting sangat minimalis dan sesuai lekukan badan sehingga tidak terlalu terlihat bila teman-teman menggunakan busana yang tepat, seperti: memakai baju atau kaus yang sedikit lebih longgar dan nyaman atau menggunakan jaket atau hoody sehingga tidak terlihat dan tetap stylish. Untuk info lebih lanjut pelajari artikel ini: Tetap Stylish dengan Brace Skoliosis GBW

Bagaimana mengetahui bila ada kemajuan pada badanku?

Pertama, akan ada pemeriksaan Fisik dan Foto Badan per-tiga bulan (Setiap 3bulan). X-ray / Rontgen per-enam bulan dan perbandingan foto badan per-tiga bulan.

Kedua, kamu akan merasa gejala yang dulu mengganggu mulai menghilang seperti sakit kepala, sakit pinggang, sesak nafas, pegal di punggung, dll.

Ketiga, kamu makin lama merasa energik dan memiliki pernafasan yang lebih dalam.

Bagaimana saya menyiasati rasa panas atau busana apa yang dipakai ketika memakai brace?

Pertama, gunakan kaos dalam tipis, berbahan katun / cotton, sehingga mudah menyerap keringat. Kemudian pakai brace dan bisa menggunakan blues, atau dress atau jaket tipis.

Kedua, untuk pasien yang suka memakai Brace di luar baju, pastikan memakai baju yang berbahan lembut dan tipis.

Berapa lama pemakaian brace yang benar?

Pemakaian Brace pada Usia 10-14tahun, yang benar adalah, 22 jam setiap hari. Dengan penggunaan 10-12jam nonstop kemudian istirahat 30-60min dan kemudian pemakaian 10-12jam kembali.

Sehari hanya dibuka 2-3x utk mandi, ganti baju, olah raga.

Khusus Olah raga lari tetap boleh memakai brace, bahkan dianjurkan utk hasil koreksi dan biodinamika yang baik.

Setelah umur akil balik atau dewasa, Apakah scoliosis masih bisa bertambah?

Bila menembus derajat berat yakni 40 derajat, maka kemungkinan untuk bisa bertambah masih ada, penambahan seperti 1-2 derajat setiap tahunnya.

Pada pasien Scoliosis yang terlambat menggunakan brace dan setelah penggunaan brace selama 2 tahun, masih berada di atas 40 derajat, tetap diperlukan latihan Schroth setiap hari dan Penggunaan Brace 12jam setiap hari dan juga Perubahan kebiasaan hidup sehari hari yang benar sesuai Pola Kurva yang telah diklasifikasikan.

Apakah bisa hamil lagi dan punya keturunan bila menderita skoliosis?

Bisa asalkan tdk ada masalah di organ reproduksi

Apakah setelah direhab, masa kehamilan lebih enak dilalui?

Tentu saja, dengan rehab yang berhasil, kurva yang lebih ringan dan otot yang sudah menguat maka masa kehamilan akan menjadi masa yang bisa dinikmati.

Apakah ketika menggunakan brace GBW bisa terasa nyeri??

Perlu diketahui terlebih dahulu, pada pasien Scoliosis, penggunaan Gensingen Brace, akan terjadi tekanan pada bagian yang akan dikoreksi. Pada umumnya di punggung kanan atas, atau scoliosis dengan double curve terdapat juga nyeri di pinggang kiri, dimana terdapat lengkungan di bagian lumbar.

Ini terjadi karena adanya tekanan pada bagian tubuh yang akan dikoreksi. Dan ini rasa nyeri tidak terjadi pada seluruh tubuh ketika brace ini dipakai.

Rasa nyeri ini akan hilang setelah masa adaptasi selesai, rata-rata 1 hingga 2 minggu setelah pemakaian rutin sejak hari pertama.

Setelah melewati masa adaptasi, pasien biasanya akan lebih nyaman memakai brace ketimbang tidak memakai karena merasa lebih tegak/disupport dan bila ada rasa nyeri akibat skoliosis maka rasa nyeri tersebut menjadi hilang.

Bagaimana jika terjadi lecet / melepuh pada bagian kulit ketika memakai brace?

Sebelum memakai brace, kulit akan mengalami kontak dengan brace, dipakaikan Alkohol 70% tunggu kering, sehingga kulit kering dan kencang. Bila tidak tahan dengan alcohol, bisa menggunakan tepung maizena.

Kemudian memakai brace dengan benar atau kencang. Sehingga brace tidak kendor yang dapat mengakibatnya pergesekan pada kulit dan menyebabkan lecet.

Jika terjadi lecet / luka lepuh dapat dioleskan dengan Bioplacenton pada bagian yang lecet dan diantisipasi dengan mengganti kaos 2-3 kali sehari sehingga tidak ada bakteri / jamur yang berkembang. Dan selalu mengulang dengan cara yang sama di atas ketika ingin memakaikan brace.

Apakah brace harus diganti setelah sekian lama?

Tergantung dari pertumbuhan tinggi, tingkat keparahan derajat kelengkungan dan progress badan kamu. Brace sudah memiliki tingkat toleransi dan ruang yang cukup untuk badan kamu kurang lebih 6bulan – 12bulan (usia 10-14 tahun).

Usia 40 tahun masih bisa sembuhkah?

Pada usia 40 thn ke atas, penanganan dengan terapi senam Schroth dapat menjaga agar skoliosis tidak bertambah parah dan menghilangkan gejala-gejala akibat skoliosis seperti sakit pinggang punggung, sesak nafas, sakit kepala.

Tips Perawatan Kulit saat pakai Brace GBW

• Mandi setiap hari, pastikan kulit kering sebelum mengenakan brace
  • Gosokkan alkohol 70% di area panggul menggunakan tangan
    sampai 2-3 minggu awal pemakaian.
  • Perhatikan warna kemerahan saat brace dilepas.
  • Selalu gunakan kaos atau kain katun tidak berjahit di bawah brace. Pastikan tidak berkerut.
  • Gunakan brace seketat mungkin
  • Tepung maizena (corn starch) jika tidak tahan alkohol. Jangan gunakan krim, lotion, atau bedak pada awal pemakaian brace.
  • Jika ada kemerahan lecet atau bahkan luka, gunakan bioplacenton. Bila luka tdk sembuh maka hentikan pemakaian brace sampai kulit pulih. Byk makan protein utk pemulihan kulit spt putih telur rebus.

BUAT JANJI TEMU KONSULTASI DOKTER