Modality Treatment Web

ESWT (Extracorporeal Shock Wave Therapy)

ESWT merupakan terapi menggunakan alat yang dapat menghantarkan gelombang kejut (shock wave) dengan tekanan dan frekuensi tertentu.

Pada kasus-kasus muskuloskeletal (permasalahan otot/ligamen/tendon) seperti contohnya frozen shoulder dan plantar fasciitis, ESWT bertujuan menimbulkan microtrauma dan merangsang penyembuhan pada bagian atau lokasi yang sakit. Biasanya akan terjadi perbaikan klinis dalam waktu singkat setelah terapi, namun mungkin dibutuhkan beberapa kali sesi terapi tergantung tingkat keparahan penyakit.

Sedangkan untuk kasus Skoliosis, manfaat ESWT meliputi:

• Mengurangi kekakuan sendi dan ligamen tulang belakang
  • Mengurangi rasa nyeri dan pegal yang ditimbulkan karena pemakaian brace
  • Merilekskan otot-otot yang menegang di sepanjang sisi tulang belakang

Bersama dengan pemakaian brace dan latihan Schroth, ESWT terbukti dapat membantu mengurangi rotasi tulang belakang pada pasien Skoliosis.

Eswt

TENS (Transcutaneous Electrical Nerve Stimulation)

TENS adalah salah satu metode manajemen nyeri yang menggunakan gelombang listrik dengan voltase rendah menggunakan alat seperti elektroda yang ditempelkan pada bagian tubuh yang menjadi target terapi.

Gelombang listrik tersebut dapat membantu menghalangi sinyal nyeri menuju sumsum tulang belakang dan otak, sehingga dapat mengurangi rasa nyeri yang dirasakan dan merilekskan otot pasien.

TENS memiliki manfaat untuk beberapa kasus seperti:

• Arthritis (pengapuran sendiri)
  • Tendinitis (peradangan tendon)
  • Nyeri punggung atau pinggang
  • Nyeri leher atau bahu
  • Cedera olahraga
Tens

US (Ultrasound)

Terapi ini menggunakan gelombang suara (ultrasound) yang dapat menembus jaringan otot, tendon, atau ligamen hingga kedalaman 2-5 dari permukaan tubuh. Terapi Ultrasound memberikan efek thermal (pemanasan) maupun efek mekanik pada sel atau jaringan yang dituju.

Beberapa manfaat terapi ultrasound:

• Meningkatkan sirkulasi darah
  • Merilekskan otot
  • Mengurangi nyeri
  • Mempercepat proses penyembuhan jaringan

Terapi Ultrasound dapat digunakan untuk kasus-kasus seperti: cedera/spasme otot, frozen shoulder, Carpal Tunnel Syndrome.

Ultrasound

LLLT (Low Light Laser Therapy)

LLLT menggunakan alat yang memancarkan sinar laser dengan panjang gelombang tertentu sebagai terapi untuk kasus-kasus muskuloskeletal (permasalahan otot/ligamen/tendon). LLLT bekerja dengan mekanisme mempengaruhi fungsi sel-sel jaringan ikat.

Beberapa manfaat LLLT:

• Mengurangi inflamasi (peradangan)
  • Meredakan rasa nyeri
  • Mempercepat proses regenerasi jaringan

LLLT tidak menimbulkan panas, suara ataupun getaran, sehingga sifatnya painless, dan relatif lebih aman digunakan dibandingkan laser intensitas tinggi.

Laser Treatment

BUAT JANJI TEMU KONSULTASI DOKTER