0 Items

Penyembuhan penyakit skoliosis dipengaruhi oleh usia saat pertama kali mendapatkan terapi brace. Semakin cepat skoliosis dideteksi, maka semakin cepat skoliosis tersebut memiliki kesempatan sembuh yang tinggi. Hal ini disebabkan oleh karena usia anak dan remaja memilki tulang yang lebih lunak (fleksibel). Penggunaan brace dibawah usia 14 tahun memilki perbaikan kurva yang lebih besar jika dibandingkan penggunaan diatas 14 tahun. Berdasarkan fakta tersebut kita dapat menarik kesimpulan bahwa pemeriksaan x-ray atau rontgen sebaiknya segera dilakukan saat anak mulai menunjukkan tanda-tanda skoliosis.

Jenis pemeriksaan rontgen untuk melihat kondisi tulang belakang khususnya skoliosis adalah pemeriksaan rontgen vertebra thoraco-lumbal AP (T1-L5) dalam posisi badan berdiri (erect). Pemeriksaan rontgen dalam posisi berdiri bertujuan agar kita dapat mengukur derajat kurva skoliosis dengan lebih akurat karena jika posisi rontgen pada saat berbaring tubuh kita lebih memanjang. Bagi anda yang ingin melakukan rontgen ini bisa mengunjungi dokter, klinik, rumah sakit atau fasilitas rontgen lainnya dan meminta foto rontgen vertebra thoraco-lumbal AP dengan posisi berdiri.

Tujuan pemeriksaan rontgen adalah untuk melihat jenis skoliosis, menentukan besar derajat kurva skoliosis, dan menentukan rotasi atau puntiran/rotasi yang dialami tulang  belakang. Setelah jenis kurva skoliosis ditentukan melalui rontgen, maka kita dapat menentukan jenis brace dan jenis latihan schroth yang akan digunakan. Besar derajat kurva skoliosis ditambah dengan data usia pasien dapat memperkirakan kisaran hasil terapi kedepan.

Pemeriksaan rontgen pada pasien skoliosis adalah hal yang utama dilakukan sebelum berkonsultasi dengan dokter anda karena melalui rontgen tersebut dokter memperoleh informasi yang penting dan menghemat waktu anda selama proses konsultasi dan diagnosa tanpa harus mondar-mandir rumah sakit untuk rontgen. Pemeriksaan rontgen juga merupakan hal yang aman asal sesuai indikasi medis dan tidak melebihi sebanyak 50 kali dalam setahun.

Contoh Rontgen untuk Pemeriksaan Skoliosis

Yuk ikut program Giveaway dan dapatkan berbagai hadiah menarik

00
Months
00
Days
00
Hours
00
Minutes
00
Seconds

Yuk ikut program Giveaway dan dapatkan berbagai hadiah menarik

WhatsApp us
X