Apa itu akupuntur?

Akupuntur adalah terapi dengan memasukkan jarum tipis ke kulit di titik-titik spesifik tubuh yang digunakan untuk mengatasi nyeri dan meningkatkan kesehatan secara umum. Akupuntur merupakan teknik pengobatan Timur yang telah diakui oleh dunia medis.

Menurut pengobatan medis tradisional China, akupuntur berfungsi untuk menyeimbangkan aliran energi yang dikenal sebagai qi. Sedangkan menurut medis barat, titik akupuntur merupakan lokasi untuk menstimulasi saraf, otot dan jaringan penyambung.

Bagaimana efek akupuntur pada tubuh?

Akupuntur memiliki berbagai manfaat di tubuh kita di antaranya:

  1. Menstimulasi endorphin sehingga berfungsi sebagai anti nyeri alamiah
  2. Menguatkan sistem imun
  3. Membantu menurunkan respon stress, depresi dan gangguan mood
  4. Mempengaruhi sirkulasi darah agar lebih lancar

Siapa saja yang dapat dilakukan akupuntur?

Akupuntur digunakan pada berbagai kondisi kesehatan seperti:

  1. Nyeri akut dan kronis pada otot dan persendian
  2. Ketidakseimbangan hormon tubuh: gangguan menstruasi, fertilitas, alergi, dsb
  3. Sakit kepala / migraine
  4. Tekanan darah tinggi
  5. Berbagai keluhan mental dan susah tidur
Akupuntur Hara
Terapi akupuntur di Spine Clinic Family Holistic

Selain teknik akupuntur China, Spine Clinic Family Holistic juga melakukan teknik akupuntur lain yaitu teknik akupuntur Kiiko Matsumoto Style (KMS) yang berasal dari Jepang.

Apa itu Akupuntur KMS?

Akupuntur KMS adalah teknik Akupuntur atau tusuk jarum yang sangat efektif untuk rehabilitasi Scoliosis dan Nyeri Tulang Belakang. Akupuntur KMS (Kiiko Matsumoto’s style) adalah akupuntur Jepang atau Japanese Hara acupuncture yang dikembangkan oleh Kiiko Matsumoto. Teknik ini merupakan hasil perpaduan teknik akupuntur Jepang dari seorang guru besar bernama Master Kiyoshi Nagano, dengan puluhan tahun pengalaman klinis dan integrasi antara akupunktur China klasik dengan pengobatan Barat modern.

Akupuntur KMS adalah akupuntur tulang belakang dari Jepang

Kiiko Matsumoto sendiri adalah seorang legenda hidup yang sangat dihormati di dunia akupuntur, beliau masih aktif mengajar banyak dokter dan mengobati berbagai pasien di Amerika dan Jepang.

Karakteristik utama dari akupunktur ini adalah penggunaan metode palpasi atau perabaan/penekanan dan verifikasi titik akupunktur. Hanya titik akupunktur yang memberi efek positif terhadap tubuh saja yang digunakan dalam terapi. Dan hal ini dinilai melalui palpasi, perabaan nadi atau dengan mengukur perubahan pada tubuh pasien seperti berkurangnya rasa nyeri ataupun keluhan lainnya. Sehingga efek akupunktur ini dapat langsung dirasakan pasien saat itu juga.

Akupunktur KMS menitikberatkan pada diagnosis dan terapi sesuai konstitusi atau akar permasalahan yang mendasari terjadinya keluhan-keluhan pada tubuh pasien. Pengobatan yang hanya bertujuan mengurangi gejala tanpa mencari akar permasalahannya hanya akan memberi efek yang bertahan secara singkat.

Kelebihan akupunktur Jepang ini yang lain adalah teknik penjarumannya yang tidak menyebabkan rasa sakit sehingga sering dijuluki painless acupuncture. Ini dikarenakan penjaruman yang dilakukan bersifat superfisial dan jarum yang digunakan adalah jarum khusus yang sangat tipis. Selain itu dengan bantuan guide tube, memberi efek penyamar sensasi penjaruman sehingga tetap nyaman bagi pasien-pasien, apalagi pasien yang memiliki ‘fobia’ jarum atau bagi anak-anak sekalipun.

Kelebihan akupuntur tulang belakang Jepang ini adalah teknik penjarumannya yang tidak menyebabkan rasa sakit sehingga sering dijuluki painless acupuncture.

Akupuntur KMS juga efektif menolong pasien pasien yang memiliki berbagai gangguan nyeri tulang belakang lainnya, seperti Syaraf terjepit (HNP), Sciatica (nyeri pada tulang duduk), Trauma dan kekakuan pada Pinggang (Flat back), dll. Akupuntur KMS juga sangat efektif menolong pasien scoliosis yang memiliki gangguan nyeri dan pegal pada tulang belakang. Sehingga proses rehabilitasi scoliosis dengan perpaduan teknik akupuntur ini sangat bermanfaat bagi pasien.

Akupuntur KMS untuk Rehabilitasi Scoliosis dan Nyeri Tulang Belakang
dr. Regina bersama Monika Kobylecka, L.Ac. (Seorang pediatric acupuncturist di Children’s Hospital Los Angeles dan pengajar Kiiko Matsumoto Style Acupuncture)
WhatsApp us
Malcare WordPress Security