Ada banyak penyebab sakit tumit dan Anda harus mengetahui mana saja gejala yang berbahaya. Sehingga, Anda bisa mendapatkan penangaan secepatnya dan bisa sembuh dengan cepat. Tumit menjadi tempat bertumpunya seluruh berat badan ketika berjalan. Sakit di bagian tumit sering terjadi saat berdiri, sewaktu bangun tidur, dan muncul terus-menerus.

Sebagian dari Anda akan bertanya-tanya soal penyebab hal tersebut. Hampir semua kasus hanya satu tumit yang merasakan sakit, meski ada juga yang merasa di keduanya. Rasa sakit tumit ini akan semakin memburuk di pagi hari saat pertama melangkah atau terlalu lama berdiam diri. Akan tetapi, Anda bisa merasakan lebih banyak saat berjalan, meski jika berdiri terlalu lama juga membuat sakit yang signifikan.

penyebab sakit tumit
penyebab sakit tumit

Penyebab Nyeri Tumit

Nyeri di bagian tumit biasa tidak diakibatkan cedera tunggal, seperti keseleo seusai jatuh. Akan tetapi, tekanan maupun benturan secara berulang di tumit. Penyebab sakit tumit ada beberapa, diantaranya sebagai berikut.

1. Plantar Fasciitis

Ketika Anda bangun tidur biasanya merasakan nyeri di tumit. Hal ini disebabkan adanya peradangan pada ligamen yang berfungsi menyangga lengkung kaki. Radang di ligament ini disebut plantar fasciitis.

Saat plantar fasciitis tertarik, maka serap jaringan lunak akan meradang. Kondisi ini biasa terjadi saat jaringan menempel di tulang tumit. Terkadang masalah ini terjadi di kaki bagian tengah juga.

2. Benjolan Tumit (Pump Bumps)

Hal ini sering dialami remaja. Tulang tumit yang belum matang penuh akan tergesek secara berlebih. Sehingga terdapat pembentukan tulang cukup banyak. Hal inilah yang menyebabkan permukaan kaki datar. Pada wanita, penyebab sakit tumit yang paling sering adalah penggunaan sepatu hak tinggi yang terlalu sering sebelum tulang matang sepenuhnya.

3. Radang Kantung Cairan (Bursitis)

Bursitis terjadi di tumit belakang. Hal ini bisa disebabkan oleh pendarahan yang tidak sempurna di tumit. Radang Kantung Cairan juga disebabkan oleh tekanan dari sepatu. Sakit di tumit bisa dirasakan pada bagian belakang. Biasanya tendon Achiles membengkak dan rasa sakit semakin parah.

4. Fraktur Tekanan

Penyebab sakit tumit berikutnya adalah fraktur tekanan. Kondisi ini disebabkan tekanan yang terjadi secara terus-menerus. Biasanya diakibatkan oleh Latihan berat, pekerjaan manual, dan olahraga berat. Contohnya, pelari sangat rentan terhadap stress fraktur pada tulang metatarsal kaki. Osteoporosis juga bisa menjadi pemicunya.

5. Achilles Tendinitis (Tendinopati Degeneratif)

Kondisi ini juga biasa dinamakan tendinopati, tendonitis, atau tendinosis. Keadaan kronis ini terjadi dalam jangka panjang yang berhubungan dengan degenerasi progresif dari tendon Achilles.

Tendon ini tidak berfungsi dengan baik dikarenakan adanya robek di tendon mikroskopik yang berulang. Oleh sebab itu, tendon tak bisa menyembuhkan dan memperbaiki dirinya. Tendon yang menerima banyak ketegangan dengan adanya robekan mikroskopik ini akhirnya bisa melemah dan menyakitkan.

6.Neuropati Perifer

Neuropati Perifer merupakan salah satu penyebab sakit tumit. Neuropati merupakan sekumpulan gangguan yang terjadi saat saraf dari sistem perifer rusak. Neuropati Perifer biasanya diakibatkan kerusakan akson saraf.

Hal ini disebabkan rasa sakit di tangan dan di kaki. Sehingga Anda juga perlu waspada jika terjadi di tangan. Salah satu penyebab neuropati yang paling umum yaitu diabetes. Infeksi gangguan metabolisme dan paparan racun serta traumatis juga pemicunya.

7. Berdiri Terlalu Lama

Penyebab sakit tumit lainnya yakni berdiri yang terlalu lama. Sakit di bagian tumit biasa menjadikan otot kaki tertekan sehingga timbul benjolan kecil di tulang yang akan sakit ketika bergesekan dengan benda lain saat Anda berdiri.

Cara Mengobati Nyeri Saat Tidur

  • Pertama Anda bisa minum obat pereda nyeri. Anda bisa minum obat pereda nyeri seperti naproxen, ibuprofen, atau acetaminophen. Selain mengatasi nyeri, obat-obat tersebut akan mengurangi peradangan yang terjadi di tumit.
  • Kedua, Istirahatkan kaki Anda saat tidur. Anda bisa selonjoran dan membuat rileks otot-otot di bagian tumit. Jangan memaksa untuk beraktivitas ketika terasa sakit.
  • Ketiga, kompres menggunakan es batu tepat ketika Anda sedang mengistirahatkan otot-otot tumit. Rasa dingin ini bisa mengurangi nyeri dan pembengkakan. Cara mengompres ini bisa Anda ulangi dua kali sehari agar rasa nyeri tersebut berkurang dan hilang.

masalah tumit

Itulah 7 penyebab sakit tumit dan cara mengobatinya. Anda bisa melakukan langkah-langkah di atas ketika timbul rasa nyeri. Namun, jika nyeri terus mengganggu dan tidak kunjung sembuh, Anda bisa langsung melakukan pemeriksaan ke dokter.

Download E-book - Mengenal Skoliosis dan Terapinya

WhatsApp us
Malcare WordPress Security