Mengetahui penyebab kaki X atau Knock Knee sangatlah perlu dilakukan. Memperhatikan kondisi kaki tentunya adalah hal yang sangat penting untuk memastikan bahwa semuanya baik-baik saja. Dengan mengetahui penyebab pada masalah kaki, bisa membuat Anda lebih waspada dan bisa melakukan pencegahan.

Salah satu faktor yang bisa menyebabkan adalah karena kaki X. Kaki X sendiri adalah kondisi dimana kaki yang melengkung hingga seperti membentuk huruf X dan membuat seseorang menjadi kesulitan berjalan. Hal ini pastinya membuat Anda ingin tahu penyebab kaki X dan pengobatan yang tepat seperti berikut ini.

penyebab kaki x/ knock knee
penyebab kaki X atau Knock Knee

Penyebab Kaki X yang Harus Dipahami

Hal pertama yang sebaiknya Anda ketahui adalah faktor yang menyebabkan terjadinya kondisi kaki X ini. Untuk penyebabnya sendiri bisa dibilang ada beberapa faktor yang kemudian menyebabkan atau menjadi faktor utamanya. Faktor pertamanya bisa diawali dengan terjadinya radang sendi pada seseorang yang kemudian memicu terjadinya kaki X seperti yang satu ini.

Untuk penyebab keduanya adalah karena terjadinya kelainan genetik. Nyatanya kelainan genetik ini tidak bisa dipandang sepele karena akan membuat banyak masalah pada pertumbuhan tubuh. Soalnya kelainan genetik ini akan mempengaruhi langsung pada proses pertumbuhan seseorang. Tidak terkecuali mengakibatkan munculnya kondisi kaki X yang membuat kesulitan jalan.

Lalu penyebab lainnya yang membuat seseorang mengalami kondisi kaki X adalah karena cedera yang menyerang pada bagian lutut maupun pada area sekitar kaki. Selama ini masih banyak yang menganggap enteng dengan kondisi cedera pada area kaki ini. Padahal efek dari cedera pada area kaki ini tidak pernah main-main. Salah satunya adalah membuat kaki menjadi X.

Sedangkan untuk penyebab terakhirnya adalah terjadinya berat badan berlebihan atau obesitas. Seperti yang diketahui bahwa obesitas memang memicu berbagai permasalahan pada tubuh dan efek negatifnya. Namun salah satu efek samping yang belum diketahui banyak orang adalah obesitas ternyata dapat mengakibatkan kondisi kaki X yang jelas akan sangat merugikan.

Pengobatan yang Tepat untuk Kaki X

Apabila Anda sudah mengetahui penyebab kaki X maka hal penting berikutnya yang mesti diketahui adalah pengobatannya. Soalnya setiap mereka yang mengalami kondisi kaki X ini maka pasti kesulitan untuk membuatnya menjadi berjalan. Sesuatu yang jelas akan sangatakansangatmenganggu dan membuat Anda ingin mengobatinya seperti berikut ini.

1. Pemberian Obat-Obatan

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengobati kaki X ini adalah pemberian obat-obatan. Pemberian obat-obatan memang bisa dibilang adalah salah satu cara terampuh untuk mengatasi kaki X ini. Namun perlu diketahui juga bahwa tidak semua obat bisa diterapkan dengan begitu saja. Tentunya harus memperhatikan terlebih dulu penyebab kaki X ini.

Contohnya untuk mereka yang disebabkan karena peradangan maka sebaiknya menggunakan obat NSAIDS yang dianggap lebih ampuh mengobati. Sedangkan untuk mereka yang disebabkan karena rakitis maka sebaiknya menggunakan suplemen vitamin D dan dikombinasikan dengan kalsium. Jadi ada baiknya untuk segera menghubungi dokter guna melakukan pengobatan.

2. Penggunaan Alat Bantu

Seperti yang diketahui bahwa mereka yang terkena kondisi kaki X ini maka akan sulit untuk bisa berjalan. Kondisi tersebutlah yang membuat seseorang maka membutuhkan alat bantu untuk berjalan. Dengan adanya alat bantu ini maka akan lebih memudahkan untuk bisa membantu berjalan dan mengatasi kondisi kaki yang tidak seimbang karena kaki X ini.

Insole dan Masalah Kaki 1

3. Fisioterapi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa penyebab kaki X salah satunya adalah karena radang yang terjadi pada sendi pada area kaki. Apabila hal tersebut yang juga menyerang Anda maka sebaiknya segera melakukan pengobatan khsusus yaitu melakukan fisioterapi. Fisioterapi ini sendiri memang sudah lama dijadikan solusi atas berbagai permasalahan pada tulang.

Hanya saja untuk kondisi kaki X ini maka sangat disarankan untuk dilakukan pada mereka yang sudah remaja atau dewasa. Biasanya untuk mereka yang masih anak-anak maka kurang disarankan untuk melakukan fisioterapi karena dianggap kurang cocok. Setelah melakukan fisioterapi ini maka akan membuat kondisi kaki menjadi membaik dan bisa berjalan perlahan.

4. Operasi Tulang

Sedangkan pengobatan terakhir yang bisa dilakukan untuk mengatasi kaki X adalah dengan melakukan operasi tulang. Bisa dibilang, operasi tulang memang adalah solusi terampuh untuk mengatasi kondisi kelainan tulang. Termasuk di dalamnya adalah kondisi kaki yang berbentuk X ini. Apalagi ditambah sudah banyak orang yang berhasil dan sembuh setelah melakukannya.

Namun ada baiknya sebelum melakukan operasi tulang ini maka pilih dokter yang tepat dan melakukan konsultasi terlebih dulu. Hal ini tentunya dilakukan untuk bisa mendapatkan hasil terbaik dan menyembuhkan kondisi tulang X tersebut.

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda lebih paham tentang penyebab kaki X dan pengobatan yang tepat. Jadi nantinya Anda bisa mengambil keputusan yang tepat ketika mengalami kondisi seperti yang satu ini.

Bila tidak ingin operasi, anda bisa melakukan terapi di Klinik Tulang Belakang, mulai dari latihan hingga akupuntur herbal. Tak usah khawatir lagi jika anda mengalami kaki X karena sekarang sudah ada berbagai macam pengobatan yang efektif menyembuhkannya.

Download E-book - Mengenal Skoliosis dan Terapinya

WhatsApp us
Malcare WordPress Security