Kelainan tulang dan sendi pada kaki anak bisa terjadi pada siapa saja, termasuk anak-anak. Pertumbuhan pada anak pastinya adalah sesuatu yang sangat diperhatikan oleh setiap orang tua. Soalnya setiap orang tua pastinya mengharapkan untuk bisa mendapatkan tumbuh kembang yang sempurna.

Tidak bisa dipandang sebelah mata, karena kelainan ini menimpa si kecil maka akan mempengaruhi langsung tumbuh mereka. Salah satu dampak paling berbahaya adalah membuat pertumbuhan si kecil menjadi terhambat dan juga tidak sempurna. Sebelum mengambil solusinya, maka ada baiknya bagi setiap orang tua mengetahui jenis kelainan tulang dan sendi anak.

kelainan tulang dan sendi pada kaki anak

Inilah Kelainan Tulang dan Sendi Pada Kaki Anak yang Harus Anda Tahu

Terdapat beberapa jenis kelainan tulang pada anak yang biasanya terjadi, diantaranya adalah:

1. Bow Leg

Kelainan tulang dan sendi pada kaki anak pertama yang seringkali menyerang anak adalah bow leg atau juga seringkali disebut dengan kelainan kaki yang membentuk huruf O. Bukan tanpa alasan karena setiap anak kecil yang mengalami gejala ini maka akan membuat ukuran kedua kaki tidak seimbang dan membuat si kecil kesulitan untuk bisa berjalan. Faktor penyebabnya sendiri bisa dibilang bermacam.

Faktor pertamanya sendiri disebabkan karena kelainan yang terjadi ketika si kecil masih di dalam rahim. Biasanya kelainan tersebut terjadi ketika posisi si kecil di dalam rahim yang kurang sesuai. Terutama posisi kakinya yang kemudian berdampak langsung membuat kelainan kaki yang membentuk huruf O. Sesuatu yang pastinya tidak bisa dianggap sepele.

Faktor berikutnya yang juga tidak kalah pentingnya adalah pembelian baby walker yang kurang tepat. Entah itu karena memang belum waktunya ataupun produk baby walker yang tidak sesuai. Bukan hanya penggunaan produk baby walker tapi ternyata penggunaan bedong bayi terlalu kencang juga bisa menjadi faktornya. Jadi penting sekali orang tua untuk lebih waspada terhadap kelainan tulang dan sendi anak.

Jenis-jenis Kelainan Tulang dan Sendi Pada Kaki Anak, Orang Tua Wajib Tahu!

2. Knock Knee

Bukan hanya kelainan kaki O yang bisa menyerang si kecil tapi ternyata juga kelainan kaki lainnya yang tidak bisa dianggap sepele. Kelainan tulang dan sendi pada kaki anak tersebut adalah Knock Knee. Juga seringkali lebih dikenal dengan nama kondisi kaki X. Seperti namanya, kondisi ini akan membuat kaki penderitanya akan menekuk dan membentuk seperti huruf X.

Kondisi tersebut sudah dipastikan akan membuat si kecil akan mengalami kesulitan berjalan. Namun, Anda tidak perlu terlalu khawatir secara berlebihan. Soalnya kondisi kaki X ini akan memulih seiring berjalannya waktu. Biasanya ketika sudah dewasa maka kondisi kaki X ini sudah tidak muncul lagi. Namun ada baiknya bagi Anda untuk melakukan pengobatan dini.

3. Flat Feet

Ternyata kondisi telapak kaki datar juga bisa dialami oleh mereka yang masih kecil. Hanya saja, kelainan yang satu ini menang tergolong ringan dan juga tidak akan berdampak terlalu parah. Meski begitu, apabila kelainan tulang dan sendi anak ini sampai membuat si kecil kesulitan untuk berjalan maka sebaiknya orang tua segera mengambil tindakan yang tepat.

Jenis-jenis Kelainan Tulang dan Sendi Pada Kaki Anak, Orang Tua Wajib Tahu!

Tindakan yang tepat tersebut adalah dengan memberikan sandal atau sepatu khusus pada si kecil. Terutama sandal atau sepatu yang akan memudahkan untuk kaki datar si kecil untuk menapak. Hal ini tentunya akan sangat berguna untuk membuat si kecil bisa berjalan lebih baik dan tentunya akan membantu menyembuhkan kondisi flat feet sedikit demi sedikit.

4. Toeing Out

Toeing Out juga adalah kelainan tulang dan sendi pada kaki anak. Bagi Anda yang belum tahu, Toeing Out adalah kondisi dimana pergelangan kaki atau biasa juga disebut dengan ankle akan menghadap keluar. Untuk penyebabnya sendiri biasanya disebabkan karena posisi tidur yang kurang tepat sehingga menyebabkan kondisi Toeing Out seperti satu ini.

Jenis-jenis Kelainan Tulang dan Sendi Pada Kaki Anak, Orang Tua Wajib Tahu!

Bagi orang tua yang memang ingin menyembuhkan kelainan tersebut yang diderita oleh anaknya maka tidak perlu khawatir. Soalnya ada beberapa cara yang diketahui dapat menyembuhkan kelainan tersebut. Salah satu yang paling disarankan adalah dengan menggunakan terapi khusus bernama night spint. Terapi ini akan membantu si kecil untuk bisa normal kembali.

5. Toeing In

Sedangkan kelainan tulang dan sendi anak terakhir yang juga bisa terjadi pada si kecil adalah Toeing in seperti yang satu ini. Bisa dibilang, Teoing In adalah kondisi kebalikan Toeing Out. Untuk kondisi Toeing In maka akan membuat penderitanya akan mengalami pergelangan kaki yang menghadap ke dalam. Tenang saja, karena kelainan ini akan sembuh dengan bertambahnya usia si kecil.

Jenis-jenis Kelainan Tulang dan Sendi Pada Kaki Anak, Orang Tua Wajib Tahu!

Namun bagi Anda yang memang ingin menyembuhkan kelainan pada si kecil tersebut secara lebih cepat maka bisa melakukan terapi mandiri. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengubah kebiasaan duduk si kecil menjadi bersila. Kebiasaan ini dianggap bisa memperbaiki kondisi si kecil kembali seperti semula.

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda sebagai orang tua lebih paham tentang kelainan pada tulang dan kelainan sendi pada kaki anak. Jadi jika nantinya ketika mengalami hal tersebut maka Anda sudah tahu langkah terbaik mengatasinya.

Download E-book - Mengenal Skoliosis dan Terapinya

Jenis-jenis Kelainan Tulang dan Sendi Pada Kaki Anak, Orang Tua Wajib Tahu!
WhatsApp us
Jenis-jenis Kelainan Tulang dan Sendi Pada Kaki Anak, Orang Tua Wajib Tahu!