Nyeri di telapak kaki atau pergelangan kaki bisa dialami siapa saja. Kaki merupakan anggota tubuh yang sangat penting karena kaki membantu seseorang dalam berdiri, berjalan, berlari, dan melakukan aktivitas lainnya. Seperti anggota tubuh lainnya, kaki juga bisa merasakan sakit.

Salah satu yang paling sering terkena sakit di bagian kaki adalah telapak kaki. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab kaki terasa sakit, seperti tulang, otot, ligamen, dan lainnya. Ketika rasa sakit atau rasa nyeri muncul pada telapak kaki, banyak yang meremehkan. Padahal, rasa nyeri yang muncul juga bisa sangat mengganggu keseharian dan produktivitas kita.

Inilah Penyebab Nyeri di Telapak Kaki atau Pergelangan Kaki

Adanya rasa sakit di kaki bisa menjadi tanda bahwa terjadi masalah dalam tubuh yang cukup serius. Untuk itu, Anda tidak boleh menyepelekan rasa sakit yang timbul di telapak kaki. Biasanya rasa yang muncul adalah nyeri di telapak kaki atau pergelangan kaki. Apakah Anda sering mengalami hal tersebut?

Jika Anda sering mengalami rasa nyeri di pergelangan kaki, maka bisa berkonsultasi dengan dokter. Ada beberapa gejala penyakit yang timbul akibat rasa sakit pada pergelangan kaki di antaranya:

Plantar Fasciitis

Salah satu gejala penyakit yang ditandai dengan nyeri di telapak kaki atau pergelangan kaki adalah Plantar Fasciitis. Masih banyak yang belum mengetahui tentang penyakit tersebut padahal Plantar Fasciitis merupakan penyakit penyebab nyeri pada tumit yang paling umum. Hal ini disebabkan bagian bawah tumit dan telapak kaki mengalami peradangan jaringan ikat.

3 Penyebab Nyeri di Telapak Kaki atau Pergelangan Kaki
nyeri di telapak kaki

Jaringan tersebut dinamakan fasia plantar. Ketika penyakit ini menyerang, seseorang akan merasa seperti sedang ditusuk di sekitar tumit. Rasa nyeri biasanya hinggap di pagu hari atau saat seseorang terlalu lama berdiri. Selain itu, rasa nyeri juga timbul setelah selesai melakukan olahraga.

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan risiko seseorang mengalami penyakit Plantar Fascitis. Pertama, karena faktor usia antara 40 sampai 60 tahun. Kedua, adanya kelebihan berat badan. Ketiga, adanya kelainan anatomi pada kaki seperti lengkung kaki yang terlalu datar / flat feet atau justru lengkung kaki yang terlalu tinggi / high arch.

Seseorang yang mengalami penyakit ini bisa dibantu dengan obat anti radang seperti ibuprofen saat terjadi gejala akut atau menggunakan alat bantu seperti splint saat tidur. Latihan fisioterapi juga bermanfaat untuk meregangkan otot dan menjaga kekuatan berbagai ligamen kaki agar dapat menyokong posisi tulang-tulang kaki dengan baik. Penggunaan insole kaki yang tepat juga akan sangat membantu menghilangkan rasa sakit.

Penyebab Nyeri di Telapak Kaki Flat Feet / Kaki Datar

Pernahkah Anda mendengar tentang kaki datar? Jika kaki datar terjadi pada seorang bayi atau balita, hal itu wajar saja dan tergolong normal. Akan tetapi, jika kaki datar terjadi pada anak-anak atau orang dewasa, maka hal itu merupakan tanda dari adanya kelainan pada tulang. Selain pada tulang, juga bisa menjadi tanda dari adanya kelainan pada jaringan tendon kaki.

Itu juga salah satu penyebab nyeri di telapak kaki Seorang anak yang memiliki kaki datar disebabkan oleh adanya kelainan sejak lahir. Kaki datar atau kaki rata adalah saat seseorang menapak atau berdiri, kakinya akan sepenuhnya menyentuh lantai. Terdapat beberapa faktor yang menjadi penyebab, seperti gangguan saraf, patah tulang, dan peradangan pada kaki.

Selian merasa tumit kaki sakit, seseorang yang memiliki kaki datar juga mengalami gejala, seperti pembengkakan, gatal, dan kaki mudah lelah. Untuk mengatasi rasa nyeri yang muncul, Anda bisa melakukan peregangan, mengompres kaki dengan es, dan menggunakan alas kaki yang disesuaikan dengan bentuk kaki.

Ankle Sprain / Keseleo Pergelangan Kaki

Pergelangan kaki yang terkilir atau keseleo sering dialami oleh banyak orang. Bahkan, menjadi cedera yang paling umum terjadi dan mengakibatkan rasa sakit. Saat pergelangan kaki mengalami terkilir, maka terjadinya robekan pada ligamen dari yang mulai ringan sampai serius. Ketika ligamen robek, maka pergerakan kaki menjadi tidak stabil.

Kaki yang terkilir bisa disebabkan oleh adanya perubahan posisi secara mendadak dalam olahraga, mengalami kecelakaan, dan terjatuh. Jika Anda mengalami kaki keseleo, maka Anda bisa segera mengompresnya dengan es batu. Selain itu, gunakan penopang atau bantalan untuk meluruskan kaki. Jika cedera Anda tergolong serius, maka Anda bisa mengunjungi dokter.

Beberapa penyakit di atas merupakan penyebab nyeri di telapak kaki atau pergelangan kaki yang sering terjadi dan diabaikan. Jika Anda sering mengalami dan menemukan penyebab rasa sakit seperti penjelasan di atas, maka Anda bisa menghindar dari rasa nyeri. Perhatikan hal kecil dari sekarang agar tidak berubah menjadi penyakit serius.

Download E-book - Mengenal Skoliosis dan Terapinya

3 Penyebab Nyeri di Telapak Kaki atau Pergelangan Kaki
WhatsApp us
3 Penyebab Nyeri di Telapak Kaki atau Pergelangan Kaki