Masalah pada kaki memang terbilang bermacam dan tidak bisa disamaratakan begitu saja. Salah satu masalah yang paling sering terjadi pada kaki adalah kondisi nyeri tumit. Untuk kondisi nyeri ini sendiri biasanya berpusat pada permukaan bawah atau sekitar belakang tumit. Meskipun tergolong gejala yang tergolong ringan tapi tetap saja tidak dipandang sebelah mata begitu saja.

Dikarenakan siapa pun yang mengalami kondisi nyeri ini maka pastinya berbagai aktivitasnya akan terganggu. Disebabkan karena nyeri yang dirasakan akan membuat kaki menjadi sulit digerakkan seperti biasanya. Tidak heran apabila kemudian banyak orang yang ingin mencari cara untuk mengobatinya. Untungnya, ada cara mengobati paling dianjurkan seperti berikut.

nyeri tumit
nyeri tumit

Inilah Pengobatan Tumit Sakit yang Bisa Anda Lakukan di Rumah

Sebelum pergi ke dokter, sebaiknya Anda lakukan perawatan rumahan dulu. Sehingga, bisa meredakan gejala yang dirasakan. Berikut ini caranya:

1. Istirahatkan Kaki Selama Mungkin

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengobati nyeri tumit adalah dengan mengistirahatkan kaki selama mungkin. Kesalahan besar yang selama ini masih dilakukan banyak orang adalah dengan tetap memaksakan bergerak kaki ketika nyeri masih terasa. Padahal ketika Anda melakukan hal ini maka bisa dipastikan bahwa rasa nyeri tersebut akan semakin parah.

Jika terus dibiarkan maka tidak menutup kemungkinan akan terjadi rasa nyeri yang lebih parah lagi. Bagi Anda yang memang tidak ingin mengalami hal ini maka jika rasa nyeri sudah dirasakan maka segeralah istirahatkan. Untuk waktu istirahatnya sendiri sangat berbeda setiap orangnya. Namun sangat disarankan untuk mengistirahatkan kaki ini untuk selama mungkin.

2. Oleskan Es pada Tumit

Kondisi tumit sakit pastinya akan sangat menganggu dan membuat Anda kesulitan untuk bisa berjalan. Rasa sakit yang pastinya ingin segera Anda hilangkan untuk bisa beraktivitas kembali seperti biasanya. Untuk mengurangi rasa sakit maupun rasa nyeri ini maka ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah dengan mengoleskan es pada tumit yang nyeri itu.

Heels

Seperti yang diketahui bahwa mengompreskan es pada area yang sakit memang ampuh untuk menurunkan rasa sakitnya. Hal yang sama ternyata juga bisa Anda praktikan pada kondisi nyeri tumit yang sedang dirasakan. Cara untuk menyembuhkan juga tidak terlalu repot yaitu Anda hanya perlu mengoleskan es pada area tumit yang terasa nyeri sekitar 10 hingga 15 menit saja.

3. Minum Obat Penghilang Rasa Sakit

Untuk cara yang satu ini terbilang sudah sangat umum dilakukan dan terbukti berhasil. Jadi tentunya tidak ada salahnya bagi Anda untuk ikut mencobanya. Apalagi seperti yang diketahui bahwa obat penghilang rasa sakit ini dijual bebas di pasaran. Jadi tentunya Anda tidak akan kesulitan untuk bisa menemukan jenis obat yang satu ini.

Namun sangat disarankan bagi Anda untuk tetap memperhatikan kandungan yang dimiliki oleh obat penghilang rasa sakit tersebut. Pastikan bahwa kandungan yang dimiliki oleh obat tersebut tergolong aman dan tidak berbahaya untuk dikonsumsi. Selain itu, jangan konsumsi obat tersebut dengan dosis yang terlalu berlebihan.

4. Gunakan Sepatu yang Pas

Sedangkan cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan sepatu yang pas. Dikarenakan sampai sekarang masih banyak yang bandel dengan sepatu yang terlalu kecil. Hal ini jelas akan berimbas pada kondisi kaki Anda. Tidak terkecuali membuat nyeri yang pastinya akan sangat mengganggu dan menggunakan sepatu kecil juga termasuk penyebab nyeri tumit.

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda lebih paham tentang cara mengobati nyeri tumit yang paling dianjurkan. Jadi bagi Anda yang mengalami nyeri seperti yang satu ini maka sudah tahu cara terbaik untuk mengatasinya.

Jika sakit tumit berkepanjangan dan tak kunjung sembuh, Anda harus ke dokter agar segera mendapatkan penanganan yang tepat. Bila belum tahu rekomendasi dokter yang bagus, bisa ke kliniktulangbelakang.com. Anda akan ditangani oleh dokter profesional dan berpengalaman tanpa operasi.

Download E-book - Mengenal Skoliosis dan Terapinya

WhatsApp us
Malcare WordPress Security