pectus excavatum

Apa itu Pectus Excavatum / Dada cekung?

Pectus excavatum atau dikenal juga dengan funnel chest/dada cekung merupakan perkembangan rongga dada abnormal dimana tulang taju pedang atau breastbone bertumbuh ke arah dalam. Pectus excavatum yang ringan biasanya tidak membutuhkan penanganan khusus, tetapi jika cukup dalam hingga menimbulkan gejala berat yang mengganggu pernafasan atau membuat stress secara psikologis maka seringkali diatasi dengan operasi.

terapi fisik pectus excavatum,terapi pectus excavatum

Terapi pada Pectus Excavatum / Dada cekung

Tetapi apa hanya operasi saja jalan keluarnya? Ternyata bagi teman-teman yang memiliki dada cekung / pectus excavatum ringan sedang apalagi di masa pertumbuhan, masih ada opsi terapi konservatif yang dapat dilakukan.

Latihan Fisik untuk Pectus Excavatum / Dada cekung

Latihan fisik dapat membantu pasien dengan memperbaiki postur dan meningkatkan ekspansi paru-paru. Walaupun demikian latihan mungkin tidak selalu mudah dilakukan terutama pada pasien yang bergejala, karena kondisi pectus excavatum ini dapat menyebabkan sensasi nyeri dada ataupun nafas pendek.

Latihan pectus excavatum biasanya meliputi latihan pernafasan dalam dan latihan menahan nafas, serta latihan kekuatan otot untuk otot punggung dan dada.

Terapi Vacuum Bell pada Pectus Excavatum / Dada cekung

Vacuum bell adalah alat terapi yang terbuat dari karet berbentuk cup/mangkok yang dihubungkan dengan pompa.

Pada pasien dengan Pectus Excavatum, vacuum bell diletakkan di depan dada dan dipompa sehingga memberi efek penarikan kedap udara, sehingga mengangkat dinding dada ke depan. Setelah periode waktu tertentu, dinding dada akan terus terangkat dan mempertahankan bentuk barunya menjadi normal atau menyerupai normal.

terapi fisik pectus excavatum,terapi pectus excavatum
Pemasangan Vacuum Bell pada Dada cekung / Pectus Excavatum

Pemakaian vacuum bell akan memberikan hasil yang baik jika dimulai pada usia anak-anak dan remaja, dan pada kondisi ringan-sedang dengan kedalaman lekukan dada ringan di bawah 1,5 cm. Tetapi vacuum bell tetap dapat digunakan pada pasien hingga kedalaman pectus excavatum 6 cm. Penggunaan vacuum bell dapat memperbaiki hingga 1-2 cm, bahkan pada 20% pasien dimungkinkan perbaikan hingga level normal.

Bagaimana prosedur Terapi Vacuum Bell pada Pectus Excavatum / Dada cekung?

Langkah awal adalah pemilihan alat vacuum bell yang tepat. Ukuran Vacuum bell perlu disesuaikan dengan ukuran tubuh pasien dan kedalaman cekungan, sehingga membutuhkan pengawasan dari dokter.

Pada awalnya digunakan selama 30 menit, dua kali sehari. Setelah itu perlahan ditingkatkan hingga 2 jam per pemakaian sebanyak dua kali sehari atau sesuai anjuran dokter. Rata-rata penggunaan dipertahankan selama 1 tahun, tetapi bisa juga lebih tergantung dari kondisi pasien.

Jadi buat teman-teman yang merasa dinding dadanya mungkin mengalami pectus excavatum bisa segera periksakan ke dokter untuk melihat pilihan terapi apa yang tepat untuk kamu.

Download E-book - Mengenal Skoliosis dan Terapinya

WhatsApp us
Malcare WordPress Security