Tulang Belikat Menonjol – Winged scapula atau juga dikenal dengan scapula winging adalah suatu kondisi dimana terdapat penonjolan tulang belikat (skapula) yang tidak normal dari belakang. Skapula, atau tulang belikat, adalah tulang pipih yang menghubungkan lengan atas ke tulang selangka (klavikula). Normalnya, tulang belikat terletak rata pada bagian belakang dinding dada, tetapi pada winged scapula, posisi tulang belikat lebih menonjol keluar atau menjauh dari dinding dada. Kondisi ini cukup jarang, namun dapat menimbulkan rasa sakit dan mengganggu aktivitas sehari-hari jika tidak ditangani.

Winged Scapula atau Tulang Belikat Menonjol

Penyebab Winged Scapula atau Tulang Belikat Menonjol

Winged scapula umumnya disebabkan karena adanya kerusakan saraf sehingga terjadi kelemahan atau kelumpuhan otot-otot yang menstabilkan dan mengontrol pergerakan tulang belikat. Kondisi tersebut dapat disebabkan oleh :

1. Trauma

Trauma atau cedera langsung pada daerah bahu dapat merusak saraf atau otot yang terlibat dalam stabilisasi tulang belikat, sehingga menyebabkan winged scapula. Hal ini dapat diakibatkan oleh cedera olahraga, jatuh, kecelakaan kendaraan bermotor, atau bentuk trauma fisik lainnya.

• Cedera Gerakan Berulang

Gerakan yang melibatkan daerah bahu dan dilakukan berulang-ulang berpotensi menyebabkan kerusakan saraf, yang dapat menyebabkan winged scapula. Beberapa contoh gerakannya antara lain mengangkat bahu terlalu sering dan berkepanjangan atau overhead activities (melempar, berenang, mengangkat beban di atas kepala).

Gerakan-gerakan tersebut dapat memberikan tekanan yang signifikan pada otot bahu dan tulang belikat, selain itu juga mengharuskan otot bekerja keras untuk menstabilkan tulang belikat. Seiring waktu, hal ini dapat menyebabkan cedera yang berlebihan, ketegangan otot, dan potensi kerusakan saraf.

• Komplikasi Pembedahan

Prosedur pembedahan tertentu yang melibatkan daerah dekat tulang rusuk atau bahu, seperti operasi pengangkatan payudara atau pembedahan toraks, dapat merusak saraf atau mengganggu fungsi otot, yang menyebabkan winged scapula. Namun, kondisi ini sangat jarang terjadi.

Kondisi non-traumatis lainnya yang dapat menyebabkan winged scapula antara lain :

1. Penyakit akibat virus, seperti polio, influenza
  2. Reaksi alergi
  3. Paparan racun, seperti insektisida
  4. Distrofi otot (kelemahan otot) yang disebabkan karena penggunaan beberapa obat atau adanya kelainan bawaan

Gejala Winged Scapula

Gejala utama winged scapula adalah tulang belikat menonjol yang nampak keluar dari punggung. Batas medial (bagian dalam) dari tulang belikat yang terkena akan terlihat lebih menonjol dibandingkan dengan sisi yang berlawanan. Penonjolan ini sering kali akan terlihat lebih menonjol saat pasien menggerakkan lengannya menjauhi tubuh. Selain itu, juga dapat disertai rasa sakit atau tidak nyaman di leher, bahu, dan punggung atas, serta kelemahan otot-otot bahu dan lengan atas. Posisi tulang belikat yang tidak normal juga dapat membatasi gerakan bahu dan lengan, sehingga mungkin muncul rasa tidak nyaman atau kesulitan saat melakukan gerakan tertentu.

Diagnosis Winged Scapula

Diagnosis yang akurat sangat penting bagi dokter untuk merencanakan program terapi yang sesuai dengan kebutuhan pasien. Untuk mendiagnosis winged scapula, dokter akan menanyakan terkait riwayat medis, gaya hidup, dan bagaimana kondisi tersebut dimulai. Kemudian dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, dimulai dari melihat bentuk dan posisi tulang belikat untuk mencari tanda-tanda winged scapula yang jelas. Dokter juga akan meminta pasien untuk melakukan beberapa gerakan tertentu untuk menilai rentang gerak, menilai tingkat nyeri, serta mengukur kekuatan otot-otot tertentu untuk mengamati apakah ada tanda-tanda disfungsi saraf.

Kemudian dokter dapat memesan pemeriksaan penunjang seperti rontgen atau MRI untuk menyingkirkan kemungkinan kelainan bahu lainnya. Dokter juga dapat melakukan pemeriksaan elektromiografi (EMG) jika dicurigai adanya gangguan saraf yang mempengaruhi otot-otot yang mengendalikan tulang belikat. Jika diperlukan, dokter akan merujuk pasien ke dokter spesialis orthopedi atau saraf untuk evaluasi lebih lanjut.

Pengobatan Winged Scapula

Pilihan terapi winged scapula bergantung dari penyebab yang mendasarinya. Namun pada sebagian besar kasus, penangananan yang diakukan berupa tindakan konservatif seperti pengendalian rasa sakit dan fisioterapi.

• Fisioterapi

Fisioterapi adalah salah satu metode pengobatan utama untuk winged scapula. Dokter dan fisioterapis akan merancang program latihan secara khusus yang bertujuan untuk meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas otot-otot yang mengendalikan pergerakan tulang belikat, mempertahankan rentang gerak bahu dan lengan, membantu menstabilkan tulang belikat, serta mencegah terjadinya komplikasi (seperti frozen shoulder).

Beberapa contoh latihan penguatan dan peregangan otot-otot di sekitar tulang belikat yang dapat dilakukan pada kasus winged scapula :

1. Scapular Push-up

Untuk memperkuat otot-otot yang mengendalikan pergerakan tulang belikat.

Sumber : internet

• Wall Angel dan Wall Slide

Untuk meningkatkan mobilitas dan fleksibilitas otot-otot di sekitar bahu, punggung atas, dan leher

Sumber : https://www.handsonhealthcare.com.au/blog/5-exercises-for-shoulder-pain/

Sumber : https://www.bodylogics.co.uk/the-wall-angel-why-you-need-this-exercise-in-your-life/

• Penggunaan Brace atau Arm Slings

Penggunaan brace atau arm slings bertujuan untuk menahan tulang belikat pada posisi yang benar. Hal ini dapat membantu mengurangi pergerakan tulang belikat yang tidak normal.

• Obat-obatan

Dokter dapat meresepkan obat-obatan seperti obat anti-inflamasi (NSAID), obat pelemas otot, analgesik, atau kombinasi ketiganya untuk membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan akibat winged scapula.

• Injeksi Steroid

Pada beberapa kasus, dokter dapat memberikan injeksi steroid ke daerah yang terkena untuk mengurangi peradangan dan rasa sakit.

• Tindakan Operasi

Jika kondisi winged scapula cukup berat dan tidak ada perbaikan gejala dengan terapi konservatif, dokter dapat merekomendasikan tindakan operasi. Tindakan operasi yang umum dilakukan pada kasus winged scapula adalah tindakan transfer saraf dan otot, dimana dokter akan mentransplantasi bagian otot dan saraf yang sehat dari bagian tubuh lain untuk memperbaiki kerusakan yang ada.

Waktu pemulihan winged scapula dapat memakan waktu beberapa bulan hingga tahun, tergantung dari penyebab yang mendasarinya, respon terhadap pengobatan, dan otot serta saraf yang terlibat. Namun, pengobatan dan terapi yang tepat dapat membantu untuk mengurangi rasa sakit, meningkatkan mobilitas, dan mengembalikan fungsi bahu, sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup Anda.

baca juga : 4 Macam Sakit Kepala dan Terapinya!

Pencegahan Winged Scapula

Untuk mengurangi risiko terjadinya winged scapula atau mencegah agar tidak kambuh, Anda dapat melakukan hal-hal sebagai berikut :

1. Menghindari gerakan bahu atau lengan yang berulang-ulang (jika memungkinkan)
  2. Mempertahankan postur tubuh yang benar
  3. Menggunakan kursi atau bantal yang ergonomis
  4. Menggunakan tas atau ransel yang ergonomis dan hindari membawa beban terlalu berat
  5. Rutin melakukan latihan peregangan dan penguatan otot terutama otot leher, bahu dan lengan atas

Kapan harus dikonsultasikan ke dokter ?

Semakin awal winged scapula terdeteksi dan tertangani, dapat mempercepat waktu penyembuhan. Oleh karena itu, segera periksakan diri Anda ke dokter jika Anda mengalami hal-hal berikut ini :

1. Perubahan bentuk tulang belikat yang tampak jelas
  2. Nyeri bahu berkepanjangan