Jangan menunggu Scoliosis Anda membesar baru diperbaiki karena dampak skoliosis yang akan Anda hadapi tentu semakin berat. Penggunaan brace merupakan salah satu metode pengobatan skoliosis tanpa operasi yang sering dipilih tapi belum tentu memberikan hasil. Bila Anda masih percaya dengan brace yang tidak spesifik dalam mengkoreksi kurva derajat Anak Anda berarti Anda sedang menunda pengobatan atau menunggu Scoliosis Anak Anda membesar.

Dampak Skoliosis Jika Dibiarkan atau Menjalani Pengobatan yang Tidak Tepat

Ketika sudut kebengkokan tulang skoliosis tidak segera ditangani dampak yang paling ringan bisa terasa adalah keluhan nyeri otot di daerah punggung. Skoliosis yang dibiarkan semakin parah maka jangka panjang skoliosis bisa sampai menimbulkan gangguan pada fungsi paru-paru dan jantung. Tekanan atau desakan terjadi akibat tulang belakang yang mengalami skoliosis. Nah, pendesakan yang berat dan berlangsung lama tentu bisa berakibat fatal.

Jika sudah tahu bahwa brace yang digunakan tidak memberikan hasil berarti brace tersebut kurang tepat atau bisa jadi tidak spesifik. Untuk itu, Anda harus segera menggantinya dengan brace spesifik GBW. Perlu Anda ketahui Brace GBW bisa memberikan hasil maksimal bagi penderita skoliosis karena dibuat dengan teknologi tinggi sehingga menjadi spesifik. Berikut penjelasan tentang dampak skoliosis dari penggunaan brace tidak spesifik dan brace spesifik.

Dampak Skoliosis Akibat Brace Tidak Spesifik

Brace tidak spesifik justru bisa membuat kondisi pasien semakin parah. Sebab, brace tidak spesifik yang memiliki bentuk / pola sama pada semua Pasien Skoliosis dan itu Tidak Berguna. Skoliosis ringan bisa semakin parah karena adanya tekanan yang bisa diakibatkan oleh brace tidak spesifik. Berikut beberapa hal yang bisa membuat dampak skoliosis semakin berat, adalah:

Skoliosis cenderung memiliki pola kurva tertentu sesuai masing-masing tipenya. Setiap kurva akan membentuk postur dan posisi tulang yang tidak simetris misalnya posisi panggul yang berbeda tinggi antara kanan dan kiri, posisi tubuh yang cenderung kearah samping, dan lain-lain. Perbedaan posisi tulang skoliosis dan posturnya membutuhkan cara yang benar saat melakukan aktivitas agar posisi tersebut dapat menjaga keadaan kurva tidak bertambah berat.

Oleh Karena itu bila Anda diminta hanya untuk observasi saja atau memakai brace tidak spesifik, berhati-hatilah karena scoliosis yang semakin membesar akan semakin sulit direhabilitasi! Brace yang lunak adalah yang paling berbahaya, karena memberikan efek kepada scoliosis untuk lebih cepat berkembang daripada tidak memakainya. Karena mengikat badan Anak Anda menjadi lebih sulit bertumbuh. Alih-alih ditopang pertumbuhannya, soft brace malah menghambat pertumbuhannya. Lihat artikel tentang Bahaya soft brace.

Ronsen pasien yang menggunakan brace tidak spesifik dalam mengatasi skoliosis

Jangan Tunggu Dampak Skoliosis Semakin Berat, Segera Obati

Mengapa Brace Spesifik Dapat Mengurangi Dampak Skoliosis?

Brace spesifik adalah brace yang sesuai dengan tingkat derajat kelengkungan pada setiap pasien. Sehingga, saat membuatnya harus melakukan pengukuran kondisi pasien terlebih dahulu. Brace ini dirancang dengan pola melawan / mirroring dari pola scoliosis Anak Anda dan spesifik berbeda jenis bentuknya terhadap jenis kurva scoliosis Anda. Sehingga, dampak skoliosis bisa berkurang dan tingkat kesembuhan semakin besar.

Ciri-ciri Brace spesifik : (Lihat artikel bagaimana memilih brace yang bagus)

  1. Bentuk Brace tidak simetris, karena scoliosis tidak simetris.
  2. Bentuk Brace TIDAK SAMA untuk setiap pasien yg memiliki pola kurva yang berbeda. (lihat artikel Scoliosis ada 7 macam pola)
  3. Brace harus custom made dengan menggunakan teknologi 3 dimensi (CAD/CAM). Bukan lagi plaster based, menghindari banyaknya kesalahan tangan / human error.
  4. Brace harus rigid tapi nyaman dan ringan. Karena soft brace tidak mampu mengkoreksi tulang, yang ada nantinya kurva scoliosis yang semakin berkembang. Nyaman dan ringan sehingga mudah dipakai sehari-hari dan sebisanya bisa dipakai dalam baju.

Brace GBW merupakan brace spesifik yang bisa membantu Anda untuk mempercepat kesembuhan dari kondisi tulang belakang yang bengkok ini.

Olahraga yang Tepat Bisa Membantu Skoliosis Ringan

Selain penggunaan brace GBW, latihan yang dapat dilakukan adalah melalui bagian tehnik Schroth yang disebut tehnik latihan ADL (Activity Daily Living) yaitu sebuah tehnik untuk menentukan posisi tubuh yang tepat selama aktivitas sehari-hari bagi penderita skoliosis seperti cara duduk, cara berdiri, cara berjalan dan lain-lain.

Seperti yang kitda ketahui bahwa anak-anak, yang bersekolah dengan membawa tas sekolah berat, menghadapi risiko lebih besar terkena nyeri punggung. Demikian hasil penelitian sebuah tim peneliti Spanyol. Temuan tersebut didapat dari hasil penelitian terhadap 1.400 anak sekolah di Galicia Utara, Spanyol. Mereka berusia antara 12 dan 17 tahun. Hasil penelitian tersebut dimuat dalam jurnal Inggris ‘Archives of Disease in Childhood.

Semua murid dipecah menjadi empat kelompok berdasarkan berat tas mereka. Siswa yang berada di kelompok dengan tas paling berat memiliki risiko 50 persen lebih tinggi untuk menderita nyeri punggung. Mereka memiliki risiko 42 persen lebih tinggi untuk menderita patologi punggung dibandingkan dengan kelompok siswa dengan tas paling ringan. Berat tas yang aman bagi penderita skoliosis adalah tidak melebihi 10 persen berat tubuh sendiri.

Jangan Tunggu Dampak Skoliosis Semakin Berat, Segera Obati

Demikianlah ulasan tentang dampak skoliosis yang memberat bila dibiarkan dan dari penggunaan brace. Semoga artikel ini bermanfaat dan Anda bisa memilih pengobatan skoliosis yang tepat.

Download E-book - Mengenal Skoliosis dan Terapinya

Jangan Tunggu Dampak Skoliosis Semakin Berat, Segera Obati
WhatsApp us
Jangan Tunggu Dampak Skoliosis Semakin Berat, Segera Obati