Seperti yang kita tau mayoritas penderita skoliosis adalah idiopatik, artinya tidak diketahui penyebabnya. Maka penderita ataupun orang tua dari pasien, harus mengetahui apa dan bagaimana kesempatan pengobatan terbaik yang dimilikinya untuk mencapai hasil yang maksimal. Anda perlu mengetahui goal, tujuan, dan hasil yang bisa dicapai dari suatu pengobatan yang anda jalani.

Kebanyakan dari idiopatik skoliosis itu mulai berkembang pada menjelang usia remaja, usia 10-12 tahun, beberapa bisa muncul pada usia 2-6 tahun.

Kebanyakan dari idiopatik skoliosis itu mulai berkembang pada menjelang usia remaja, usia 10-12 tahun, beberapa bisa muncul pada usia 2-6 tahun. Pada masa seperti ini ada baiknya orang tua melakukan deteksi dini skoliosis pada anak. Kenapa? Karena pada fase ini merupakan fase pengobatan terbaik yang Anda miliki. Pada fase ini manajemen Skoliosis yang terbaik adalah pemakaian Gensingen Brace CAD/CAM (GBW) dan Latihan Schroth (pernafasan, penguatan otot dan koreksi side shift).  Pada tahap ini anda dapat mengharapkan koreksi 92%.  Angka ini tidak mengada-ngada, karena koreksi luar biasa dari brace GBW ini terbukti dan terlihat dari hari pertama dikenakan, foto rontgen akan membuktikan. (Baca: Overkorektif Brace GBW pada pasien skoliosis)

Pada usia 10-14 tahun, pada umumnya merupakan tahapan perkembangan skoliosis paling pesat. Pada tahap ini bila Anak anda positif skoliosis, dan tidak dideteksi dini, akibatnya Anda kaget setelah melihat rib hump atau punggung yang menonjol sebelah, tumbuh pada badan anak Anda. Pada usia 10-12 tahun (usia panggul: risser 0-2), manajemen Skoliosis terbaik adalah bila Anda melakukan Latihan Schroth dan menggunakan Brace GBW dengan Koreksi yang tinggi rata-rata 50-92%. Operasi pun kadang tidak mencapai hasil 92% kelurusan.

Resiko dan Opsi Manajemen Skoliosis terbaik yang Anda miliki

Pada usia 14-16 tahun (usia panggul 4-5), pada fase ini merupakan fase beranjak dewasa, skoliosis pada tahap ini mulai rigid, kelenturan mulai berkurang, tulang hampir sempurna pertumbuhannya. Pada tahap ini skoliosis Anak Anda akan memperlihat bentuk  atau pola skoliosis yang matang, dan pertumbuhan skoliosis menjadi lebih pelan.  Pada tahap ini walaupun sudah lebih pelan, tetap masih ada kemungkinan untuk bisa bertambah derajat kelengkungannya. Pada tahap ini dengan Pemakaian Brace GBW pasti tidaklah senyaman umur sebelumnya. Tujuan dari pemakaian brace inipun menjadi sifatnya adalah menahan perkembangan hingga koreksi maksimal 20% dan yang terbaik adalah Anda masih bisa melihat perbaikan bentuk penampilan badan di luar (menjadi lebih simetris).

Pada tahap ini, Latihan Schroth bisa  menguatkan otot, membantu biodinamika tulang dan menahan skoliosis, mengembangkan kapasitas paru-paru anak Anda, membantu gangguan sekunder dari skoliosis seperti sesak, nyeri, pegal, konstipasi, sakit kepala, berdebar-debar dan lain sebagainya.

Resiko dan Opsi Manajemen Skoliosis terbaik yang Anda miliki

Pada usia di atas 16 tahun. Pada umumnya fase ini tulang sudah rigid dan skoliosis lebih pelan berkembangnya. Tapi saya memperhatikan pada orang-orang tertentu, yang sering mengalami trauma / benturan, mengangkat barang berat, suka menekuk badan dan tidak dirubah Aktifitas Hidup Sehari-harinya. Maka pertumbuhan kelengkungan Skoliosis setelah fase puber masih bisa terus berlanjut. Maka penting entah Anda berada pada fase manapun untuk belajar mengenali pola kurva Anda, berlatih Schroth, merubah AHS (Aktifitas Hidup Sehari-hari) dan menjauhi gerakan-gerakan yang tidak boleh melalui edukasi program Schroth di klinik kami.

Pada tahap ini, Brace GBW tidaklah perlu dipakai 24 jam, tetapi 12jam saja dan tujuan dari pemakaian adalah menahan perkembangan skoliosis, menghilangkan gejala-gejala yang muncul akibat dari skoliosis, spt nyeri pinggang, rasa pegal atau gampang letih, sakit kepala, sesak, berdebar-debar, dan lain sebagainya.

Jadi bila Anak Anda usia ≤12 tahun, dengan derajat skoliosis ≤50° maka ini merupakan usia paling ideal dan bisa mengalami koreksi yang sangat baik dengan Brace GBW dan Program Schroth.

(Seperti di bawah ini)

Resiko dan Opsi Manajemen Skoliosis terbaik yang Anda miliki
Foto Rontgen Pasien Scoliosis sebelum dan ketika pemakaian brace GBW. 50° dikoreksi hingga menjadi 5°
Resiko dan Opsi Manajemen Skoliosis terbaik yang Anda miliki

Usia 13-14 tahun, sudah harus secepatnya dan jangan menunda pengobatan, karena ini tahapan perkembangan paling pesat. Lihat Skoliosis Anda tidak menunggu.
Bila Anda sudah berumur 16 tahun ke atas, dengan kelengkungan derajat skoliosis ≥60°, bila Anda ingin melakukan Operasi, pada tahap ini, opsi ini bisa dipertimbangkan. Lihat Rehabilitasi Skoliosis vs Surgery sambil anda menimbang resiko dan reward yang didapatkan.

WhatsApp us
Resiko dan Opsi Manajemen Skoliosis terbaik yang Anda miliki