0 Items

 

Kerap muncul pertanyaan bahwa jika usia saya sudah dewasa apakah masih perlu memakai brace? Nah sebelum menjawab pertanyaan itu, berikut adalah beberapa fakta yang perlu anda ketahui: 

  • Anak berada dalam masa pacu tumbuh, atau masa pertumbuhan yang cepat, di usia remaja. Anak perempuan mengalami pacu tumbuh di sekitar usia 11-12 tahun, sedangkan anak laki-laki di sekitar usia 13-14 tahun. Pada masa pertumbuhan yang cepat ini, tulang berada dalam kondisi yang lebih mudah dibentuk sehingga koreksi skoliosis dengan pemakaian brace sangat efektif.
    • Setelah melewati masa pacu tumbuh ini pertumbuhan tulang melambat dan akan terhenti pada anak perempuan di usia sekitar 14-15 tahun dan pada anak laki-laki di usia 16-18 tahun.
    • Pengurangan derajat skoliosis pada anak usia remaja ini biasanya dapat mencapai lebih dari 50% jika brace yang digunakan tepat dan lama pemakaian brace juga sesuai anjuran. 

Usia pasien saat pemakaian brace ini sangat mempengaruhi hasil koreksi yang mungkin dicapai. Di usia dewasa dimana tinggi badan tidak bertambah lagi dan tulang berada pada kondisi yang lebih kaku, pemakaian brace biasanya tidak dapat memberi hasil sebesar di masa pertumbuhan.

 

Baca juga: Masih Bisakah Terapi Brace Pada Pasien Skoliosis Usia 17 Tahun Ke Atas?

 

Namun, pemakaian brace di usia dewasa tentunya masih dapat memberikan manfaat, dan di kasus tertentu justru memang menjadi kebutuhan. Tujuan utama pasien skoliosis dewasa menggunakan brace skoliosis GBW adalah memperbaiki postur tubuh dan membantu memperbaiki keseimbangan kekuatan otot yang mengalami perbedaan karena skoliosis. Sebenarnya kurva skoliosisnya sendiri masih mungkin berkurang, tetapi pengurangan derajat skoliosis pasien dewasa tidak sebesar pengurangan derajat skoliosis pada pasien anak.

 

Untuk kasus-kasus skoliosis yang derajatnya besar, brace diperlukan untuk menjaga agar kurva skoliosis tidak semakin bertambah karena kurva di atas 40° masih berpotensi mengalami penambahan hingga 0,5-1° per tahun jika tidak ditangani.

 

Terapi lain yang dapat dilakukan oleh pasien dewasa dengan skoliosis adalah dengan melakukan latihan Schroth. Latihan Schroth adalah latihan khusus untuk skoliosis yang gerakannya disesuaikan dengan bentuk kurva pasien, yang berasal dari Jerman dan telah teruji keberhasilannya. Dengan melakukan latihan ini, postur dan keseimbangan tubuh pasien juga dapat diperbaiki sehingga terjadi perubahan secara kosmetik. Kekuatan otot yang meningkat juga akan menjaga skoliosis untuk tidak bertambah parah dan mengatasi gejala-gejala akibat skoliosis seperti sakit pinggang punggung, sesak nafas, sakit kepala dan lainnya. Namun tentunya latihan ini harus dilakukan dengan rutin dan konsisten.

 

Baca juga: pentingnya terapi Senam Schroth. 

 

Oleh karenanya kita dapat menyimpulkan bahwa pasien dewasa masih dapat menggunakan brace GBW untuk skoliosis untuk mendapatkan perbaikan secara kosmetik dan mengurangi gejala-gejala yang ditimbulkan dari skoliosis. Dan pada kasus yang berat pemakaian brace di usia dewasa menjadi kebutuhan karena diperlukan untuk menahan agar kurva skoliosis tidak terus bertambah.

 

Contoh pasien kami usia dewasa yang memakai Brace GBW:

 

Perempuan, usia 23 tahun 

 

 

Perempuan, usia 30 tahun

 

 

 

Yuk ikut program Giveaway dan dapatkan berbagai hadiah menarik

00
Months
00
Days
00
Hours
00
Minutes
00
Seconds

Yuk ikut program Giveaway dan dapatkan berbagai hadiah menarik

WhatsApp us
X