Jangan abaikan nyeri sendi pergelangan tangan jika terjadi berulang-ulang. Karena walaupun kelihatannya sepele tapi bisa jadi itu gejala penyakit berbahaya. Salah satu penyakit yang perlu anda curigai adalah De Quervain Syndrome.

De Quervain Syndrome merupakan sebuah peradangan yang terjadi pada bagian pergelangan tangan dan ibu jari. Tak heran bila anda merasakan sakit sendi pergelangan tangan. Rasa sakit yang timbul akibat kelainan ini dapat menyebar dari ibu jari dan pergelangan tangan hingga lengan bagian bawah.

Inilah Penjelasan Lengkap Tentang Nyeri Sendi De Quervain Syndrome

Dalam artikel ini kita akan membahas secara detail tentang apa itu De Quervain Syndrome. Mulai dari gejala, penyebab sampai cara pengobatannya. Berikut ulasannya:

Gejala nyeri sendi yang timbul akibat De Quervain Syndrome

Berikut adalah beberapa gejala yang dapat timbul akibat kelainan ini selain nyeri sendi pergelangan tangan. Semua gejala yang timbul di atas bisa timbul secara perlahan ataupun mendadak.

  • Timbul rasa nyeri di bagian sendi ibu jari
  • Bengkak pada bagian dasar ibu jari
  • Sulit menggerakan ibu jari dan pergelangan tangan saat melakukan aktivitas yang melibatkan keduanya (menggenggam benda, menulis, memegang tongkat)
  • Timbul nyeri dan bengkak diseluruh pergelangan tangan

Jika anda memiliki satu atau lebih gejala berikut segera periksakan diri ke rumah sakit pilihan anda.

Hand

Penyebab De Quervain Syndrome

Hingga saat ini belum ada yang dapat menjelaskan secara pasti apa yang dapat menimbulkan kelainan tersebut, namun terdapat beberapa aktivitas/ faktor yang dapat menimbulkan kelainan tersebut. Aktivitas/ faktor yang kebanyakan dapat menyebabkan kelainan tersebut antara lain:

  • Bermain game console dengan waktu yang cukup lama (2 – 5 jam) tanpa ada jeda
  • Cedera langsung pada bagian ibu jari atau pergelangan tangan yang membuat rasa nyeri sendi pergelangan tangan.
  • Memiliki hobi berkebun atau olahraga yang menggunakan tongkat sebagai alat permainan (bulu tangkis, badminton, baseball, golf)
  • Melakukan kegiatan yang menggunakan pergelangan dan sendi secara repetitif dan berlebihan (menyulam, membuat adonan masakan)
  • Memiliki penyakit rematik
  • Memiliki riwayat cedera pada bagian pergelangan tangan ke bawah

Pergelangan

Selain aktivitas/ faktor yang mempengaruhi terdapat juga faktor resiko yang mampu mempengaruhi timbulnya kelainan ini berdasarkan orang – orang yang mengalami kelainan tersebut.

  • Usia : Orang – orang dengan rentang usia 30 – 50 cenderung memiliki resiko yang lebih besar dibandingkan dengan orang – orang di rentang usia lain nya
  • Jenis kelamin : Wanita memiliki resiko yang lebih besar daripada pria untuk mengidap kelainan ini
  • Keadaan tertentu : Wanita hamil juga beresiko mengidap kelainan ini walaupun belum ada penjelasan yang cukup
  • Pekerjaan/ Hobi : Pekerjaan/ hobi yang banyak melibatkan penggunaan pergelangan tangan dan ibu jari secara repetitif dapat meningkatkan resiko yang ada.

Diagnosis De Quervain Syndrome

Walaupun penyakit ini belum diketahui penyebab pastinya namun para dokter telah menemukan cara yang efektif untuk mendiagnosa penyakit ini. Tak hanya dengan menanyakan penyebaran nyeri sendi pergelangan tangan, tapi dokter juga akan melakukan langkah-langkah pemeriksaan berikut:

  1. Dokter akan mulai dengan meminta anda menjelaskan apa yang anda rasakan selama ini secara lengkap dan mendalam
  2. Setelah itu dokter akan menanyakan serangkaian pertanyaan yang berhubungan dengan keluhan – keluhan yang anda rasakan
  3. Pemeriksaan kemudian akan dilanjutkan dengan pemeriksaan fisik terutama pada bagian pergelangan tangan serta jari – jari.
  4. Di akhir dokter akan melakukan pemeriksaan khusus yaitu tes Finkelstein untuk mengkonfirmasi apakah anda menderita kelainan ini atau tidak

Finkelstein merupakan sebuah tes yang akan dilakukan oleh dokter dengan menekan ibu jari ke arah telapak tangan dan membungkusnya dengan keempat jari – jari yang tersisa. Kemudian akan dilanjutkan dengan menekan pergelangan tangan anda ke arah bawah. Semua hal di atas dilakukan tanpa mencederai pergelangan tangan anda namun jika anda merasakan nyeri atau sakit maka anda memiliki kelainan tersebut.

Pengobatan De Quervain Syndrome

Terdapat beberapa alternatif pilihan pengobatan yang dapat anda jalani untuk menyembuhkan kelainan ini. Tujuan utama dari pengobatan ini adalah untuk menghilangkan nyeri sendi pergelangan tangan dan area lainnya yang terdampak. Begini cara pengobatan yang biasanya dilakukan:

  • Konsumsi obat – obatan
  • Menjalankan terapi
  • Melakukan pembedahan (hanya pada kasus – kasus tertentu dimana metode pengobatan yang lain kurang ampuh)

Pencegahan De Quervain Syndrome

Selain menghindari faktor resiko kita juga dapat mencegah timbulnya kelainan ini dengan melakukan beberapa hal berikut:

  • Menghindari penggunaan pergelangan tangan dan ibu jari secara repetitif dan berlebihan
  • Mengurangi penggunaan aksesoris yang berada di area pergelangan tangan

Reference:

WebMD (https://www.webmd.com/rheumatoid-arthritis/guide/de-quervains-disease). 2020. What’s De Quervain Disease?

Mayo Clinic (https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/de-quervains-tenosynovitis/symptoms-causes/syc-20371332). 2018. De Quervain’s Tenosynovitis

Download E-book - Mengenal Skoliosis dan Terapinya

WhatsApp us
Malcare WordPress Security