Nyeri pada telapak kaki yang muncul secara tiba-tiba tanpa riwayat terjatuh atau terkilir bisa diakibatkan oleh Plantar Fasciitis. Plantar Fasciitis adalah adanya peradangan ataupun luka pada jaringan telapak kaki. Gejala- gejala yang dirasakan adalah rasa nyeri yang muncul seperti ditusuk atau tajam saat melangkah pertama kali setelah bangun tidur. Nyeri juga dapat dirasakan saat baru berdiri atau berdiri lama dan saat menaiki tangga. Keluhan nyeri terasa berkurang bahkan cenderung hilang saat melakukan aktifitas namun, muncul kembali setelah berhenti beraktifitas.

Nyeri Pada Telapak Kaki Akibat Plantar Fasciitis (Radang Jaringan Telapak Kaki)

Penyebab Plantar Fasciitis yang Membuat Nyeri Pada Telapak Kaki

Plantar Fasciitis terjadi akibat regangan berlebihan pada tendon maupun otot di daerah tumit, sehingga menyebabkan nyeri pada telapak kaki. Regangan-regangan ini dipicu oleh beberapa hal misalnya:

  1. Berat badan yang berlebih dapat memberikan tekanan atau stress sehingga menimbulkan luka atau peradangan. Semakin besar kelebihan berat badan, maka akan semakin meningkatkan resiko Plantar Fasciitis.
  2. Posisi berdiri, berjalan, berlari dalam jangka waktu yang lama. Misalnya profesi sebagai petugas keamanan, pelari marathon, traveller, dan lain-lain.
  3. Bentuk sepatu atau insol (alas sepatu/sandal) yang kurang fleksibel, atau terlalu keras/kaku.
  4. Bentuk kaki yang tidak ideal seperti Flat Foot, kaki yang terlalu melengkung dan lainnya.
  5. Penyebab radang jaringan akibat infeksi lokal jaringan otot kaki maupun sendi kaki.

Cara Meredakan Gejala Plantar Fasciitis

Keluhan- keluhan tersebut dapat diatasi melalui beberapa cara diantaranya:

  • Mengkonsumsi obat-obatan penghilang rasa nyeri seperti parasetamol, ibuprofen, dan lain-lain dan dapat juga dikombinasikan dengan anti radang atau kortikosteroid jika penyakit cukup parah.
  • Bagi anda yang kurang suka mengkonsumsi obat-obatan, dapat melakukan terapi seperti:
    • ESWT (Extra corporeal Shockwave Therapy) yaitu terapi gelombang yang dipancarkan kedalam jaringan yang sedang meradang.
    • Menggunakan insole sepatu/ alas kaki yang sesuai dengan kondisi anda terutama untuk menunjang titik yang dianggap dapat memicu Plantar Fasciitis.
    • Melakukan terapi ultrasound. Hantaran gelombang ultrasound dapat meredakan rasa nyeri, melancarkan peredaran darah dan melunakkan jaringan luka.
Nyeri Pada Telapak Kaki Akibat Plantar Fasciitis (Radang Jaringan Telapak Kaki)
Custom made Capron Insole

Spine Clinic Family Holistic menyediakan semua itu sebagai pelayanan bagi anda yang mengalami hal serupa yaitu keluhan nyeri pada telapak kaki. Melalui beberapa terapi diatas maka keluhan anda akan jauh berkurang dan akhirnya mengalami penyembuhan. Pembuatan insol sepatu yang hanya membutuhkan waktu 1 jam dan terapi ESWT atau Ultrasound yang hanya membutuhkan waktu beberapa menit akan mempersingkat waktu anda. Info lebih lengkap mengenai capron insole dapat anda baca di sini.

Download E-book - Mengenal Skoliosis dan Terapinya

Nyeri Pada Telapak Kaki Akibat Plantar Fasciitis (Radang Jaringan Telapak Kaki)
WhatsApp us
Nyeri Pada Telapak Kaki Akibat Plantar Fasciitis (Radang Jaringan Telapak Kaki)