Lutut sakit saat ditekuk merupakan suatu gangguan pada tulang yang tidak boleh diabaikan. Seperti yang diketahui bahwa lutut adalah bagian yang sangat penting pada tubuh dalam menopang berbagai posisi tubuh. Sayangnya, masih banyak orang yang menganggap sepele hal ini dan membiarkan masalah lutut ini hingga akhirnya semakin memburuk. Padahal ketika gejala sakit lutut tentunya akan membuat penderitanya akan mengalami kesulitan untuk bisa berjalan maupun berlari. Kondisi tersebut pastinya akan menganggu berbagai aktivitas sehari-hari Anda.

lutut sakit saat ditekuk
sakit lutut ketika ditekuk

Penyebab Lutut Sakit Saat Ditekuk

Untuk penyebab atau pemicu dari gejala ini sendiri sangat bermacam-macam dan tidak bisa dipukul rata begitu saja.

Secara umum perlu dibedakan dulu apakah penyebab nyeri lutut terjadi karena proses cedera akut atau proses kronis. Jika lutut nyeri karena adanya riwayat jatuh, terbentur, atau saat aktivitas berat seperti saat olahraga, maka lebih dicurigai ada cedera akut seperti fraktur atau patah tulang, robekan ligamen seperti ACL, PCL, MCL, atau robekan meniskus. Tetapi jika tidak muncul secara tiba-tiba mungkin bisa terjadi karena proses radang kronis seperti pada runner’s knee, sindroma ITB, atau karena proses degenerasi seperti adanya osteoarthritis sendi lutut / pengapuran sendi lutut.

Setelah mengetahui penyebab sakit lutut ketika ditekuk, selanjutnya baru kita pelajari cara mengatasinya.

Inilah Cara Mengatasi Sakit Lutut Saat Ditekuk

Apapun penyebabnya, maka pastinya Anda ingin mengobati gejala sakit lutut saat ditekuk. Penanganan utama adalah dengan konsep RICE: Rest, Ice, Compression dan Elevation seperti berikut ini:

1. Istirahatkan Lutut Sakit Saat Ditekuk Terlebih Dulu

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi gejala lutut sakit saat ditekuk adalah mengistirahatkan lutut terlebih dulu. Kesalahan banyak orang ketika mengalami gejala ini adalah tidak menghiraukan rasa sakit tersebut dan lebih memilih untuk melanjutkan aktivitas yang dimiliki. Sayangnya, keputusan tersebut hanya akan membuat gejala tersebut semakin parah.

Apabila sudah parah maka, bisa dipastikan bahwa rasa sakit yang dirasakan intensitasnya juga semakin tinggi. Bagi Anda yang tidak ingin mengalami hal tersebut maka sangat disarankan guna mengistirahatkan lutut terlebih dulu. Mulai dari menghentikan berbagai aktivitas yang ada hingga menghindari aktivitas yang memiliki risiko untuk mengangkat berbagai benda berat.

Gejala sakit lutut saat ditekuk ini harus diberi pertolongan pertama secepatnya. Dengan pertolongan pertama yang cepat maka kondisinya tidak semakin parah ataupun memburuk. Jadi lebih baik untuk segera mengistirahatkan kaki terlebih dulu guna menghindari berbagai hal ataupun efek samping yang tidak diinginkan.

2. Kompres Menggunakan Air Dingin

Apabila Anda sudah mengistirahatkan lutut sakit saat ditekuk maka, jangan berhenti sampai disitu saja. Namun ada baiknya untuk mengambil tindakan selanjutnya guna lebih meringankan rasa sakit dari sakit lutut tersebut. Tindakan selanjutnya yang bisa diambil adalah mengompres bagian lutut yang sakit menggunakan air dingin.

Jangan sampai salah menggunakan air panas ataupun air hangat. Soalnya kedua jenis air tersebut tidak akan memberikan efek yang terlalu baik pada rasa sakit yang sedang diterima. Apabila Anda sudah memastikan menggunakan air dingin maka kompres pada bagian sakit antara 10 hingga 15 menit. Kompres dingin dapat diulang 3-5x per hari. Jika sudah merasa baikan, maka Anda bisa melepaskan kompresi dingin itu.

3. Tinggikan Lutut yang Sakit

Cara berikutnya yang bisa dipraktekan untuk mengatasi sakit lutut saat ditekuk adalah dengan meninggikan lutut yang sakit. Untuk cara yang satu ini sendiri memang sudah lama dijadikan solusi atas masalah lutut yang mengalami cedera atau sakit. Dalam melakukan hal ini sendiri bisa dilakukan dengan beberapa cara yang bisa dipraktekan.

Salah satu cara yang paling disarankan untuk melakukannya adalah cukup menambahkan bantal pada area kaki untuk membuat kaki berada lebih tinggi daripada tubuh. Lakukan posisi lutut yang tinggi ini dalam beberapa menit. Apabila Anda sudah merasa sedikit baikan, maka Anda sudah bisa mulai menurunkan lutut tersebut kembali seperti kondisi yang semula.

4. Lilitkan Perban untuk Memberi Tekanan

Salah satu dampak buruk dari lutut sakit saat ditekuk adalah membuat lutut menjadi bengkak apabila dibiarkan terlalu lama. Bagi Anda yang tidak ingin mengalami hal tersebut maka sangat disarankan untuk segera untuk memberikan tekanan pada rasa sakit tersebut. Untuk bisa melakukannya maka Anda bisa menggunakan perban guna perban yang dililitkan.

Perban tersebut lilit tepat pada bagian lutut yang terasa sakit atau nyeri. Meski begitu, Anda juga jangan sembarangan dalam melilitkannya. Terutama Anda jangan sampai melilitkannya terlalu keras. Soalnya apabila melilitkannya Terlalu Keras Maka bisa mengakibatkan pembengkakan pada lutut. Alih-alih sembuh, yang ada rasa sakit malah akan bertambah.

Apa yang harus dilakukan bila Sakit Lutut masih dirasakan?

Sedangkan apabila nyeri lutut masih dirasakan dengan cara di atas, maka Anda dapat mengatasi sakit lutut ketika ditekuk dengan minum obat pereda nyeri. Obat pereda nyeri dapat membantu mengatasi proses peradangan berlebihan, sehingga kerusakan pada jaringan tidak semakin bertambah, dan juga tentunya memberi kenyamanan bagi penderitanya. Tetapi tentunya tidak dapat dijadikan solusi satu-satunya, karena apabila nyeri lutut masih terus dirasakan perlu dicari penyebab pastinya, dan mungkin membutuhkan penanganan lebih lanjut oleh dokter, agar mendapatkan pemeriksaan dan penanganan ahlinya.

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda lebih paham tentang cara mengobati gejala lutut sakit saat ditekuk. Jika Anda membutuhkan penanganan lebih lanjut Spine Clinic siap membantu Anda.

Download E-book - Mengenal Skoliosis dan Terapinya

WhatsApp us
Malcare WordPress Security