0 Items

Lutut memiliki sendi engsel yang memungkinkan pergerakan satu arah. Dengan meluruskan atau menekuk, lutut berusaha untuk menopang berat badan tubuh. Secara tidak langsung, saat seseorang berdiri, tumpuan ada pada lutut. Selain itu, lutut dapat membantu pergerakan seseorang dalam berjalan, berlari, naik turun tangga, dan berolahraga. Namun, tak jarang orang yang mengalami gangguan pada sendi lutut atau knee joint. Apa saja yang sering menyebabkan gangguan sendi lutut?

gangguan pada sendi lutut
knee joint/ nyeri lutut

Inilah 5 Jenis Gangguan Pada Sendi Lutut atau Knee Joint

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan terjadi gangguan pada sendi lutut, seperti faktor keturunan, faktor bawaan sejak lahir, cedera dan lain sebagainya. Gangguan sendi lutut membuat seseorang kesulitan dalam melakukan aktivitas. Bahkan, untuk berjalan mungkin membutuhkan bantuan.

Osteoarthritis Knee / Pengapuran Lutut

Osteoarthritis knee / pengapuran lutut / nyeri lutut bisa menyerang siapa saja, tetapi terjadi terutama pada pasien usia lanjut. Penyakit ini merupakan penyakit yang paling umum pada sendi di mana tulang rawan mengalami kerusakan karena overuse seiring usia.

Penderita Osteoarthritis Knee / pengapuran lutut seringkali merasakan nyeri pada lutut yang meningkat saat aktivitas, bengkak, rasa hangat, dan kekakuan saat menggerakkan sendi. Jika Anda sering mengalami rasa nyeri atau sakit berkepanjangan pada lutut, Anda sebaiknya memeriksakan ke dokter.

Gangguan Pada Sendi Knock Knee (Kaki X)

Salah satu jenis terjadinya gangguan pada sendi lutut disebabkan oleh kaki yang berbentuk X. Jenis gangguan knee joint / gangguan sendi lutut ini bisa dilihat saat anak memasuki umur 4 tahun dan akan kembali lurus saat berusia 6 sampai 7 tahun. Namun, ada beberapa kondisi yang harus segera diperiksakan, seperti jika kelainan menetap, timbul rasa sakit, terjadi hanya satu kaki, dan jarak antar kedua kaki lebih dari 8 cm saat berdiri.

Beberapa faktor yang menjadi penyebab seseorang mengalami gangguan persendian ini adalah infeksi tulang, obesitas, kelainan genetik, dan radang sendi. Selain itu, penyakit rakitis juga bisa menyebabkan seseorang mengalami hal tersebut. Penyakit ini bisa diatasi dengan mengkonsumsi suplemen, melakukan fisioterapi, sampai melakukan operasi.

Genu Varum / Kaki O

Genu Varum merupakan sebutan untuk penyakit kaki O. Penyakit ini terjadi akibat kedua tungkai melengkung ke arah luar dan membentuk huruf O. Dibandingkan dengan kaki X, kaki O lebih sering terjadi pada anak-anak. Jenis gangguan sendi lutut ini biasanya terjadi pada bayi atau balita. Saat balita memasuki umur 12 sampai 18 bulan, biasanya dapat membaik sediri dan normal. Akan tetapi, jika berlanjut dan anak merasa lemas, lunglai, dan bengkok pada satu kaki maka harus diperiksa.

Terdapat beberapa penyakit kaki O yang bisa menyerang anak-anak, seperti penyakit blount, penyakit paget, rakitis, dan dwarfisme. Untuk mencegah seorang anak mengalami penyakit kaki O, Anda perlu memenuhi nutrisi vitamin D dan menjaga berat badan pada anak.

Runner’s Knee / Patellofemoral Pain Syndrome / Anterior

Gangguan persendian yang sering terjadi adalah Runner’s Knee. Penyakit ini biasanya semakin sakit saat selesai berlari. Dalam dunia medis atau kedokteran, gangguan Runner’s Knee disebut sebagai Patellofemoral Pain Syndrome. Atau yang biasa disingkat menjadi PFPS. Penyakit ini sering kali menyerang atlet lari.

Selain berlari, ada beberapa yang menjadi faktor penyebab lainnya. Contoh, menaiki tangga, bersepeda, squat, berjalan terlalu lama, dan duduk sepanjang hari. Hal ini dikarenakan PFPS terjadi akibat adanya gesekan secara berulang kali dan kartilago yang berlebihan. Tidak hanya itu, seseorang yang terjatuh dan mengenai lutut sebagai titik tumpu juga bisa mengalami ini.

Seseorang yang mengalami gangguan pada sendi ini akan merasa sakit dan nyeri pada bagian tempurung. Biasanya gejala terjadi secara perlahan. Untuk itu, meski Anda hanya merasa sedikit rasa nyeri ada baiknya untuk memeriksakan diri. Karena semakin lama dibiarkan, rasa sakit akan menjadi-jadi dan mengganggu aktivitas.

Iliotibial Band Syndrome / ITB Syndrome / Nyeri Lutut Bagian Luar

Jenis knee joint / gangguan pada sendi lutut yang terakhir adalah ITB Syndrome. Penyakit ini terjadi karena jaringan ikat menjadi sangat ketat dan menggosok tulang bagian paha. Seseorang yang sering melakukan lari jarak jauh akan sering mengalami hal ini. Gejala yang muncul adalah rasa panas antara luar lutut dan paha bawah.

Apabila gejala gangguan persendian tersebut disepelekan dan dibiarkan, maka rasa nyeri akan terasa sangat menusuk. Bahkan bisa mengakibatkan pembengkakan pada bagian lutut. Jika sudah parah, mengatasi penyakit ini bisa menggunakan operasi. Jika masih biasa saja bisa mengonsumsi obat-obatan atau melakukan fisioterapi.

Itulah beberapa jenis gangguan pada sendi lutut atau knee joint yang sering terjadi. Ketika rasa nyeri muncul mulai sering, ada baiknya untuk memeriksakan diri. Agar nantinya penanganan lebih mudah dilakukan. Alhasil, tingkat kesembuhan lebih cepat diraih.

WhatsApp us