Nyeri Siku

Hampir setiap saat semua aktivitas yang kita lakukan menggunakan persendian di siku kita. Tentu jika siku kita mengalami kelainan akan menimbulkan rasa sakit yang mampu menghambat aktivitas kita sehari – harinya.

Awalnya semua jenis kelainan yang menyebabkan nyeri di siku ini hanya diamati pada para atlet sehingga nama berbagai kelainan ini dicetuskan berdasarkan atlet yang paling sering mengalami kelainan tersebut. Namun kelainan ini bisa juga dialami oleh setiap orang (terutama ibu rumah tangga) selain atlet tanpa terkecuali jika melakukan aktivitas – aktivitas serupa yang para atlet lakukan.

Berikut adalah beberapa jenis penyakit yang menjadi penyebab tersering dalam menimbulkan rasa nyeri di siku.

Tennis Elbow

Merupakan sebuah kondisi yang menyebabkan rasa nyeri di siku yang sering dialami oleh atlet – atlet olahraga yang sering menggunakan lengan mereka.

Nyeri Siku

Gejala Tennis Elbow

Kelainan ini sering tidak diatasi karena gejala yang kurang spesifik dan biasanya sering dihiraukan. Jika tidak ditangani rasa sakit yang muncul lama kelamaan bisa bertambah parah.

Rasa sakit yang timbul bisa merambat dari sisi luar siku hingga lengan dan pergelangan tangan. Selain timbul rasa sakit kelainan ini juga akan menyebabkan kelemahan otot sehingga sulit untuk melakukan beberapa aktivitas berikut:

● Memegang gelas minuman

● Memutar atau menekan gagang pintu

● Berjabat tangan atau menggenggam benda

Perlu segera dilakukan pemeriksaan dengan dokter jika rasa nyeri yang ada tidak hilang setelah melakukan kompress dengan es batu dan diistirahatkan.

Penyebab Tennis Elbow

Penyebab utama kelainan ini adalah penggunaan berlebihan pada siku dan otot – otot sisi dalam lengan sehingga menyebabkan cedera dan sobek pada otot – otot lengan.

Sesuai dengan namanya, pemain tenis biasanya adalah penderita paling banyak yang mengalami kelainan ini. Namun selain pemain tenis berikut adalah beberapa beberapa aktivitas yang dilakukan orang – orang secara umum yang juga mampu menyebabkan kelainan ini.

● Melukis

● Menggunakan obeng

● Memotong daging

● Menggunakan mouse komputer berlebihan

● Menggunakan alat – alat untuk membetulkan pipa saluran air

Golfer’s Elbow

Serupa dengan kelainan sebelum nya, kelainan ini juga menyebabkan rasa nyeri serta sering dialami oleh para atlet. Namun berbeda dengan yang sebelumnya, atlet yang sering menderita kelainan ini adalah atlet yang banyak menggunakan pergelangan tangan dan mengepalkan tangan mereka.

Nyeri siku golf

Gejala Golfer’s Elbow

Berikut adalah beberapa gejala yang mampu ditimbulkan dari penyakit ini. Segera lakukan pemeriksaan dengan dokter jika anda menjumpai beberapa gejala berikut.

● Timbul rasa nyeri pada sisi bagian dalam siku yang merambat hingga sisi bagian dalam lengan dan diperparah saat melakukan aktivitas tertentu (bisa bersifat mendadak atau berangsur – angsur semakin parah

● Siku menjadi kaku dan timbul rasa sakit saat sedang mengepalkan tangan

● Tangan dan pergelangan tangan anda menjadi lebih lemah dari sebelumnya

● Timbul sensasi menggelitik atau mati rasa (kebas) pada jari manis dan kelingking

● Siku menjadi panas dan anda mengalami demam

● Anda tidak bisa menekuk siku anda

Penyebab Golfer’s Elbow

Penggunaan otot – otot lengan sisi luar yang berlebihan menjadi penyebab utama dari kelainan ini. Kerusakan yang ditimbulkan hingga menyebabkan kelainan ini tidak diakibatkan oleh penggunaan sekali atau dua kali saja namun penggunaan secara berulang dan berlebihan.

Selain pemain golf yang menjadi penderita utama nya terdapat beberapa olahraga atau aktivitas lain yang juga mampu menyebabkan penyakit ini. Olahraga atau aktivitas tersebut antara lain:

● Olahraga yang melibatkan kegiatan melempar (baseball, panahan, lembing dan olahraga serupa)

● Olahraga angkat berat (angkat berat yang menggunakan teknik – teknik tertentu seperti deadlift, bench press dan teknik serupa)

● Kegiatan yang menggunakan lengan berulang dan memberikan tekanan yang besar (pekerja bangunan, tukang kayu, pandai besi dan pekerjaan yang serupa)

Nyeri Siku

Bursitis

Kelainan ini merupakan sebuah peradangan yang terjadi pada bantalan sendi, tulang dan otot. Bantalan pada sendi adalah salah satu bantalan yang paling sering mengalami peradangan.

Gejala Bursitis

Kelainan ini mampu menimbulkan beberapa gejala yang cukup khas, untuk itu jika anda mengalami beberapa gejala berikut segera lakukan pemeriksaan di rumah sakit atau klinik terdekat.

● Timbul rasa gatal atau kaku pada siku

● Nyeri mendadak saat anda menggunakan siku atau saat siku anda tertekan (rasa nyeri seperti tertusuk atau tertembak)

● Siku menjadi bengkak dan memerah

● Timbul rasa sakit luar biasa pada siku yang membuat tidak mau menggunakan siku

● Tidak bisa menggerakan siku secara mendadak

● Muncul memar atau ruam pada sekitar siku

● Muncul demam

Penyebab Bursitis

Terdapat beberapa penyebab yang mampu menimbulkan kelainan ini. Cedera atau adanya riwayat trauma pada bagian sendi mampu menyebabkan timbulnya kelainan ini.

Selain itu infeksi akibat luka juga bisa menyebabkan kelainan ini jika luka berada di sekitar siku. Namun penyebab tersering dari kelainan ini adalah gerakan – gerakan berulang dan posisi yang menekan siku sehingga menyebabkan terjadinya peradangan pada bantalan siku. Contoh gerakan – gerakan yang dilakukan berupa:

● Bersandar menggunakan siku

● Gerakan – gerakan berlutut yang berlebihan seperti sedang menggosok lantai atau menyusun barang di lantai

● Mengangkat benda hingga melebih posisi kepala

Referensi:

1. Mayo Clinic (https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/tennis-elbow/symptoms-causes/syc-20351987). 2019. Tennis Elbow

2. Mayo Clinic (https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/golfers-elbow/symptoms-causes/syc-20372868). 2018. Golfer’s Elbow

3. Mayo Clinic (https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/bursitis/symptoms-causes/syc-20353242). 2017. Bursitis

Download E-book - Mengenal Skoliosis dan Terapinya

WhatsApp us
Malcare WordPress Security