Pentingnya dukungan skoliosis untuk anak adalah untuk memberikan mereka rasa kepercayaan diri, kenyamanan, dan bantuan yang diperlukan saat menghadapi tantangan fisik, emosional, dan sosial yang terkait dengan kondisi mereka. Dukungan skoliosis untuk anak yang kuat membantu anak-anak merasa didukung dan diterima di lingkungan mereka, memungkinkan mereka untuk menjalani kehidupan sehari-hari dengan lebih baik, dan meningkatkan kualitas hidup mereka secara keseluruhan.

Dukungan skoliosis untuk anak dari keluarga, teman, sekolah, dan komunitas membantu mengurangi stres dan kecemasan yang mungkin dirasakan anak-anak dengan skoliosis, serta membantu mereka mengatasi perasaan rendah diri atau isolasi sosial yang dapat timbul akibat kondisi tersebut. Dengan adanya dukungan skoliosis untuk anak yang kuat, anak-anak dapat merasa lebih nyaman untuk mencari perawatan medis yang diperlukan, menghadapi proses pengobatan dengan lebih positif, dan mengatasi hambatan yang mungkin mereka hadapi sepanjang perjalanan mereka dengan skoliosis.

dukungan skoliosis untuk anak

Pengenalan Tentang Skoliosis

Skoliosis adalah sebuah kelainan pada tulang belakang yang ditandai dengan adanya kelengkungan abnormal pada sumbu lateral (ke samping). Pada individu yang mengalami skoliosis, tulang belakangnya membentuk kurva yang tidak biasa, yang dapat terlihat seperti huruf “S” atau “C” ketika dilihat dari belakang. Kelengkungan ini dapat terjadi pada berbagai bagian tulang belakang, mulai dari leher hingga pinggul.

Skoliosis dapat memengaruhi individu dari segala usia, termasuk anak-anak dan remaja. Sebagian besar kasus skoliosis terjadi selama masa pertumbuhan anak-anak, terutama selama masa remaja saat pertumbuhan tulang belakang sedang berlangsung dengan cepat.

Skoliosis pada anak dapat berkembang secara bertahap selama bertahun-tahun tanpa gejala yang jelas. Oleh karena itu, penting bagi anak-anak untuk menjalani pemeriksaan fisik secara teratur, terutama saat melakukan pemeriksaan kesehatan rutin atau pemeriksaan skoliosis yang direkomendasikan oleh dokter anak atau dokter spesialis tulang belakang.

Pentingnya Dukungan Skoliosis untuk Anak

Penting bagi anak yang mengalami skoliosis untuk mendapatkan dukungan dari keluarga karena dukungan tersebut dapat memiliki dampak positif yang signifikan pada kesejahteraan fisik, emosional, dan sosial mereka. Berikut adalah beberapa alasan mengapa dukungan keluarga sangat penting bagi anak yang mengalami skoliosis:

  1. Meningkatkan Kepercayaan Diri: Dengan dukungan skoliosis untuk anak yang kuat dari keluarga, anak dapat merasa lebih percaya diri dalam menghadapi tantangan yang mungkin timbul akibat skoliosisnya. Dukungan skoliosis untuk anak ini membantu mereka merasa lebih mampu mengatasi kesulitan dan mengembangkan rasa percaya diri yang kuat.
  2. Meningkatkan Kepatuhan pada Perawatan: Anak-anak yang merasa didukung oleh keluarga cenderung lebih patuh terhadap rencana perawatan yang direkomendasikan oleh dokter atau terapis mereka. Dukungan skoliosis untuk anak dari keluarga dapat membantu menjaga motivasi anak untuk melakukan latihan-latihan terapi, mengikuti perawatan medis, dan mengikuti rekomendasi dokter.
  3. Mengurangi Stres dan Kecemasan: Dengan memiliki dukungan yang solid dari keluarga, anak-anak dapat merasa lebih aman dan nyaman dalam mengungkapkan perasaan stres, kecemasan, atau ketakutan yang mungkin mereka rasakan terkait dengan kondisi skoliosis mereka. Keluarga dapat memberikan dukungan emosional yang diperlukan untuk membantu mereka mengatasi perasaan tersebut.
  4. Meningkatkan Kualitas Hidup: Dukungan keluarga dapat membantu meningkatkan kualitas hidup anak dengan skoliosis dengan menciptakan lingkungan yang positif dan mendukung. Hal ini dapat membantu anak merasa lebih bahagia, lebih nyaman, dan lebih mampu mengatasi tantangan yang dihadapinya sehari-hari.
  5. Meningkatkan Penyesuaian Sosial: Dukungan keluarga membantu anak merasa diterima dan didukung di lingkungan sosial mereka, yang dapat membantu meningkatkan penyesuaian sosial mereka dan mengurangi risiko terjadinya isolasi atau perasaan tidak diinginkan.

Dengan demikian, dukungan yang diberikan oleh keluarga sangat penting dalam membantu anak-anak mengatasi tantangan yang mungkin timbul akibat skoliosis mereka, dan membantu mereka mencapai potensi maksimal dalam mengelola kondisi tersebut.

Bagaimana Memberi Dukungan Skoliosis untuk Anak memakai Brace Skoliosis GBW?

Ini sering menjadi masalah bagi orang tua yang ingin memakaikan brace kepada anaknya. Memang Brace GBW sudah menjadi solusi bagi anak dengan scoliosis. Bagi anak berusia 10-12 tahun maka Brace GBW menjadi SOLUSI scoliosis tanpa operasi (non surgery) yang sudah berhasil terbukti secara medis. Akan tetapi dukungan dan support terbesar bagi pasien scoliosis tetap berada di rumah Anda sendiri.

Baca Artikel: “Bagaimana seharusnya melihat Brace Scoliosis GBW?”

Sebagai orang tua pasti sudah terbayang apa-apa saja yang diperlukan Anak dan apa saja yang menjadi tantangannya. Apa support yang diperlukan Anak?

  1. Bangun rasa percaya dirinya

Puji dia ketika melakukan hal yang benar, sekecil apapun itu. Jangan menegur ataupun memarahi anak di depan umum, disiplin dan bicara tegas secara privasi. 

Jangan membandingkan dirinya dengan anak lain, “kok kamu ga seperti dia rajin pakai brace?”, tapi bisa memotivasi anak dengan berkata,  “kalo dia bisa kamupun bisa Nak.” Beda tipis pendekatannya tapi hasilnya beda sekali.

  1. Bangun komunikasi yang intens dengan anak

Cari tau apa sih kendala atau ketakutan dia, apa sih kekuatiran terbesar dia? Lalu beritahu fakta dan kondisi yang sebenarnya, temani mereka memikirkan ternyata scoliosis dan brace itu tidak terlalu menakutkan dan seseram yang dibayangkan. Bila Anda menginginkan anak atau generasi kelas A maka harus memberikan parenting atau menjadi orang tua yang kelas A juga. Jangan berikan tugas parenting kepada guru, dokter ataupun suster yang merawat Anak Anda. Anda harus yang menjadi orang tua dan bertanggung jawab atas tugas parenting tersebut: seperti pendampingan, mendengarkan keluh kesah, menjadi teman baiknya, tau siapa teman baiknya dan bukan, mengerti apa yang menjadi cita-cita dan kekuatan anak Anda. Mari kita menjadi orang tua yang baik.

  1. Sediakan apa yang menjadi kebutuhannya

Jangan ignorance and menjadi cuek atau beranggapan anak akan bisa dengan sendirinya. Sediakan apa yang diperlukannya, misalnya baju apa yang diperlukan, bagaimana penampilannya? (ingat memberikan pujian) Sediakan waktu dan kehadiran Anda di sisinya. Untuk pemakaian brace, sangat perlu diperhatikan kesehatan kulitnya. Oleh karena itu memerlukan pakaian dalam (singlet tipis berlengan pendek) carilah yang berwarna putih dan siapkan 6-12 stel agar sang anak bisa menggantinya 3-4x setiap hari bila berkeringat.

Tips untuk perawatan kulit: Mandi sehari 2x, Oleskan terdahulu alkohol 70% di bagian kulit yang akan terkena kontak dengan brace, sehingga kulit tetap kering, dingin dan kencang ketika memakai brace untuk menghindari perputaran brace yang menggesek kulit. Bila kulit tidak tahan terhadap alkohol, gunakan tepung maizenaBila kulit terdapati merah-merah ataupun lecet ketika memakai brace, bersihkan dengan antiseptik dan berikan salep betadine ataupun bioplasenton, Jangan menggunakan pelembab / lotion ataupun bedak sebelum memakai brace karena itu akan membuat pori kulit tertutup dan panas ketika menggunakan brace sehingga mudah melepuh. Bila terdapat gatal-gatal atau biang keringat, bisa menggunakan caladine cair. Bila masalah kulit masih berlanjut konsultasikan dengan dokter kulit.

  1. Berikan perhatian dan pelukan ketika sang Anak memerlukannya.

Selalu ada berkat terselubung, blessing in disguise ketika Anda melakukan semua PR ini, banyak yang berkata menjadi lebih dekat dengan anaknya dan bisa menjadi seperti teman bagi anaknya. Anak juga menjadi jauh lebih percaya diri dan tahan akan bullying, sehingga menjadi pribadi yang tangguh.

  1. Komunikasikan ke Wali kelas, guru BP dan teman-teman terdekatnya,

Bila brace ini memerlukan waktu pemakaian 22 jam setiap hari dan ini sifatnya sementara sehingga diharapkan semua pihak memberikan perhatian dan dukungan skoliosis untuk anak dari sisi moral agar anak bisa terus memakainya. Saya yakin dengan adanya inner circle yang memberi dukungan skoliosis untuk anak, maka anak akan percaya diri dan merasa aman.

Brace skoliosis GBW menjadi SOLUSI scoliosis tanpa operasi (non surgery) yang sudah berhasil terbukti secara medis. Akan tetapi dukungan skoliosis untuk anak dan support terbesar bagi pasien scoliosis tetap berada di rumah Anda sendiri.

Ikuti Juga Gatheringnya agar anak lebih rajin lagi dalam latihan dan memakai Brace GBW serta sukses masa depannya :

Download E-book - Mengenal Skoliosis dan Terapinya

WhatsApp us
Malcare WordPress Security