Bamboo Spine

Bamboo Spine adalah sebuah penyakit radang yang menyerang tulang belakang manusia. Penyakit ini bersifat progresif sehingga akan terus bertambah parah setiap hari nya serta menyebabkan satu per satu bagian dari tulang belakang manusia menyatu.

Hal tersebut akhirnya menyebabkan tulang belakang manusia menjadi lebih kaku dan menjadi lurus seperti batang pohon bambu.

Gejala Bamboo Spine

Karena bersifat progresif maka gejala yang timbul bisa bervariasi letaknya namun memiliki urutan yang sama. Gejala akan selalu dimulai dengan timbul rasa nyeri dan kaku pada area tubuh yang mengalami kelainan terutama pada pagi hari atau waktu sedang beristirahat.

Gejala kemudian akan diikuti dengan timbulnya rasa lelah berlebih dan rasa nyeri dengan durasi yang lebih lama. Berikut adalah beberapa area yang akan terpengaruhi akibat kelainan ini:

● Persendian pinggang

● Persendian tulang rusuk

● Persendian leher

● Persendian tulang belakang

Penyebab Bamboo Spine

Penyebab pasti penyakit ini hingga saat ini masih belum bisa dipastikan namun melalui serangkaian penelitian diperkirakan faktor genetik memiliki pengaruh dalam terjadinya penyakit ini. Orang – orang yang memiliki mutasi/ kelainan genetik memiliki resiko yang lebih besar untuk mengidap penyakit ini.

Walaupun begitu data – data menunjukan hanya sebagian orang dengan kelainan genetik yang mengidap penyakit ini. Selain pengaruh genetik juga terdapat beberapa faktor resiko yang memicu terjadinya penyakit ini.

● Usia (Usia remaja akhir hingga dewasa muda adalah rentang usia yang paling beresiko untuk mengidap penyakit ini)

● Jenis Kelamin (Laki – laki lebih berpotensi terjangkit penyakit ini dibanding wanita)

Terapi Biological Agent

Agen biologis merupakan sebuah protein yang didapat dari makhluk hidup (manusia/bakteri/virus) dan kemudian dimodifikasi secara genetik agar dapat menyerupai fungsi biologis manusia. Terapi menggunakan agen biologis biasanya dilakukan untuk mengatasi penyakit – penyakit yang menyebabkan peradangan.

Dalam kaitan nya dengan penyakit Bamboo Spine terapi ini mampu mengatasi peradangan yang disebabkan oleh bamboo spine. Walaupun penyakit tersebut tidak dapat sembuh namun gejala – gejala yang ada dapat diperingan dengan menjalani terapi ini.

Cara Kerja Terapi Biological Agent

Hingga saat ini jenis agen biologis yang dapat dipakai tidak banyak sehingga sebelum menjalani terapi dokter anda akan melakukan beberapa uji terlebih dahulu dengan tujuan mencari agen biologis yang paling tepat untuk digunakan oleh penderita.

Setelah mendapatkan agen biologis yang cocok maka dokter akan memberikan terapi tersebut kepada anda dan terus dimonitor hingga 3 bulan kedepan.

Jika gejala – gejala yang timbul perlahan berkurang dan keadaan pasien membaik maka dokter akan terus menggunakan agen biologis yang sama atau bahkan mengganti dengan yang lebih baik jika seiring proses monitor dokter mempersiapkan agen biologis lain nya.

Agen biologis hanya dapat diberikan lewat suntikan atau infus karena agen biologis harus masuk ke dalam pembuluh darah. Jumlah pemberian agen biologis bervariasi tergantung dari jenis agen biologis yang dipakai, jenis penyakit yang diderita dan tingkat pengobatan yang dijalani.

Manfaat Terapi Biological Agent pada Penderita Bamboo Spine

Terdapat beberapa manfaat yang diberikan dengan menjalankan terapi agen biologis dibanding menjalani terapi lain nya. Pertama karena agen biologis ini tidak bersifat kimia atau buatan maka efek samping yang ditimbulkan tidak berbahaya dan dapat dicegah.

Kemudian karena penyakit ini menyebabkan peradangan dengan menjalani terapi ini kita dapat mencegah peradangan sebelum terjadi. Itu disebabkan oleh agen biologis yang mampu menekan faktor – faktor yang memicu terjadinya peradangan sehingga peradangan juga dapat dicegah.

Untuk itu menjalani terapi agen biologis untuk mengurangi gejala dari penyakit ini terbukti lebih baik dibanding terapi lain nya.

Referensi:

Mayo Clinic (https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/ankylosing-spondylitis/symptoms-causes/syc-20354808). Ankylosing Spondylitis. 2019

Healthline (https://www.healthline.com/health/beyond-back-pain-with-as/biologic-options#1). Biologis for AS: What Are Your Options?. 2018

Everyday Health (https://www.everydayhealth.com/hs/ankylosing-spondylitis-treatment-management/how-biologics-work/#:~:text=Genetically%20engineered%20from%20living%20organisms%2C%20biologics%20are%20the%20newest%20type,which%20target%20the%20immune%20system.). What You Need to Know About Biologics for Ankylosing Spondylitis. 2020