Permasalahan kelainan tulang kaki X atau yang dikenal genu valgum ataupun kaki O yang disebut genu varum dapat terjadi pada usia anak-anak hingga dewasa. Pada umumnya anak-anak hingga berusia sampai 10 tahun memiliki kemungkinan memiliki kaki yang tidak sepenuhnya normal lurus.

Apa itu kelainan tulang kaki X dan kaki O?

Kaki X / Knocked Knee

Jika pada saat Anda berdiri tegak bagian ankle (pergelangan kaki) tidak bisa menyatu dan terdapat jarak atau gap di bagian tibia (tulang kering) serta kedua lutut bersentuhan, maka kondisi ini dinamakan kelainan tulang kaki X atau knocked knee.

Pada kondisi sakit tulang lutut tipe X ini anak-anak lebih rentan jatuh dan pergerakan dalam berjalan dan aktifitas lebih terbatas. Jika tidak dikoreksi maka beban pada bagian kaki ketika berjalan lebih berat dan tidak seimbang maka dapat membuat lekukan pada telapak kaki menjadi rusak dan gangguan pada persendian kaki.

Kaki O / Bow leg

Jika pada bagian tibia (tulang kering) sedikit melengkung dan bagian paha tidak menyatu tetapi pada ankle (pergelangan kaki) menyatu ketika kaki dirapatkan maka dapat disebut kelainan tulang kaki O atau bow leg.

Kelainan tulang ini sering terjadi pada anak-anak tetapi tidak terlalu buruk. Tetapi jika dibiarkan menahun dan dalam jangka waktu yang lama maka bagian tulang tibia akan bergerak kearah luar (lateral) dan  miring sehingga beban tubuh kearah kaki menjadi lebih berat dan tidak seimbang dan akan membuat lekukan pada telapak kaki menjadi lebih datar.

kelainan tulang kaki

Mengapa anak-anak bisa mengalami kelainan tulang kaki X dan kaki O?

Ada beberapa kondisi penyebab sakit tulang lutut kaki X dan kaki O pada anak-anak. Selain itu, kondisi ini juga berpengaruh pada kesehatan tulang dan aktivitas anak-anak, berikut penjelasannya.

Penyebab pola kaki X

  1. Rikketsia, kondisi pertumbuhan tulang yang terganggu karena kekurangan vitamin D atau kalsium yang penting untuk membentuk matriks tulang. Sehingga saat anak mulai menopang beban tubuh terjadi pembengkokkan tulang tungkai membentuk seperti huruf X.
  2. Beban tubuh berlebih
  3. Riwayat infeksi tulang
  4. Faktor genetik

Penyebab pola kaki O

  1. Rikketsia, sama seperti pada pola kaki X, kekurangan vitamin D dan kalsium juga dapat menyebabkan pola kaki O.
  2. Blount disease. Hal ini terjadi karena adanya kelainan pertumbuhan tulang yang menyebabkan salah satu sisi lempeng tulang mengalami pertumbuhan lebih cepat dibanding sisi satunya dan terjadi panjang tulang yang membengkok.
  3. Kondisi lain yang mempengaruhi pertumbuhan tulang lain seperti adanya riwayat cedera, infeksi dan juga tumor.

Bentuk kelainan tulang kaki X dan kaki O ini sering kurang diperhatikan sampai pasien berusia dewasa karena tidak selalu disadari, sehingga dapat menimbulkan permasalahan pada lutut dan pinggang.

Solusi untuk Kaki X atau Kaki O

Salah satu solusi permasalahan pada kaki X dan O salah satunya adalah menggunakan sepatu khusus atau alat bantu orthotik seperti insole yang dipakaikan di dalam sepatu untuk memperbaiki fungsi abnormal. Perbaikan Kaki X atau Kaki O dilakukan paling baik saat masa pertumbuhan awal, karena pada usia dewasa sudah tidak dapat diubah.

Tetapi karena kaki X atau kaki O dapat menimbulkan keluhan di kemudian hari tetap lebih baik ditangani jika menimbulkan gejala yang mengganggu aktivitas sehari-hari. Insole diperlukan jika kondisi kaki di atas mulai memberikan gejala seperti sakit pada kaki, lutut, hingga pada pinggang. Insole juga bermanfaat pada populasi yang memiliki tingkat aktivitas berat seperti atlet atau yang banyak berjalan sehari-harinya seperti koki, sales, dsb.

Insole merupakan pengobatan yang efektif untuk menghilangkan sakit, bersifat konservatif dan aman untuk kondisi permasalahan kaki X dan O, serta berbagai kelainan bentuk kaki lainnya.

Capron Insole untuk mengatasi Kaki X atau Kaki O

Insole dapat dipakaikan pada anak- anak serta dewasa dan baiknya dibuat menyesuaikan kebutuhan kaki pasien dengan menggunakan teknologi komputerisasi seperti custom made insole by capron podologie dari Perancis yang sudah tersedia di klinik kami. Capron Podologie merupakan klinik podiatri terpercaya di Perancis yang sudah berusia lebih dari 100 tahun. Berbagai teknik dan bahan yang digunakan telah teruji memberi manfaat dengan kualitas terbaik.

Proses pembuatan insole Capron Podologie sangat presisi karena dilakukan oleh orthotik berpengalaman dan dengan alat pengukuran dan pembuatan yang mutakhir. Proses ini juga sangat nyaman bagi pasien karena cepat, hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit. Setelah itu pasien dapat memasangkan langsung insole yang telah dibuat di sepatunya.

Pemasangan insole ini mungkin membutuhkan waktu adaptasi karena pasien belum langsung terbiasa dengan koreksi yang dibentuk oleh insole. Biasanya pasien akan merasa nyaman dalam kurun waktu 1 minggu – 1 bulan. Pasien disarankan memakai insole orthotik Capron Podologie selama 10 jam sehari atau setidaknya setiap saat beraktivitas dalam posisi berdiri.

Insole Capron Podologie tersedia bagi berbagai rentang usia, dari anak usia 2 tahun hingga lansia. Selain itu juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan pasien. Jenis insole yang ada dapat disesuaikan baik untuk kebutuhan sehari-hari untuk olahraga biasa ataupun olahraga khusus seperti golf, hiking, dsb, serta untuk kondisi kesehatan khusus seperti diabetes atau kelainan kaki lainnya. Tiap kondisi kaki membutuhkan fitur yang berbeda dan alas kaki yang dibutuhkan pun berbeda.

Dengan menggunakan produk insole khusus ini, penderita kelainan tulang kaki X dan O diharapkan bisa berjalan dengan nyaman dan tanpa rasa sakit.

kelainan tulang kaki
Custom Made Insole by Capron Podologie
kelainan tulang kaki
Proses Pembuatan

Download E-book - Mengenal Skoliosis dan Terapinya

WhatsApp us
Malcare WordPress Security