Ada beberapa penyebab kaki o atau bow legs yang harus diketahui semua orang, terutama bagi penderita dan keluarganya. Pertumbuhan pada anak pastinya adalah sesuatu yang mesti diperhatikan oleh para orang tua. Soalnya pada pertumbuhan anak inilah yang akan sangat mempengaruhi bagaimana mereka nantinya kedepannya.

Kondisi kaki O ini menjadikan bentuk kaki menyerupai huruf O dan kesulitan untuk menjejak dengan seimbang. Biasanya, kondisi kelainan tulang ini sudah bisa dilihat sejak kecil. Ini berimbas langsung pada si kecil yang kesulitan untuk berjalan. Masalah ini, pastinya membuat Anda ingin tahu penyebab kaki O dan treatment yang tepat seperti berikut ini.

penyebab kaki o atau bowlegs
penyebab kaki o atau bowlegs

Penyebab Kaki O yang Harus Diketahui

Hal pertama yang mesti Anda ketahui terlebih dulu adalah penyebab dari kaki O ini terlebih dulu. Soalnya ketika anak mengalami kondisi ini dan sebelum melakukan penyembuhan maka sebaiknya mengetahui penyebabnya terlebih dulu. Dengan mengetahui penyebabnya maka Anda bisa mengetahui langkah terbaik untuk mengatasinya.

1. Penyakit Blount

Penyebab pertama yang mengakibatkan kaki O adalah kondisi penyakit Blount seperti yang satu ini. Bagi Anda yang belum tahu, penyakit blount adalah kondisi penyakit dimana terjadi kelainan pada pertumbuhan pada tulang tungkai anak. Kondisi inilah yang kemudian berdampak langsung pada kaki anak yang menjadi bengkok dan membuat anak kesulitan untuk bisa berjalan.

Selain itu, penyakit blount ini sendiri biasanya akan diderita oleh mereka yang masih balita. Bukan tanpa alasan karena mereka yang masih berusia balita maka masih memiliki kerentanan pada bagian tulang. Kondisi tersebutlah yang kemudian membuat mereka rentan sekali terkena penyakit ini dan untuk itulah mesti harus melakukan pengecekan serutin mungkin.

Untuk usia balitanya sendiri biasanya berada pada kisaran usia 11-14 bulan dan usia di atasnya dengan jarak tidak terlalu jauh. Selain itu, bagi balita yang mengalami obesitas maka risiko terkena penyakit ini juga semakin besar. Jadi ada baiknya bagi orang tua untuk selalu menjaga tumbuh kembang dan asupan makan bagi si kecil.

2. Rakitis

Penyebab Kaki O yang berikutnya adalah penyakit rakitis yang juga menyerang banyak balita. Tidak bisa dipandang sebelah mata karena apabila seseorang terkena penyakit ini maka akan mengakibatkan tulangnya menjadi rapuh dan bisa berdampak menjadi bengkok. Jika dibiarkan, maka akan membuat kedua kaki semakin rentan dan kemudian membentuk huruf O.

Biasanya mereka yang terkena penyakit ini disebabkan karena kekurangan vitamin D yang dibiarkan terus menerus. Padahal seperti yang diketahui bahwa vitamin D ini sendiri adalah asupan yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang. Jika tulang Anda sampai kekurangan asupan vitamin D maka akan berdampak langsung pada berbagai masalah tulang yang berbahaya.

3. Penyakit Paget

Penyakit Paget ternyata juga bisa menjadi faktor dari seseorang terkena penyakit kaki O yang cukup berbahaya. Sederhananya, penyakit ini akan membuat terjadinya kelainan metabolik yang kemudian berimbas langsung pada pertumbuhan yang menjadi tidak normal. Jika terus dibiarkan maka akan berimbas langsung membuat tulang anak menjadi lemah dan berbentuk huruf O.

4. Dwarfisme

Sedangkan Penyebab Kaki O yang terakhir adalah dwarifisme yang tidak bisa dipandang sebelah mata begitu saja. Penyakit ini sendiri bisa terjadi karena kelainan pertumbuhan yang dialami oleh seseorang. Kelainan tersebut membuat pertumbuhan tubuh seseorang menjadi pendek dan menganggu kaki sehingga kemudian membuat kaki berbentuk seperti huruf O.

Treatment yang Tepat untuk Kaki O

Apabila Anda sudah mengetahui Penyebab Kaki O maka langkah penting berikutnya adalah dengan melakukan penangangan atau treatment yang tepat. Tentunya penanganan atau treatment tersebut tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Langkah penanganan pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan sepatu khusus bagi penderitanya.

Bukan tanpa alasan karena penggunaan sepatu khusus ini akan membantu si pengguna untuk bisa berjalan lebih baik. Soalnya kebanyakan penderita penyakit kaki O akan kesulitan berjalan karena kondisi yang tidak sempurna dan juga sulit seimbang. Dengan penggunaan sepatu khusus ini maka akan membantu untuk bisa berjalan seperti seharusnya.

Lalu penanganan berikutnya yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan alat bantu penyangga kerangka atau seringkali juga disebut dengan nama braces. Alat ini nantinya akan memudahkan penderitanya untuk bisa berdiri dengan baik. Ketika sudah mampu berdiri dengan baik maka bisa mulai berlatih berjalan secara perlahan demi perlahan.

Sedangkan pengobatan atau treatment terakhir yang bisa dipilih adalah dengan melakukan operasi. Operasi ini sendiri bisa dijadikan opsi terakhir ketika banyak cara lain ternyata sulit menemui hasilnya. Namun ada baiknya sebelum melakukan operasi tulang ini maka Anda mencari dokter tulang yang mengetahui masalah tulang yang sedang dialami.

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda lebih paham tentang Penyebab Kaki O yang seringkali menimpa balita. Jadi Anda bisa lebih tahu solusi terbaik mana yang bisa diambil untuk menyembuhkannya.

Jika ingin solusi atau pengobatan dari kaki O atau bowlegs, Anda bisa ke Klinik Tulang Belakang. Klinik kami ini yang sudah sangat profesional dalam menangani kelainan tulang pada kaki dan sendi. Sehingga, bisa menganjurkan mana pengobatan yang tepat walau tanpa operasi.

Download E-book - Mengenal Skoliosis dan Terapinya

WhatsApp us
Malcare WordPress Security