Kaki panjang sebelah atau Leg Length Discrepancy menjadi salah satu masalah yang serius. Memiliki tubuh yang sehat dan kuat pastinya menjadi keinginan bagi siapapun. Sayangnya, pada tubuh seringkali terjadi berbagai keluhan yang tidak diinginkan. Salah satu keluhan yang dialami oleh beberapa orang adalah tubuh yang mudah lelah dan kaki yang seringkali terasa sakit.

Nyatanya hal tersebut bisa disebabkan karena Leg Length Discrepancy / kaki panjang sebelah. Namun, masih banyak tidak menyadari kelainan ini atau malu. Jadi tidak heran apabila kemudian memilih untuk mendiamkan kelainan yang satu ini. Padahal apabila terus dibiarkan maka bisa dipastikan akan menyebabkan banyak masalah kesehatan di masa mendatang. Berikut ulasan lengkapnya!

kelainan kaki panjang sebelah / Leg Length Discrepancy
kelainan kaki panjang sebelah / Leg Length Discrepancy

Apa itu Leg Length Discrepancy / Kaki Panjang Sebelah?

Hal penting pertama yang mesti Anda ketahui tentang gejala ini tentu pengertian sekaligus definisinya. Soalnya kalau Anda tidak mengetahui definisinya secara tepat maka diagnosa dini juga tidak bisa dilakukan. Seperti namanya, gejala ini merupakan kelainan pada kedua kaki sehingga panjangnya menjadi tidak sama atau tidak seimbang.

Dimana biasanya sebelah kaki ada yang lebih panjang atau lebih pendek dibandingkan lainnya. Padahal seperti yang diketahui untuk tubuh manusia yang normal maka kedua kakinya memiliki panjang yang tergolong sama atau seimbang. Jikapun terdapat perbedaan maka, perbedaan tersebut tidak terlalu jauh atau tidak terlalu mencolok.

Untuk mereka yang tergolong mengalami kelainan yang satu ini maka biasanya perbedaan antara kaki kiri dan kaki kanan hingga lebih dari 2 cm. Nyatanya perbedaan tergolong kecil ini sama sekali tidak bisa dianggap sepele. Soalnya kelainan ini bisa mengubah biomekanika tubuh secara keseluruhan dan mengubah postur tubuh, hingga mengakibatkan tidak nyaman untuk berjalan ataupun punggung menjadi sakit.

Penyebab Kaki Panjang Sebelah

Setelah Anda mengetahui definisi dari kelainan yang satu ini maka tentunya Anda ingin mengetahui penyebab terjadi kelainan ini. Untuk penyebabnya sendiri tergolong bermacam-macam dan tidak bisa disamaratakan begitu saja. Untuk lebih detailnya, ada beberapa penyebab terjadinya leg length discrepancy seperti berikut ini:

1. Hemihipertrofi Idiopatik

Pertama, penyebab kaki panjang sebelah yang mesti Anda ketahui dan mengakibatkan kelainan ini adalah Hemihipertrofi Idiopatik. Sederhananya, Hemihipertrofi Idiopatik adalah kelainan yang disebabkan tanpa alasan yang jelas. Biasanya tanpa penyebab apapun maka ada seseorang yang terlahir dengan kondisi seperti ini. Tentunya orang seperti ini harus lebih mawas diri.

2. Patah Tulang Ketika Kecil

Penyebab leg length discrepancy berikutnya yang mengakibatkan seseorang mengalami kelainan ini adalah kondisi patah tulang kaki yang dialami ketika masih kecil. Bagi sebagian yang lain juga bisa disebabkan operasi patah tulang ketika masih anak-anak. Hal tersebutlah yang membuat pertumbuhan tulang kaki menjadi tidak seimbang antara satu sama lain.

3. Komplikasi LCP

Satu hal yang belum banyak orang tahu adalah leg lenght discrepancy juga bisa disebabkan oleh komplikasi LCP. Bagi yang belum tahu, LCP sendiri adalah penyakit Legg Calve Perthes yang menyerang anak-anak. Penyakit ini menyebabkan pertumbuhan bonggol tulang paha tidak sempurna karena gangguan peredaran darah, sehingga terjadi limitasi gerak panggul, perubahan gaya jalan, hingga perbedaan panjang kaki.

4. Kelainan lain yang didapat

Beberapa kelainan lain yang menyebabkan perubahan panjang kaki seperti riwayat infeksi, radiasi maupun tumor. Bisa juga terjadi di usia tua akibat pengapuran atau osteoarthritis baik di sendi lutut ataupun sendi panggul.

Ketahui Efek Leg Length Discrepancy Pada Masa Pertumbuhan

Poin berikutnya yang tidak kalah penting adalah mengetahui efek yang akan terjadi ketika seseorang mengalami kelainan yang satu ini. Soalnya masih banyak yang tidak tahu menahu efek yang akan dialami ketika terkena kelainan ini. Terutama efek yang bisa berdampak langsung pada masa pertumbuhan seseorang.

Untuk efek leg length discrepancy sendiri biasanya akan membuat anak mengalami kondisi sulit untuk menapakan kakinya. Hal ini akan mengakibatkan anak yang menjadi sulit untuk berlatih berjalan secara cepat. Jadi penting sekali bagi orang tua untuk mengidentifikasi masalah kelainan ini pada anak Anda.

Cara Menyembuhkan Kaki Panjang Sebelah

Apabila bisa terdeteksi secara dini maka langkah pengobatan kaki panjang sebelah sejak dini bisa dilakukan agar pertumbuhan anak bisa terjadi dengan normal dan tidak mempengaruhi postur maupun tumbuh kembangnya di masa depan.

Selain itu, dengan mengetahui secara dini orang tua bisa mencari terapi ke dokter. Dokter akan mengecek terlebih dulu seberapa parahnya kelainan kaki panjang sebelah Anda. Apabila perbedaan panjang antara kaki tidak lebih dari 2 cm dan juga tidak mengganggu kesehatan Anda maka solusinya sederhana yaitu dengan penggunaan insole kaki. Insole digunakan di dalam sepatu dengan menambahkan sol kecil pada bagian kaki yang lebih pendek dari kaki sebelahnya.

Nantinya dengan penggunaan sol kecil yang tepat ini maka akan membuat panjang kaki Anda menjadi sama dan juga seimbang. Dengan melakukan hal ini maka beban dari tubuh tidak menimpa terlalu berat pada salah satu kaki saja. Jadi bisa berdampak positif yaitu membuat Anda terhindar dari pegal maupun rasa sakit pada punggung.

Tetapi jika perbedaan panjang kaki disertai keluhan lain bisa juga melakukan latihan otot dan retraining gait / mempelajari gaya jalan yang benar agar penyembuhan lebih baik.

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda lebih paham tentang berbagai hal penting dari Leg Length Discrepancy / kaki panjang sebelah. Jadi apabila Anda mengalami kondisi yang satu ini maka, Anda bisa mengambil langkah diagnosa dengan cepat. Selain itu, Anda juga tahu bagaimana melakukan penyembuhan ketika mengalami kelainan yang satu ini.

Download E-book - Mengenal Skoliosis dan Terapinya

WhatsApp us
Malcare WordPress Security