Istilah kifosis dalam dunia kedokteran sebenarnya merujuk pada bentuk normal kelengkungan pada tulang belakang thorakal (dada) yang cenderung melengkung ke arah depan. Sudut kelengkungan normal ini besarnya sekitar 20-50o. Namun, istilah kifosis bagi kaum awam lebih banyak digunakan untuk merujuk pada istilah “hyperkyphosis” yang merupakan kondisi abnormal, dimana terjadi kelainan pada lengkungan tulang belakang bagian thorakal (dada) yangbesarnya melebihi 50o. Kondisi ini akan membuat orang memiliki postur tubuh bungkuk dan punggung atas akan tampak bulat atau bengkok tidak normal.

Bagaimana Cara Memperbaiki Postur Tubuh yang Bungkuk ?

Secara umum, berbagai cara dapat dilakukan untuk memperbaiki postur tubuh bungkuk, diantaranya adalah :

  • Fisioterapi. Konsultasikan diri Anda ke Dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut dan program fisioterapi untuk postur tubuh bungkuk bila diperlukan.
  • Menjaga postur tubuh tetap tegak. Menjaga postur tubuh tetap tegak saat berdiri, berjalan dan duduk dapat membantu memperbaiki postur tubuh bungkuk.
  • Penyangga. Pemberian penyangga pada tulang belakang terutama untuk kasus kifosis pada anak-anak dapat mencegah tulang belakang semakin membungkuk saat pertumbuhan dan membantu memperbaiki postur tubuh bungkuk.
  • Olahraga. Terutama jenis olahraga yang dapat menguatkan otot-otot punggung.
  • Latihan Punggung. Terdapat berbagai macam gerakan latihan punggung yang sederhana dan dapat dilakukan mandiri secara rutin di rumah.
  • Operasi. Tindakan bedah atau operasi jarang dilakukan untuk memperbaiki postur tubuh bungkuk. Diperlukan banyak pertimbangan untuk dilakukan tindakan operasi, salah satunya adalah tingkat keparahan penyakit dan indikasi medis yang kuat.

KENALI JENIS OLAHRAGA DAN LATIHAN PUNGGUNG UNTUK MEMPERBAIKI POSTUR TUBUH BUNGKUK PADA PENDERITA KIFOSIS

Apa Saja Pilihan Jenis Olahraga Untuk Penderita Kifosis atau Postur Tubuh Bungkuk ?

Pemilihan jenis olahraga pada penderita kifosis atau postur tubuh bungkuk tentu harus berhati-hati dan perlu pemantauan. Salah dalam memilih jenis olahraga atau salah dalam melakukan gerakan dapat memperburuk penyakit bahkan menimbulkan komplikasi penyakit lain. Berikut adalah jenis olahraga yang disarankan untuk penderita kifosis atau postur tubuh bungkuk:

  • Berenang. Olahraga renang merupakan salah satu olahraga yang banyak dianjurkan terutama untuk pasien dengan keluhan sekitar punggung. Gerakan-gerakan seperti gaya bebas (free-style) dan gaya punggung dapat menguatkan otot-otot punggung dan dapat membantu memperbaiki postur tubuh bungkuk.
  • Yoga. Yoga merupakan jenis olahraga membutuhkan kelenturan tubuh, gerakan-gerakan pada yoga dapat membantu memperbaiki postur tubuh bungkuk namun juga dapat memperparah kondisi apabila dilakukan dengan tidak benar sehingga selalu konsultasikan pada dokter atau ahlinya sebelum melakukan.

Bagaimana Cara Latihan Punggung Sederhana yang dapat dilakukan di Rumah untuk penderita Kifosis atau Postur Tubuh Bungkuk?

Berikut merupakan beberapa gerakan latihan punggung sederhana yang dapat dilakukan di rumah secara mandiri untuk penderita kifosis atau postur tubuh bungkuk.

Gerakan Head Retraction

KENALI JENIS OLAHRAGA DAN LATIHAN PUNGGUNG UNTUK MEMPERBAIKI POSTUR TUBUH BUNGKUK PADA PENDERITA KIFOSIS

  1. Gerakan ini dilakukan dengan berbaring terlentang diatas lantai atau matras.
  2. Selanjutnya letakkan tangan dengan lurus dan rileks di kedua sisi tubuh dan tekuk kedua lutut.
  3. Lakukan gerakan menekuk dagu seperti membuat dagu ganda/ double chin, tahan selama 15 detik lalu luruskan leher kembali.
  4. Ulangi gerakan tersebut 5 hingga 10 kali

Gerakan Life Extension

  1. Posisikan tubuh berdiri tegak
  2. Kepal keempat jari mulai dari jari telunjuk hingga jari kelingking pada kedua tangan. Biarkan jempol tegak ke atas seperti membentuk gestur tangan ‘oke’
  3. Dengan kedua tangan tetap lurus, perlahan angkat tangan kedepan hingga ke atas kepala
  4. Lakukan gerakan di atas secara berulang dan tarik nafas dalam 2 sampai 3 kali lalu hembuskan secara perlahan.

Gerakan Superman

KENALI JENIS OLAHRAGA DAN LATIHAN PUNGGUNG UNTUK MEMPERBAIKI POSTUR TUBUH BUNGKUK PADA PENDERITA KIFOSIS

  1. Posisikan tubuh tidur tengkurap diatas lantai atau matras dengan tangan lurus ke depan
  2. Wajah menghadap ke lantai
  3. Angkat kedua tangan dan kaki secara bersamaan, tahan selama 3 detik lalu kembali pada posisi semula. Pastikan kaki dan tangan tetap dalam posisi lurus
  4. Ulangi gerakan tersebut di atas sebanyak 10 kali

Gerakan-gerakan sederhana di atas merupakan sebagian kecil latihan punggung yang dapat dilakukan mandiri secara rutin di rumah. Namun, sebaiknya Anda tetap berhati-hati karena bila salah dalam melakukannya dapat memperburuk kondisi punggung Anda. Sebaiknya, tetap konsultasikan diri Anda dahulu ke Dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan saran lebih lanjut.

Adakah Cara Untuk Mencegah Postur Tubuh Bungkuk ?

Tentunya lebih baik mencegah daripada mengobati, sehingga hal-hal kecil berikut dapat dilakukan untuk mencegah postur tubuh bungkuk, diantaranya adalah :

  • Jaga postur tubuh Anda tetap tegak saat berdiri dan berjalan
  • Duduklah dengan posisi yang benar dan tegak
  • Hindari menggendong tas ransel dengan berat berlebih
  • Olahraga secara rutin dan dengan cara yang benar. Terutama olahraga yang dapat menguatkan otot-otot punggung
  • Konsumsi makan-makanan bergizi untuk meningkatkan kesehatan tulang.

WhatsApp us
KENALI JENIS OLAHRAGA DAN LATIHAN PUNGGUNG UNTUK MEMPERBAIKI POSTUR TUBUH BUNGKUK PADA PENDERITA KIFOSIS