Memasuki liburan panjang atau juga pada weekend, orang melakukan kegiatan berolahraga seperti jalan atau joging. Berolahraga sangatlah penting untuk bisa menjaga kesehatan dan juga meningkatkan daya tahan tubuh. Hanya saja, ada beberapa masalah yang seringkali dialami oleh mereka yang sudah berolahraga terutama setelah joging atau berolahraga lari. Masalah tersebut adalah kelainan Runner’s Knee seperti yang satu ini.

Runner’s Knee sendiri adalah kondisi dimana lutut seseorang akan mengalami nyeri yang tidak biasa dan biasanya dibarengi dengan rasa sakit. Rasa nyeri ini memang bisa muncul setelah melakukan berbagai aktivitas. Namun paling sering muncul ketika sudah melakukan aktivitas lari. Untuk itulah, penting mengetahui penyebab, gejala dan pengobatannya.

Kelainan Runner's Knee, Penyebab, Gejala dan Pengobatan yang Tepat
kelainan runner’s knee

Gejala Kelainan Runner’s Knee yang Harus Anda Tahu

Sebelum ke pengobatan runner’s knee, Anda perlu tahu gejalanya. Sehingga, Anda benar-benar bisa memastikan bahwa lutut bermasalah, lalu konsultasikan ke dokter. Nah, berikut ini gejala runner’s knee:

1. Nyeri di Tempurung Lutut

Gejala pertama yang menegaskan bahwa Anda bisa saja terkena kelainan runner’s knee adalah rasa nyeri. Nyeri terasa di area sekitar tempurung lutut atau pada bagian dengkul. Perlu diketahui bahwa lutut atau dengkul merupakan bagian tubuh kaki yang memiliki kebebasan pergerakan dibandingkan anggota tubuh lainnya. Tentunya kelainan tulang ini akan sangat mengganggu.

Soalnya akan menghambat berbagai aktivitas keseharian Anda. Namun Anda tidak perlu khawatir berlebihan soalnya ada cara untuk mengurasi rasa nyeri yang ada di tempurung lutut tersebut. Salah satu caranya adalah dengan meminum obat pereda rasa nyeri maupun melakukan perawatan yang rutin sekaligus dilakukan secara berkala dan juga tepat.

2. Nyeri dari Anggota Tubuh Lain

Ternyata salah satu gejala dari kondisi kelainan runner's knee bukan hanya nyeri yang dirasakan di tempurung lutut. Namun, nyeri tersebut juga bisa muncul dari anggota tubuh yang lain. Sebut saja mulai dari rasa nyeri pada bagian sendi lutut hingga pada bagian sendi pinggul. Jadi apabila rasa nyeri tersebut mulai muncul maka sebaiknya Anda mulai waspada dan berhati-hati.

3. Rasa Nyeri yang Dirasakan Perlahan

Tak seperti rasa sakit rasa sakit yang biasa terjadi pada lutut maka runner’s knee memiliki gejala yang sedikit berbeda. Gejala tersebut adalah rasa nyeri yang dirasakan akan datang secara perlahan dan tidak secara menyeluruh. Biasanya proses penyebaran rasa nyeri ini akan dimulai di lutut dan kemudian bisa menyebar ke seluruh bagian kaki.

Awalnya, lutut kaki Anda tidak akan terlalu merasakan sakit. Namun lama-kelamaan rasa sakit akan semakin terasa dan semakin nyata. Jika hal tersebut sudah terjadi maka, biasanya akan menganggu berbagai aktivitas harian dilakukan. Soalnya rasa nyeri tersebut akan membuat Anda kesulitan untuk bisa berdiri maupun untuk bisa duduk dengan baik.

Penyebab Runner’s Knee yang Harus Dipahami

Setelah Anda mengetahui gejala kelainan runner’s knee ini maka hal penting berikutnya yang tidak boleh sampai dilewatkan adalah penyebabnya. Soalnya banyak gejala kelainan tulang yang seringkali dikaitkan dengan runner’s knee ini. Namun ada baiknya bagi Anda untuk mengetahui penyebabnya terlebih dulu seperti ini.

Kesalahan Pelatihan

Kesalahan pertama yang mengakibatkan runner’s knee adalah terjadinya kesalahan pelatihan. Entah itu karena intensitas olahraga yang terlalu berat atau waktu istirahat yang tidak tepat. Jadi hal ini mesti diperhatikan dengan baik-baik oleh Anda ketika berolahraga.

Latihan Lutut Berlebihan

Melakukan latihan lutut secara berlebihan juga seringkali dilakukan oleh banyak orang dengan berbagai alasan. Sayangnya, banyak orang yang tidak tahu bahwa latihan berlebihan juga bisa menyebabkan efek samping. Salah satu efek samping yang bisa terjadi adalah kelainan runner’s knee.

Mengalami Cedera

Seperti yang diketahui bahwa cidera yang terjadi pada tubuh maka bisa mengakibatkan berbagai efek langsung pada tubuh. Salah satunya adalah runner’s knee karena berubahnya biomekanik lutut yang dipicu karena terjadinya cidera. Hal ini juga biasanya dibarengi dengan rasa pada area sekitar lutut yang dirasakan.

Obesitas pada Tubuh

Selama ini masih banyak yang menganggap remeh kelebihan berat badan atau obesitas. Padahal efek negatifnya tergolong banyak sekali. Salah satu dampak negatif yang jarang diketahui banyak orang adalah munculnya runner’s knee. Alasannya karena lutut mesti menampung berat yang berlebihan.

Faktor Gaya Hidup

Sedangkan penyebab terakhir yang mengakibatkan seseorang mengalami kelainan runner’s knee adalah gaya hidup yang dimiliki. Gaya hidup yang dimaksud adalah bagi mereka yang memiliki kebiasaan untuk duduk dalam waktu yang lama untuk bekerja ataupun aktivitas lainnya. Mereka inilah yang memiliki risiko lebih tinggi terkena runner’s knee.

Cara Pengobatan Runner’s Knee

Bagi Anda yang memang ingin melakukan penyembuhan pada kondisi runner’s knee maka ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan Metode RICE yang memang sudah dilakukan banyak orang. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi obat nyeri maupun melakukan terapi fisik guna menyembuhkannya.

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda lebih paham tentang runner’s knee ini. Mulai dari gejalanya, penyebabnya hingga cara menyembuhkannya. Soalnya kelainan sendi ini memang bisa menyerang siapa saja.

Nah, bagi yang masih bingung konsultasi kemana ketika menderita kelainan runner’s nee ini, Anda bisa langsung ke kliniktulangbelakang.com. Konsultasi bisa dilakukan online, tapi alangkah baiknya, Anda datang ke kliniknya langsung.

Download E-book - Mengenal Skoliosis dan Terapinya

WhatsApp us
Malcare WordPress Security