HIL

Apa itu terapi High Intensity Laser (HIL)?

Terapi High Intensity Laser (HIL) adalah terapi dengan teknologi yang memanfaatkan prinsip-prinsip Low Level Laser Therapy (LLLT) yang telah dikenal luas dapat digunakan pada berbagai pengobatan, terutama gangguan muskuloskeletal akut.

HIL telah digunakan sebagai alat terapi non-invasif di berbagai pusat rehabilitasi, ortopedi, dan neurologi di seluruh dunia. Hasilnya cepat dan mudah dikombinasikan dengan modalitas lainnya seperti terapi shockwave, sehingga dapat mencapai hasil yang lebih maksimal.

Bagaimana cara kerja HIL?

HIL menggunakan sinar laser kelas 4 dengan kekuatan lebih dari 500 mW dan panjang gelombang 1064 nm, yang memastikan efek terapi yang ideal. Berbeda dengan LLLT, HIL menggunakan energi yang lebih tinggi sehingga dapat menghantarkan jumlah energi yang sama dalam waktu lebih singkat, penetrasi lebih dalam, dan mempercepat proses perbaikan pada berbagai gangguan muskuloskeletal, penyembuhan luka, dan meredakan nyeri.

HIL juga menimbulkan efek biostimulasi dan anti inflamasi, serta efek termal dan analgesik. Biostimulasi terjadi karena adanya transfer energi yang menstimulasi proses penyembuhan dan perbaikan jaringan. Sedangkan efek termal membantu jaringan relaksasi, sehingga aliran darah menjadi lebih lancar, dan pasien juga merasa lebih nyaman.

Terapi ini tidak menyakitkan, dan tidak menimbulkan efek samping.

Kondisi apa yang dapat diterapi dengan HIL

HIL Condition

HIL dapat digunakan pada berbagai kondisi seperti:

• Cedera olahraga
  • Bahu keseleo
  • Trigger point
  • Disc hernia
  • Pergelangan kaki keseleo (ankle)
  • Nyeri leher
  • Sakit pinggang