Apa itu Golfer’s Elbow?

Golfer’s elbow adalah sebuah kondisi yang menyebabkan rasa sakit pada tonjolan siku bagian dalam akibat peradangan tendon. Rasa sakit mungkin menyebar ke lengan bawah dan pergelangan tangan anda. Golfer’s elbow adalah bentuk tendonitis yang menyebabkan rasa sakit dan peradangan pada tendon yang menghubungkan lengan bawah ke siku.

Golfer’s elbow secara medis lebih dikenal dengan istilah epikondilitis medial. Serupa dengan tennis elbow, perbedaan keduanya hanya terletak pada sisi mana yang mengalami kelainan, pada golfer’s elbow kelainan terletak pada siku bagian dalam sedangkan pada tennis elbow kelainan terletak pada siku bagian luar. Disebut golfer’s elbow karena sering ditemukan pada orang yang sering bermain golf walaupun tidak hanya olahraga golf saja yang bisa menyebabkan kelainan ini. Selain itu juga ada kondisi dimana nyeri siku dirasakan di bagian luar, yang disebut tenis elbow.

Struktur siku bagian dalam

Sendi siku bagian dalam merupakan sebuah sendi yang dikelilingi oleh tiga tulang yaitu tulang lengan atas (humerus) dan dua tulang di lengan bawah (radius dan ulna). Pada tulang lengan atas atau humerus terdapat tonjolan tulang pada sisi luar dan dalam yang disebut sebagai epikondilus. Epikondilus berfungsi sebagai tempat melekatnya beberapa tendon otot – otot lengan bawah. Tonjolan tulang di bagian dalam (sisi medial) siku disebut sebagai epikondilus medial.

golfer’s elbow

Otot – otot yang tendon yang melekat pada epikondilus medial berfungsi untuk menggerakan pergelangan tangan dan jari – jari anda (memutar pergelangan tangan, menggenggam, membuka pintu dll nya). Sehingga pada kondisi ini sering dikeluhkan rasa sakit saat melakukan aktivitas-aktivitas di atas.

Penyebab Golfer’s Elbow

Tendon yang mengalami gangguan pada golfer’s elbow merupakan tendon yang membantu otot mengontrol pergelangan tangan dan jari – jari. Gangguan ini bisa disebabkan oleh tekanan atau stres berlebih pada tendon tersebut. Stres berlebih yang diberikan umumnya tidak hanya satu kali namun bisa berulang – ulang. Mengangkat, melempar, atau memukul dengan posisi yang tidak benar, serta pemanasan yang terlalu sedikit juga dapat menyebabkan golfer’s elbow.

Berikut merupakan beberapa kegiatan yang dapat menimbulkan golfer’s elbow jika dilakukan secara berlebihan atau dalam jangka waktu yang cukup lama.

Tidak menggunakan teknik yang tepat saat bermain atau salah menggunakannya dapat melukai tendon anda. teknik pukulan tenis yang tidak tepat seperti pukulan backhand dapat menyebabkan cedera pada tendon. Penggunaan teknik topspin yang berlebihan dan penggunaan raket yang terlalu kecil atau berat juga dapat menyebabkan golfer’s elbow.

  • Olahraga yang melibatkan gerakan melempar

Olahraga yang banyak mengandalkan gerakan lempar antara lain adalah olahraga panahan, bisbol, bowling, sepak bola, lempar lembing, dan softball. teknik melempar yang tidak tepat dalam bisbol atau softball bisa menjadi penyebab lain. Sepak bola, panahan, dan lempar lembing juga dapat menyebabkan golfer’s elbow. Oleh karena itu umum nya pada olahraga seperti bisbol kelainan ini juga bisa disebut dengan pitcher’s elbow.

golfer’s elbow
  • Latihan angkat beban

Mengangkat beban menggunakan teknik yang tidak tepat dapat memberikan beban yang berlebih pada otot dan tendon siku sehingga lebih banyak kerugian yang diberikan dibandingkan keuntungan dari berlatih angkat beban jika tidak menggunakan teknik yang tepat.

  • Pekerjaan yang menggunakan otot – otot lengan secara berlebih

Pekerjaan tersebut dapat ditemukan pada bidang – bidang pekerjaan seperti konstruksi, ledeng dan pertukangan kayu atau jenis lain nya.

Faktor Risiko Golfer’s Elbow

Berikut merupakan beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan kemungkinan anda untuk mengalami golfer’s elbow.

  • Usia minimal 40 tahun dan semakin tinggi semakin berpotensi.
  • Minimal melakukan aktivitas yang sama secara berulang paling sedikit 2 jam sehari.
  • Mengalami obesitas atau berat badan diatas rata – rata normal.
  • Merupakan seorang perokok aktif.
golfer’s elbow

Gejala Golfer’s Elbow

Gejala Golfer’s elbow mungkin mirip dengan gejala kondisi lain sehingga harus diperiksakan terlebih dahulu, gejala yang mungkin anda rasakan misalnya:

golfer’s elbow
  • Rasa sakit dan kemerahan

Biasanya terasa pada sisi dalam siku anda, rasa sakitnya terkadang meluas di sepanjang sisi dalam lengan bawah anda. Nyeri biasanya memburuk dengan gerakan tertentu.

  • Timbul kekakuan

Siku anda mungkin akan terasa kaku dan saat mencoba mengepalkan tangan mungkin akan terasa sakit.

  • Otot – otot menjadi lebih lemah

Kelemahan otot – otot tersebut dapat anda rasakan pada tangan dan pergelangan tangan.

  • Sensasi mati rasa atau kesemutan

Sensasi ini mungkin dapat menyebar ke satu atau lebih jari serta biasanya jari manis dan kelingking.

Secara umum gejala yang dirasakan penderita golfer’s elbow dapat muncul secara tiba – tiba atau bertahap serta dapat diperparah oleh beberapa gerakan tertentu seperti yang telah disebutkan.

Pemeriksaan Golfer’s Elbow

Saat anda memeriksakan diri maka dokter akan meminta anda untuk menceritakan mengenai semua riwayat kesehatan anda serta melakukan pemeriksaan fisik yang dibutuhkan. Dalam melakukan pemeriksaan fisik dokter mungkin memberikan tekanan pada area yang terkena atau meminta anda untuk menggerakkan siku, pergelangan tangan, dan jari dengan berbagai cara untuk menilai kekakuan dan rasa nyeri yang timbul. Jika dibutuhkan maka dokter akan meminta beberapa pemeriksaan tambahan. Pemeriksaan tambahan yang akan diminta bisa berupa rontgen, MRI, atau elektromiografi.

  • Rontgen

Rontgen dilakukan untuk menilai kondisi tulang, sendi dan apakah terdapat kelainan lain disekitar tulang.

golfer’s elbow
  • Magnetic Resonance Imaging (MRI)

Berbeda dengan rontgen, MRI lebih baik dalam menilai kerusakan tendon, otot serta jaringan lunak lain termasuk cairan dan cakram sendi.

  • Elektromiografi (EMG)

Pemeriksaan ini dilakukan untuk menilai apakah ada saraf yang terjepit di daerah siku atau tidak. Hal ini dikarenakan pada orang – orang yang mengalami saraf terjepit umum nya memiliki gejala yang serupa, apalagi ketika saraf yang terjepit berada di daerah siku.

Pengobatan Golfer’s Elbow

Gejala yang ditimbulkan oleh golfer’s elbow dapat hilang seiring dengan berjalan nya waktu, namun jika tidak hilang maka dapat dilakukan beberapa pilihan pengobatan berikut.

Pengobatan tindakan awal

Dilakukan saat timbul gejala secara tiba – tiba, tindakan yang lakukan seperti:

  • Berhenti dari berbagai aktivitas yang sedang dilakukan.
  • Melonggarkan pakaian yang menghalangi daerah siku dan lengan bawah.
  • Mempersiapkan es batu dan membalut dengan handuk.
  • Lakukan kompres selama minimal 15 sampai 20 menit sebanyak tiga hingga empat kali sehari.
  • Periksa kembali siku dan lengan bawah setiap kali kompres telah dilakukan, jika sudah tidak menimbulkan gejala maka sudah dapat dihentikan.
golfer’s elbow

Pengobatan non operasi

Dilakukan jika pengobatan tindakan awal tidak dapat menghilangkan gejala atau gejala yang ada masih menetap, seperti:

  • Beristirahat

Kurangi aktivitas yang dapat memperparah keadaan atau memperlambat proses penyembuhan.

  • Konsumsi obat – obatan                    

Anda bisa mengkonsumsi obat pereda nyeri jenis NSAID (obat anti inflamasi non steroid) yang dijual bebas seperti ibuprofen, naproxen sodium atau acetaminophen untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan.

  • Suntikan obat kortikosteroid  

Dianjurkan untuk anda gunakan ketika konsumsi obat – obatan sudah tidak dapat menghilangkan rasa nyeri. Sifat obat kortikosteroid yang disuntikkan dapat menghilangkan rasa nyeri untuk jangka waktu yang pendek namun juga bisa menghilangkan pembengkakan dalam waktu yang cepat.

  • Gunakan penyangga (braces)

Penyangga yang digunakan dapat mengurangi ketegangan tendon dan otot.

  • Injeksi plasma kaya trombosit (PRP)

Merupakan jenis pengobatan yang cukup baru. Dengan menyuntikkan sejumlah trombosit dan faktor anti-inflamasi lainnya ke dalam area siku maka diharapkan dapat terjadi perbaikan pada tendon atau otot yang mengalami kerusakan.

Pengobatan dengan operasi

Tindakan ini baru dilakukan setelah proses pengobatan selama 3 atau 6 bulan telah dijalani namun tidak menimbulkan perbaikan apapun. Operasi dilakukan untuk menghilangkan bagian tendon yang rusak, mempercepat penyembuhan, dan mengurangi rasa sakit.

Pencegahan Golfer’s Elbow

Selain menjalani pengobatan, kita juga dapat mencegah terjadinya golfer’s elbow dengan melakukan beberapa tindakan pencegahan dibawah berikut.

  • Perkuat otot lengan bawah anda

Gunakan beban ringan atau menggenggam bola tenis. Latihan sederhana dapat membantu otot anda beradaptasi dari stres fisik yang mendadak.

  • Lakukan peregangan sebelum beraktivitas

Berjalan atau jogging selama beberapa menit untuk menghangatkan otot anda kemudian lakukan peregangan ringan sebelum anda memulai olahraga.

  • Perbaiki form tubuh anda saat berolahraga

Apa pun olahraga yang anda lakukan mintalah pelatih anda untuk memeriksa form tubuh dan untuk menghindari kelebihan beban pada otot.

golfer’s elbow
  • Gunakan peralatan olahraga yang sesuai

Selalu periksa alat – alat olahraga anda secara berkala sehingga dapat mengurangi kemungkinan mengalami cedera akibat peralatan olahraga yang digunakan kurang baik.

Download E-book - Mengenal Skoliosis dan Terapinya

WhatsApp us
Malcare WordPress Security