Bamboo Spine atau bahasa medisnya Ankylosing Spondylitis merupakan peradangan tulang belakang dan sendi tulang sacroiliac. Peradangan ini menyebabkan nyeri dan lama kelamaan ruas-ruas tulang belakang menyatu (fusion) seperti layaknya dahan pohon bambu. Mobilitas dari tulang belakang ini makin lama akan semakin menurun, kaku dan keras. Bahkan untuk menoleh kiri kanan, minum air dan bangun dari tempat tidurpun akan terasa amat sulit.

ankylosing_spondylitis11222989_M_0(1)

Bamboo Spine Skoliosis Merupakan Penyakit tulang Yang Menyerang Tulang Belakang

Karena AS atau Bamboo Spine ini merupakan penyakit rematik sistemik, oleh karena itu banyak dokter melakukan diagnosa yang salah atau tidak tepat. Seperti syaraf terjepit, cidera tulang belakang, scoliosis, ataupun penyakit dalam, dll. Karena penyakit ini dapat menyerang juga sendi dan organ yang jauh dari tulang belakang sekalipun. Penyakit ini menyerang semua umur, walaupun kebanyakan timbul pada usia 20 – 30 tahun ke atas, dan pada pria lebih umum daripada wanita.

Untuk pastinya apakah anda terjangkit Bamboo Spine atau tidak, anda dapat memeriksa tes darah marker gen HLA-B27. Dan ini diwariskan secara genetik atau menurun dari orang tua. Setelah memeriksa darah, rontgen tulang belakang, melihat sampai stage apakah penyakit ini sudah berkembang serta melihat kondisi klinis Anda, barulah dapat disimpulkan apakah ini Bamboo spine atau bukan.

Di bawah ini, sebelah kiri adalah gambar cervical yang normal, sebelah kanan adalah gambar cervical ‘Bamboo Spine'

Tips dan Solusi Bamboo Spine

Penanganan dari AS/ Bamboo Spine ini memang tidak mudah akan tetapi jangan diabaikan menunggu hingga stage yang lebih kronis. Penanganan dari konsumsi obat anti radang, anti rematik (meski jgn jangka panjang), hingga terapi konvensional lebih baik dilakukan secara berkala, mulai terapi gerakan, traksi dan koreksi posisi tulang, akupuntur, herbal dan juga kondisi psikologis dan emosi yang positif sangatlah membantu dan meringankan penyakit ini.

AS bisa diringankan, perlu kerjasama Anda dalam mengatur gaya hidup Anda. Olah raga, istirahat dan diet nutrisi yang tepat sangatlah berguna dan meningkatkan kualitas hidup Anda. Jangan tergantung terus mengkonsumsi obat-obatan dan menyerah pada kondisi. Karena saya yakin kesembuhan adalah milik setiap orang yang positif, riang dan bersyukur, seperti kata pepatah dalam tubuh sehat terdapat jiwa yang sehat pula.