Apa itu Sakit Pinggang

Sakit pinggang merupakan sebuah keadaan yang bisa disebabkan oleh berbagai penyebab yang menyebabkan timbulnya rasa sakit pada tulang belakang didaerah pinggang maupun daerah sekitarnya. Secara umum, sakit pinggang dialami oleh 6 sampai 7 dari 10 orang di Indonesia pada usia bekerja sedangkan pada usia remaja atau anak – anak lebih sedikit jumlahnya. Selain itu sakit pinggang dapat cukup mengganggu aktivitas sehari – hari terutama pada usia bekerja.

LBP

Penyebab Sakit Pinggang

Sakit pinggang merupakan sebuah rasa nyeri yang cukup umum ditemukan namun memiliki beberapa penyebab yang berbeda.

Berikut beberapa penyebab yang mampu menyebabkan rasa nyeri pada sakit pinggang.

  • Sakit pinggang karena gangguan struktural vertebra lumbal: adanya perubahan anatomis seperti pergeseran vertebra akibat trauma seperti jatuh atau kecelakaan.
  • Sakit pinggang karena gangguan organ dalam: lebih banyak ditemukan pada wanita karena adanya gangguan pada organ rahim dan sekitarnya yang menyebabkan spasme otot paravertebralis serta nyerinya tidak bertambah berat dengan adanya aktivitas maupun istirahat.
  • Sakit pinggang karena gangguan peredaran darah: nyeri tidak timbul karena adanya stress spesifik (membungkuk, batuk dan lain-lain) namun sering menjalar ke bokong, belakang paha, dan kedua tungkai.
  • Sakit pinggang karena gangguan saraf: Nyeri sangat hebat, menetap, sedikit berkurang pada saat berdiri, terutama dirasakan pada saat malam hari.
  • Sakit pinggang karena stres psikologis: keadaan stres menyebabkan otot – otot dalam keadaan tegang sehingga meningkatkan spasme otot dan timbul rasa nyeri.

Faktor Risiko Sakit Pinggang

Selain penyebab, juga terdapat beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan kemungkinan anda mengalami sakit pinggang.

  • Usia

Sakit pinggang lebih sering terjadi seiring dengan bertambahnya usia yang dimulai sekitar usia 30 atau 40 tahun.

sakit pinggang

Otot yang lemah dan tidak digunakan di daerah pinggang dan perut anda dapat meningkatkan kemungkinan sakit pinggang.

Kelebihan berat badan dapat memberi tekanan ekstra pada pinggang anda.

sakit pinggang
  • Keadaan psikologis

Orang yang rentan terhadap depresi dan kecemasan memiliki risiko yang lebih besar untuk menderita sakit pinggang.

  • Merokok

Merokok  dapat meningkatkan risiko mengalami sakit pinggang dan menurunkan aliran darah ke tulang belakang serta meningkatkan risiko osteoporosis.

sakit pinggang

Pengobatan Sakit Pinggang

Sakit pinggang dapat diobati dengan beberapa cara mulai dari mengkonsumsi obat – obatan, tindakan operasi hingga terapi fisik.

  • Konsumsi obat: obat yang dikonsumsi bisa obat dengan jenis antiinflamasi non steroid (NSAID), pelemas otot atau salep anti nyeri.
  • Tindakan operasi: merupakan pilihan pengobatan yang paling terakhir jika semua tindakan lain tidak dapat menangani sakit pinggang. Tindakan operasi bisa dilakukan untuk mengangkat saraf yang terus menimbulkan nyeri atau mengurangi kompresi pada otot – otot yang menyebabkan sakit pinggang.
  • Menggunakan korset: korset merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit pada pinggang.


Mengenal Korset untuk Sakit Pinggang (Lumbar Support)

sakit pinggang

Korset merupakan salah satu alat bantu medis yang digunakan untuk mengurangi rasa sakit pinggang anda.

Korset ini umumnya terbuat dari bahan yang lembut agar nyaman digunakan. Korset ini dapat disesuaikan ukuran dan kebutuhan penggunaan dengan menggunakan tali – tali yang terletak di bagian belakang. Korset bekerja dengan memberi tekanan pada bagian perut anda sehingga dapat menghilangkan beban pada tulang belakang dan persendian. Hal ini dapat membantu mempercepat proses penyembuhan sakit pinggang yang anda alami.

sakit pinggang
Tersedia di klinik kami Spine Clinic Family Holistic

Selain sakit pinggang, secara spesifik anda dapat menggunakan korset jika mengalami radang sendi tulang belakang atau penyakit cakram degeneratif. Korset juga dapat digunakan dalam waktu yang singkat seperti untuk mengobati rasa sakit akibat keseleo serta juga dapat digunakan untuk menstabilkan tulang belakang anda setelah patah tulang atau operasi. Perlu diingat bahwa walaupun korset memiliki banyak fungsi, korset juga akan menghambat beberapa gerakan anda. Walaupun menghambat tapi tindakan ini dapat mencegah anda mengalami lebih banyak cedera yang mungkin terjadi selama proses penyembuhan menggunakan korset. Korset yang digunakan untuk menangani sakit punggung secara jenis tidak memiliki variasi karena memiliki tujuan yang sama namun perbedaan harga bisa ditemukan karena perbedaan kualitas bahan yang digunakan.


Fungsi Korset untuk Sakit Pinggang

Korset memiliki beberapa fungsi mulai dari pencegahan hingga mengurangi sakit pinggang yang dapat ditimbulkan oleh aktivitas sehari – hari, berikut merupakan beberapa fungsi nya secara spesifik.

  • Mencegah cedera nyeri punggung bawah pada karyawan pekerja pabrik.
  • Tindakan terapi bagi orang yang menderita LBP dengan tujuan untuk mengurangi kecacatan dan kecacatan.
  • Mencegah timbulnya LBP (low back pain) sebelum terjadi atau untuk mencegah kejadian LBP berulang.

Hal yang telah disebutkan diatas bisa terjadi karena korset mampu untuk mengoreksi deformitas yang telah terjadi, membatasi gerak tulang belakang, dan menstabilkan bagian tulang belakang.

sakit pinggang
Tersedia di klinik kami Spine Clinic Family Holistic

Cara menggunakan korset untuk sakit pinggang

Berikut merupakan beberapa cara untuk menggunakan korset untuk sakit pinggang dengan baik dan benar.

  • Lakukan konsultasi dengan dokter yang bersangkutan: dengan melakukan konsultasi maka anda bisa menggunakan korset yang sesuai dengan ukuran dan kebutuhan anda. Korset yang baik harus menutupi seluruh area yang mengalami cedera sakit pinggang tanpa mengurangi rasa nyaman anda saat menggunakan nya.
  • Pakai korset sesuai dengan petunjuk: karena korset yang digunakan umumnya perlu digunakan dalam waktu yang cukup lama sambil melakukan berbagai kegiatan maka anda perlu memahami cara menggunakan korset yang baik dan benar. Walaupun sudah menggunakan korset namun dalam posisi yang tidak benar maka justru dapat memperparah cedera sakit pinggang yang anda alami.
  • Rawat dan pantau kondisi korset yang anda gunakan: walaupun korset terbuat dari bahan yang cukup kuat dan elastis namun anda perlu memeriksa secara berkala semua komponen dari korset yang anda gunakan. Jika ada bagian yang putus atau rusak, segera perbaiki atau mengganti korset tersebut agar dapat tetap berfungsi.

Anda dapat berkonsultasi dan melakukan pemeriksaan dengan dokter kami, agar dapat diketahui kasus sakit pinggang anda, sehingga dapat ditangani dengan pemakaian korset yang tepat atau dengan penanganan terapi modalitas yaitu terapi dengan menggunakan alat modern klik disini. Hubungi kami Spine Clinic Family Holistic.

Download E-book - Mengenal Skoliosis dan Terapinya

WhatsApp us
Malcare WordPress Security