0 Items

Mungkin banyak diantara anda yang menderita skoliosis sering bingung memilih brace yang bagus untuk skoliosis. Jangan sampai juga anda salah pilih brace yang justru membuat anda sulit sembuh atau bahkan merasakan gejala yang lebih menyakitkan. Oleh karena itu, kami dalam artikel kali ini membahas tentang macam-macam brace beserta perbedaannya. Simak terus ya,….

Perbedaan antara Boston Brace dengan Brace GBW Mana Brace yang Bagus untuk Skoliosis?

Sebelum anda memilih brace yang bagus untuk skoliosis, ketahui dulu beberapa kriteria dengan membandingkan beberapa jenis brace dulu. Banyak yang menanyakan apa perbedaan Brace Scoliosis GBW dengan Brace scoliosis lainnya? Secara singkat, bisa dikatakan beda teknologi, beda kualitas, beda konsep dan beda hasil akhir pada tubuh anda. Bisa melihat perbedaan brace simetris dan brace GBW. Jadi perbedaan Brace GBW dan Boston Brace adalah :

1. Secara teknologi

Brace yang bagus untuk skoliosis GBW menggunakan SCAN 3D (Tiga Dimensi) dan design serta manufaktur secara digitalisasi / komputerisasi (CAD/CAM), agar mendapatkan lekukan tubuh yang presisi dan tepat. Sedangkan Boston Brace menggunakan plaster gips atau gips lembaran dalam pembuatan brace, yang dimana pasien seringkali risih dan tidak nyaman karena ditempeli gips yang basah di seluruh tubuh dan menunggu hingga kering.

2. Secara konsep

Brace scoliosis GBW adalah Brace Asimetri yang memberikan koreksi secara mirroring / refleksi dari bentuk (tulang belakang) skoliosis yang diderita sehingga memberikan koreksi yang efektif, tidak sesak, nyaman dan tidak mengganggu tumbuh kembang anak. Sedangkan Boston Brace merupakan brace simetris dengan tekanan dari segala sisi badan, dengan bentuk oval seperti casing handphone.

3. Secara style dan fashion

Untuk memberikan brace yang bagus untuk skoliosis, kami memberikan cutting yang sangat minimalis kepada pasien, sehingga pergerakan aliran udara yang baik  (tidak panas) dan tidak ‘bulky’ atau terlihat besar dan tekanan hanya pada bagian tertentu. Tapi sebaliknya Boston Brace dengan design simetris dan memberikan tekanan ke badan dari berbagai arah dan sekeliling badan akan memberikan ketidaknyamanan / sesak dan koreksi yang minim.

4. Secara material

Kami menggunakan bahan Prostetik terbaik yang sifatnya ringan, kuat dan kokoh. Boston Brace cenderung sangat berat, tebal dan besar.

Brace GBW diproses oleh multidisiplin ilmu, mulai dari Scanning dan design 3 Dimensi oleh teknisi IT dan Designer konsep 3D. Kemudian Klasifikasi kurva yang dilakukan oleh dokter Ortopedi, Rehabilitasi ataupun Dokter yang telah disertifikasi SBP (Schroth Best Practice) Jerman. Setelah dilakukan klasifikasi dan penentuan brace apa yang diperlukan selanjutnya adalah Pemakaian brace yang difitting oleh Ortotiks.

Kemudian Sikap postural tubuh ketika memakai brace dilatih oleh instruktur atau fisioterapis yang telah disertifikasi oleh SBP (Schroth Best Practice) Jerman. Sedangkan Boston brace hanya dilakukan oleh Ortotiks yang tidak mempunyai ilmu tentang apa itu skoliosis dan penyebabnya.

Brace GBW mempunyai 7 bentuk spesifik berdasarkan pola kurva pasien, dimana boston brace hanya mempunyai 1 bentuk yang sama dan simetris untuk semua pasien skoliosis atau tanpa melakukan klasifikasi. Brace GBW merupakan brace custom made yang sudah memberikan koreksi yang sangat efektif tanpa harus menggunakan padding sebagai koreksi utama. Sebaliknya Boston Brace mengandalkan padding atau tempelan busa sebagai daya pendorong atau koreksi utama.

Perbedaan Boston Brace dan GBW Brace yang Bagus untuk Skoliosis Berdasarkan Bentuk dan Material

Ada beberapa perbedaan antara boston brace dan brace GBW berdasarkan bentuk dan materialnya. Berikut penjelasan lengkanya:

1. Design minimalis Brace GBW

Tidak sebesar Boston Brace. Brace scoliosis GBW dengan model asimetri tidak sama atau sisi merupakan refleksi atau mirroring dari scoliosis sehingga menghasilkan koreksi yang efektif. Tidak seperti Boston Brace, memberikan tekanan sama sisi pada scoliosis, sehingga tidak memberikan koreksi yang besar dan menyebabkan sesak yang berarti efek menyembuhkan skoliosis lebih besar.

2. Berat Brace GBW Jauh Lebih Ringan dan Nyaman Dipakai untuk Menyembuhkan Skoliosis

dibandingkan boston brace yang berat dan tidak nyaman dipakai. Perbedaan berat kira-kira 1/4 daripada boston brace. Artinya Boston Brace 4 kali lebih berat dari pada Brace yang bagus untuk skoliosis GBW.

Keunggulan Brace Scoliosis GBW daripada Brace simetris

Brace GBW atau disebut Gensingen Brace merupakan brace yang sangat efektif dalam mengkoreksi Scoliosis umur 10-14 tahun. Itu, merupakan proses menyembuhkan skoliosis yang signifikan. Brace ini juga masih dapat mengkoreksi penampilan bagi pasien dewasa scoliosis di atas 15 tahun.

Brace simetris ini termasuk, boston brace, Milwaukee brace, TLSO, dan lainnya yang merupakan brace rigid tetapi berbentuk sama sisi/simetris dan memberikan tekanan ke seluruh bagian tubuh yang melengkung ataupun tidak. Sehingga tidak efektif mengkoreksi secara 3D (Tiga Dimensi) dan daya koreksi jauh lebih rendah dibandingkan Gensingen brace. Sekarang kami memaparkan lebih dalam tentang perbedaan Gensingen brace dengan brace simteris adalah:

Konsep spesifik dan asimetri yang diadopsi Gensingen Brace (GBW) merupakan dari konsep Terapi Schorth yang secara spesifik mengkoreksi kurva menurut 7 Klasifikasi Scoliosis menurut Augmented Lehnert-Schroth Clasification. Sehingga ada 7 bentuk brace yang berbeda yang dimana secara sangat spesifik mengkoreksi sesuai dengan bentuk Scoliosis Anda. Sedangkan Brace simetris (boston brace, TLSO dan millwaukee) semua, memiliki bentuk yang kurang lebih sama untuk semua jenis kurva pasien. Sehingga tidak menghasilkan koreksi yang ideal.

Gensingen brace (GBW), mengkoreksi secara 3D,

Scoliosis Anda dikoreksi secara Frontal plane (Kelengkungan kurva), de-rotasi (mengembalikan rotasi di punggung ataupun pinggang), mengembalikan level pinggang yang seimbang, dan sagittal plane (lordosis). Brace simetris, masih manual ataupun menggunakan teknologi dari abad 19, yang lebih menekankan koreksi secara frontal plane atau koreksi kelengkungan ke samping saja. Padahal scoliosis itu 3D dan utk mengkoreksinya dan menghasilkan hasil yang terlihat di mata harus dikoreksi secara 3D (Tiga dimensi).

Brace GBW tingkat keberhasilannya 95% dan terlihat di badan, selain terlihat di rontgen

Terlihat di dalam koreksi ketika menggunakan brace dan juga terlihat ketika dilepas 6bulan kemudian, hingga pemakaian minimal 2 tahun kemudian. Maka kami menampilkan data bukan hanya foto rontgen dalam menggunakan brace yang bagus untuk skoliosis, tetapi juga foto rontgen dan badan pasien ketika melepas brace yang terlihat bedanya. Boston Brace dan sekelasnya, seringkali tidak mengkoreksi ataupun mengkoreksi hanya sedikit saja, sehingga seringkali membuat kelengkungan scoliosis bertambah dan menunda pengobatan.

Pengerjaan dengan teknologi terkini

Brace GBW didesign menggunakan system 3D (Tiga Dimensi) yang paling muktakhir, pengerjaan carving 3D ataupun 3D printing yang juga sangat spesifik mengkoreksi kurva scoliosis yang ada. Sedangkan, Brace Simetris menggunakan tangan dan tidak standart kualitas nya antar satu brace dan lainnya. Sehingga kualitas daripada brace simetris juga berbeda beda dan menghasilkan koreksi scoliosis yang tidak ideal.

Dikerjakan oleh multidisiplin ilmu

Pengerjaan dan Fitting brace scoliosis dilakukan oleh multi displin ilmu, baik dokter, terapis schroth, medical devices grafik designer maupun ortotiks, tenaga medis berlisensi Schorth certified dan Brace GBW certified yang sangat mahir dan selalu memastikan hasil yang terbaik yang bisa didapatkan dari kondisi Scoliosis Anak ataupun Anda sendiri. Sedangkan Boston brace, pengerjaan dan pemasangannya hanya dilakukan oleh ortotiks, yang tidak selalu paham bagaimana prognosis daripada Scoliosis Anda ataupun Anak Anda, karena ilmu ortotiks hanya paham bagaimana memproduksi brace.

Perbedaan BRACE GBW (SCHROTH BRACE) dengan BRACE RIGID lainnya

Brace GBW adalah Brace yang bagus untuk skoliosis berdasarkan konsep Schroth yang telah memiliki sejarah panjang dalam mengobati scoliosis, yang hampir berusia 100 tahun sejak tahun 1921. Brace GBW diciptakan dan dikembangkan berlandaskan prinsip-prinsip Schroth. Diciptakan oleh seorang dokter Ortopedi dan bedah tulang belakang di Jerman, bernama Dr. Hans-Rudolf Weiss, MD.

Saat ini brace GBW telah dipakai di berbagai negara seperti Eropa, Amerika, Afrika, Asia dan Indonesia untuk menyembuhkan skoliosis. Penerapan sistem brace GBW yang berstandar tinggi membuat brace GBW berdampak baik terhadap penyembuhan skoliosis. Brace GBW dan metode Schroth telah memiliki banyak bukti klinis yang dapat dilihat di berbagai jurnal medis internasional.

Setiap Brace GBW yang diterapkan kepada pasien Scoliosis merupakan rancangan langsung dari Dr. Weiss. Rancangan dibuat secara digital dengan teknologi 3D (Tiga Dimensi) kemudian dicetak dengan mesin menjadi brace dan dipakaikan mengikuti Standard Operation Procedure (SOP) khusus oleh dokter atau tenaga kesehatan yang telah dilatih dan tersertifikasi.

Setiap brace diukur dan discan 3D (Tiga Dimensi), setelah itu dalam 3-4hari kerja brace selesai diproduksi. Brace setelah diproduksi kemudian dilakukan fitting guna menjamin kenyamanan dan kualitasnya. Setelah melalui tahapan fitting, kemudian pasien akan di-rontgen dengan memakai brace yang bagus untuk skoliosis, memastikan seberapa jauh hasil koreksinya. Pada akhirnya setelah semua proses telah dijalani, pasien akan dipantau melalui cek-up atau follow up setiap 3 bulan hingga masa terapi brace dinyatakan telah selesai.

Berbeda dengan brace yang lainnya, brace GBW sejak awal, sejak proses desain brace dilakukan oleh dokter ortopedi, dan perkembangan pasien juga ditangani oleh ahli medis yang disertifikasi, dengan supervisi langsung dari Dr. Weiss di Jerman. Monitoring pemulihan pasien Scoliosis secara teratur adalah wujud komitmen Brace GBW.

Pengerjaan dan Fitting brace GBW, mulai dari pemeriksaan, pemasangan hingga follow up dipegang oleh dokter yang disertifikasi dan disupervisi oleh Ortopedi di Jerman. Jadi pengerjaannya berkolaborasi dengan berbagai multi disiplin ilmu mulai fisioterapis, perancang grafik 3D, dan ortotik yang terus disupervisi dan penatalaksananya dilakukan langsung oleh dokter tersertifikasi untuk memastikan hasil yang terbaik.  

Sedangkan brace rigid lainnya, pengerjaan dan pemasangannya hanya direkomendasikan oleh dokter ortopedi ke ortotiks. Jadi dokter Ortopedi yang bersangkutan tidak lagi memasangkan brace tersebut, tidak lagi memeriksa atau memfollow-up brace scoliosis tersebut. Sedangkan Ortotik yang direkomendasikan, tidak selalu paham bagaimana prognosis/perkembangan Scoliosis Anda ataupun Anak Anda, karena ilmu ortotiks hanya paham bagaimana memproduksi brace.

Tabel Perbedaan Brace GBW dan Brace Rigid lainnya

perbedaan brace yang bagus untuk skoliosis

Tingkat keberhasilan / survival rate Brace GBW dan lainnya :

perbedaan brace yang bagus untuk skoliosis

Jurnal-jurnal medis dan link nya :

1. “Brace technology” thematic series – the Gensingen brace™ in the treatment of scoliosis

perbedaan brace yang bagus untuk skoliosis

2. Asian Spine Journal – Development of CAD/CAM Based Brace Models for the Treatment of Patients with Scoliosis-Classification Based Approach versus Finite Element Modelling

perbedaan brace yang bagus untuk skoliosis

3. Bracing scoliosis: the evolution to CAD/CAM for improved in-brace corrections

perbedaan brace yang bagus untuk skoliosis
perbedaan brace yang bagus untuk skoliosis

4. Bracing can lead to a persistent correction in the treatment of Adolescent Idiopathic Scoliosis: A case report

perbedaan brace yang bagus untuk skoliosis

5. Remodelling of trunk and backshape deformities in patients with scoliosis using standardized asymmetric computer-aided design/computer-aided manufacturing braces

perbedaan brace yang bagus untuk skoliosis

6. A Prospective Cohort Study of AIS Patients with 40° and More Treated with a Gensingen Brace (GBW): Preliminary Results

7. Scoliosis bracing and exercise for pain management in adults—a case report

8. Standardising the treatment with Chêneau braces via CAD: Prospects and risks

Tentu keberhasilan Pemakaian Brace GBW ditentukan oleh banyak faktor, seperti: Usia Pasien Skoliosis pada waktu pertama kali pemakaian; Pemakaian yang lama dan benar; Derajat dan Komplesitas Kurva waktu pertama kali pemakaian; Daya tahan sang anak dalam memakai brace; dan support dan dukungan dari keluarga / teman dalam mensukseskan pemulihan sang anak memakai brace. Baca: Scoliosis Anda tidak menunggu. Baca : deteksi Dini. Sehingga sedini mungkin ditemukan scoliosis, langsung memakai brace GBW yang memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi dan memiliki evidence based/publikasi ilmiah medis yang jelas, dan kepatuhan pemakaian Brace yang bagus untuk skoliosis secara rutin dan benar akan mempengaruhi hasil akhir yang baik.

Contoh Pasien yang Beralih ke Brace GBW

Pasien kami perempuan, usia 13 tahun

brace yang bagus untuk skoliosis

Pasien kami perempuan, usia 17 tahun

brace yang bagus untuk skoliosis

Selain membahas tentang Boston Brace dengan Brace GBW, anda pun perlu tahu tentang perbedaan Brace Spesifik dengan Brace Tidak Spesifik. Sehingga, anda tidak salah pilih dan bisa menyembuhkan skoliosis ataupun mengurangi gejala-gejala skoliosis yang muncul serta memperbaiki penampilan anda.

Perbedaan Brace Spesifik Dan Brace Tidak Spesifik Untuk Scoliosis

Dalam 10 tahun belakangan, semakin banyak brace yang bagus untuk scoliosis yang  bermunculan, dan masing-masing mengklaim produk mereka adalah yang terbaik. Tetapi bagi Anda pasien scoliosis, lebih baik Anda mempelajarinya terlebih dahulu sebelum Anda memutuskan memakai yang mana.

Pada artikel ini saya akan membahas apa itu brace spesifik dan tidak spesifik. Banyak brace yang mengatakan setiap brace kami unik dan dibuat khusus untuk setiap pasien (custom made). Tetapi apakah itu cukup mengakomodasi scoliosis Anda atau Anak Anda?

Semua Brace skoliosis yang tidak mengkategorikan pola kurva Anda dan hanya mempunyai bentuk yang sama untuk semua pasiennya adalah brace tidak spesifik!

Perlu anda ketahui bahwa semua Brace yang tidak mengkategorikan pola kurva Anda dan hanya mempunyai bentuk yang sama untuk semua pasiennya adalah brace tidak spesifik. Walaupun dalam klaim mereka, mereka membedakan antara kurva yang satu dengan yang lainnya. Tetapi Anda sebagai pasien dapat melihat dan membedakan secara kasat mata, bahwa bentuk Brace yang spesifik akan memiliki bentuk berbeda-beda untuk masing-masing kurva scoliosis.

Contoh brace tidak spesifik adalah: Boston brace, Milwaukee brace, Cheneau Brace manual, TLSO, hingga berbagai merek hard brace yang hanya memiliki 1 macam bentuk hingga soft brace yang tidak mampu mengkoreksi scoliosis. Kesamaan cirinya adalah: Pertama mereka hanya memiliki bentuk yang sama untuk semua pola kurva scoliosis, kedua mereka tidak mengkomodasi koreksi 3 dimensi yang dibutuhkan oleh pasien scoliosis. Ini terlihat pada pasien yang telah memakai brace setelah sekian lamanya.

Pertanyaannya adalah:

  1. Berapa banyak cobb’s angle atau sudut derajat yang berkurang?
  2. Berapa banyak perputaran / rotasi tulang belakang yang dapat brace itu perbaiki?
  3. Berapa baik bentuk badan yang dihasilkan setelah memakai brace?
  4. Apakah brace scoliosis ini langsung memberikan efek perubahan tulang belakang yang signifikan ketika dipakai? Bila jawabannya tidak maka Anda tidak perlu menunda pengobatan terbaik yang dapat Anda berikan kepada Anak Anda.

Sebaliknya Brace yang spesifik adalah:

  1. Brace yang dapat mengurangi cobb’s angle / sudut kelengkungan secara drastis.
  2. Brace yang memperbaiki rotasi tulang belakang secara drastis. Bukan hanya itu tetapi juga memperbaiki postural tubuh seperti level ketinggian bahu, level ketinggian pinggul, postur lordosis yang sehat, (4-5 dimensi yang diperbaiki).
  3. Brace dapat memberikan bentuk badan yang simetris.
  4. Brace yang dapat memberikan efek signifikan perbaikan tulang belakang ketika dipakai dan terlihat ketika dilakukan foto rontgen / xray.

Dan Brace yang bagus untuk skoliosis yang spesifik ini adalah Brace GBW (Gensingen Brace according to Weiss), yang dimana hanya diproduksi dan bekerja dengan:

  1. Cara Metode Schroth (sebuah metode rehabilitasi Scoliosis sudah 4 generasi di Jerman),
  2. Pengkategorian / klasifikasi kurva yang telah terbukti ampuh,
  3. Setiap brace nya menggunakan teknologi 3D CAD/CAM dan didesign oleh dokter di Jerman.
perbedaan brace yang bagus untuk skoliosis
perbedaan brace yang bagus untuk skoliosis
perbedaan brace yang bagus untuk skoliosis
perbedaan brace yang bagus untuk skoliosis
perbedaan brace yang bagus untuk skoliosis
300

*Semua foto pasien yang sesungguhnya, tidak direkayasa, property klinik kami dan semuanya asli.

Itulah ulasan tentang jenis-jenis brace dan keunggulan Brace GBW dibandingkan dengan jenis brace lainnya dalam menyembuhkan skoliosis. Semoga artikel ini bermanfaat dan anda mendapatkan brace yang bagus untuk skoliosis. Bagi anda atau orang terdekat anda menderita skoliosis, silahkan datang dan konsultasi ke kliniktulangbelakang.com

WhatsApp us
Malcare WordPress Security